Kondisi Rahim Setelah Melahirkan, dari 1 Minggu hingga 1 Tahun

(0)
23 Aug 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kondisi rahim setelah melahirkan butuh waktu untuk kembali seperti semulaKondisi rahim setelah melahirkan perlahan-akan kembali seperti semula
Kondisi perut atau rahim setelah melahirkan ternyata tidak dapat segera kembali ke ukuran semula, seperti saat belum belum hamil. Rahim dan perut Anda butuh sejumlah proses dan waktu untuk dapat kembali seperti sediakala.Rahim mengalami perubahan besar selama seorang wanita mengandung dan melahirkan. Selama kehamilan, rahim bisa membesar dan meluas. Mulai dari seukuran kepalan tangan hingga sepanjang minggu usia bayi. Sebagai contoh, saat bayi berusia 38 minggu, ukuran rahim sang ibu sekitar 38 cm.Proses pembesaran rahim terjadi bertahap selama masa kehamilan. Jadi proses pemulihannya pun tidak bisa berlangsung instan sesudah bayi lahir. Durasi waktu dibutuhkan untuk mengembalikan otot-otot yang meregang agar kencang seperti sebelumnya.

Proses pemulihan rahim setelah melahirkan

Ada banyak hal yang terjadi setelah melahirkan, termasuk proses pemulihan rahim. Proses ini dapat membutuhkan waktu beberapa bulan. Berikut tahapan prosesnya:
  • Kondisi rahim segera setelah melahirkan

Proses pemulihan rahim bisa dimulai tepat setelah bayi dilahirkan. Pascapersalinan, Anda dapat kehilangan sekitar 6 kg berat badan seiring menyusutnya ukuran rahim. Kenapa?Pasalnya, selama proses melahirkan, Anda akan kehilangan berat bayi, cairan ketuban, plasenta dan sejumlah darah maupun cairan tubuh lainnya.Sekitar 1-2 hari sesudah melahirkan, ukuran rahim bisa tampak seperti kehamilan 18 minggu atau sekitar 4-5 bulan. Seiring berjalannya waktu, rahim pun semakin menyusut.
  • Kondisi rahim setelah melahirkan pada sekitar 1-2 minggu

Dalam kurun waktu kira-kira 40 hari setelah melahirkan, Anda akan mengalami masa nifas. Periode perdarahan ini berfungsi mengeluarkan darah dan jaringan berlebih dari rahim, yang sebelumnya dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin.Darah dan jaringan tersebut tidak lagi dibutuhkan dan secara alami akan dikeluarkan oleh tubuh Anda lewat proses nifas.Darah nifas pada minggu pertama setelah melahirkan akan tampak merah gelap lalu secara bertahap akan berubah menjadi warna putih pucat. Dalam minggu-minggu pertama, Anda juga akan sering buang air kecil untuk mengeluarkan cairan berlebih dari rahim yang dibutuhkan untuk perkembangan janin.Singkatnya, pada minggu-minggu pertama pascapersalinan, tubuh mulai membersihkan rahim secara alami. Selanjutnya, Anda akan mengalami sedikit kontraksi, terutama bila Anda menyusui. Kontraksi ini tanda bahwa otot-otot rahim mulai menyusut untuk kembali ke bentuk semula.
  • Kondisi rahim setelah melahirkan pada sekitar 1-2 bulan

Sekitar sebulan sesudah melahirkan, Anda dapat menurunkan berat badan sekitar 10 kg. Ini berarti, sebentar lagi berat badan Anda dapat kembali seperti semula, apalagi bila Anda rajin menyusui.Menyusui dapat membakar banyak kalori sekaligus membantu supaya proses penyusutan rahim terjadi lebih cepat.Pada kira-kira sebulan setelah melahirkan, posisi dan ukuran rahim umumnya sudah kembali seperti semula, yaitu berada jauh di dalam panggul dan berukuran sekepalan tangan. Dengan ini, perut Anda akan tampak lebih datar dan kecil, seperti saat sebelum hamil. Pada masa ini pun, perdarahan nifas telah berhenti.Anda pun umumnya sudah boleh kembali berolahraga dan melakukan hubungan intim. Bagi yang melahirkan secara caesar, Anda biasanya sudah boleh mengangkat beban lebih berat dari berat bayi. Bekas luka jahitan juga sudah tidak sakit lagi meski masih terasa gatal.
  • Kondisi rahim setelah melahirkan pada 9-12 bulan

Pada masa ini, rahim sudah kembali ke ukuran semula meski mungkin kulit perut Anda tidak. Pada beberapa wanita, elastisitas kulit perut tidak kembali seperti sebelum hamil. Beberapa wanita juga kesulitan menurunkan beberapa kg terakhir berat badannya untuk kembali ke berat badan semula seperti sebelum hamil.Bagi yang melahirkan secara caesar, luka bekas jahitan umumnya sudah memudar. Selanjutnya, pada kurun waktu ini, ASI Anda mungkin sudah mulai berkurang seiring dengan perkembangan bayi. Tidak hanya itu, Anda pun umumnya mulai mengalami menstruasi kembali.

Catatan dari SehatQ

Kondisi rahim setelah melahirkan akan membutuhkan waktu beberapa bulan untuk kembali ke ukuran sebelumnya, seperti saat Anda sebelum mengandung.Untuk membantu mempercepat proses tersebut, Anda disarankan untuk menyusui, membengkung perut, rajin berolahraga, dan menerapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang. Namun usahakan untuk mendiskusikan saran-saran tersebut dengan dokter kandungan agar lebih optimal dan sesuai kondisi Anda.
kehidupan pasca melahirkan
Baby Center. https://www.babycenter.com/0_your-post-baby-belly-why-its-changed-and-how-to-tone-it_1152349.bc
Diakses pada 23 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/postpartum-recovery-timeline#1
Diakses pada 23 Agustus 2020
Parents. https://www.parents.com/pregnancy/my-body/how-long-before-my-belly-is-normal-again/
Diakses pada 23 Agustus 2020
The Bump. https://www.thebump.com/a/size-uterus-after-birth
Diakses pada 23 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait