logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

Pengertian Komitmen dalam Hubungan dan Cara Menjaganya

open-summary

Komitmen dalam hubungan sangat penting saat memiliki pasangan. Adanya komitmen membuat hubungan menjadi jelas dan terarah, tidak hanya main-main saja.


close-summary

24 Agt 2022

| Ade Irawan

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Komitmen dalam hubungan

Hubungan harus dijalankan dengan lebih serius

Table of Content

  • Apa itu komitmen dalam hubungan?
  • Pentingnya komitmen dalam hubungan
  • Bentuk komitmen dalam hubungan
  • Cara menjaga komitmen dengan pasangan

Menjalin hubungan percintaan yang serius membutuhkan sebuah komitmen. Komitmen tidak sebatas kata-kata saja, tetapi juga tindakan nyata sebagai pembuktian. Ketika berkomitmen dalam hubungan, ini berarti Anda dan pasangan siap bertanggung jawab dan siap menghadapi situasi apa pun. Tanpa komitmen, hubungan Anda dan pasangan menjadi tidak jelas tujuannya.

Advertisement

Jika ingin sukses dalam hubungan asmara, Anda perlu memahami apa itu komitmen dalam hubungan. Perlu juga mengetahui bentuk komitmen dan cara menjaganya bersama pasangan. Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu komitmen dalam hubungan?

Komitmen dalam hubungan adalah sebuah keputusan untuk tetap bersama dan memelihara hubungan tersebut. Komitmen terjadi ketika dua orang setuju untuk terus menjalin hubungan di masa mendatang. Ada pemahaman bahwa keduanya akan terus menghabiskan waktu bersama, berusaha mengembangkan hubungan, dan terus memelihara hubungan mereka. 

Dalam hubungan monogami tradisional, komitmen dalam hubungan juga berarti bahwa pasangan akan menjadi eksklusif secara asmara dan seksual. Mereka tidak akan memiliki pasangan lain selain pasangan mereka sendiri. 

Pernikahan adalah salah satu bentuk hubungan yang berkomitmen. Dalam pernikahan, pasangan secara terbuka bersumpah untuk tetap bersama dan melakukan penyatuan yang mengikat, baik secara hukum maupun agama.

Baca juga: Tips Curhat Masalah Hubungan Suami Istri

Pentingnya komitmen dalam hubungan

Salah satu peran mendasar dari komitmen adalah untuk mengamankan hubungan percintaan di antara pasangan. Hubungan asmara yang sedang berkembang tidak selalu stabil atau pasti. 

Pada tahap awal berpacaran, Anda mungkin tidak yakin bahwa hubungan itu akan bertahan di masa depan. Anda juga bisa saja tidak yakin bahwa pasangan akan selalu ada saat dibutuhkan.

Ketika hubungan percintaan semakin dalam, biasanya mulai muncul rasa takut kehilangan akan pasangan. Komitmen dapat mengurangi kecemasan tersebut. 

Meskipun begitu, komitmen salah satu pihak saja tidak dapat mempertahankan hubungan asmara. Kedua pihak harus sama-sama yakin untuk berkomitmen. Komitmen yang kuat dari satu pasangan saja akan menimbulkan ketidaknyamanan. 

Baca juga: Manfaat Panggilan Sayang untuk Pasangan

Bentuk komitmen dalam hubungan

Bentuk komitmen dalam hubungan bisa berbentuk tindakan macam-macam. Berikut ini di antaranya:

1. Ingin serius

Memilih hubungan yang serius daripada berpacaran main-main atau berhubungan tanpa status adalah sebuah bentuk komitmen dalam hubungan. Menghindari hubungan serius memang tidak selalu berarti takut berkomitmen, mungkin saja ada sejumlah alasan yang melatarbelakangi hal tersebut. 

Ketika memilih berkomitmen, seseorang akan lebih serius membangun hubungannya bersama pasangan.

2. Memikirkan masa depan hubungannya

Pada titik tertentu, kebanyakan orang akan memikirkan apakah pacar mereka akan menjadi pasangan yang baik nantinya. Memikirkan jangka panjang hubungan asmaranya adalah termasuk bentuk komitmen.

Saat memikirkan masa depan hubungan asmaranya, seseorang biasanya berencana untuk melanjutkan hubungan itu ke tahap berikutnya, misalnya pernikahan. 

3. Tidak banyak mempertanyakan

Seseorang yang berkomitmen tidak akan banyak mempertanyakan hal-hal yang berkaitan dengan  hubungan asmaranya. Misalnya, apakah pasangannya benar-benar mencintainya atau apakah dia siap membangun hubungan serius. 

Sebenarnya, bertanya pada diri sendiri tentang hal ini merupakan hal yang normal. Namun, orang yang siap berkomitmen tidak akan mempertanyakan ini secara terus-menerus hingga mengganggu hubungannya dengan pasangan.

4. Mau membuat rencana

Bentuk lain dari komitmen dalam hubungan adalah kemauan untuk membuat rencana, misalnya rencana kencan di akhir pekan atau liburan. Orang yang punya komitmen dalam hubungan akan antusias merencanakan sesuatu bersama pasangan. Mereka akan senang menghabiskan waktu bersama pasangan. 

5. Merasa tertarik secara emosional

Ketika ada ketertarikan secara emosional pada pasangan, seseorang akan sangat peduli dan tidak mau kehilangan. Dia akan melakukan sesuatu yang bisa membuat hubungan percintaannya bertahan lama. Upaya ini menunjukkan sebuah komitmen dalam hubungan.

Baca juga: Ide Kado untuk Suami agar Makin Disayang

Cara menjaga komitmen dengan pasangan

Menjaga komitmen dengan pasangan mungkin tidak mudah. Namun, ada beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga komitmen tersebut.

1. Lakukan terapi 

Jika kesulitan berkomitmen dalam hubungan, cobalah lakukan terapi untuk mencari tahu alasannya. Seseorang yang susah berkomitmen mungkin saja karena hubungan masa lalu yang buruk, pengalaman masa kecil yang tidak menyenangkan, atau ada masalah dengan cara berhubungan dengan orang lain. Bisa juga melakukan terapi dengan mengajak pasangan untuk membangun hubungan yang kuat.

2. Terbuka pada pasangan

Ketika susah berkomitmen, segera komunikasikan dengan pasangan. Jika Anda peduli pada pasangan, cobalah untuk terbuka tentang masalah Anda. Sampaikan kepadanya apa yang Anda rasakan dan apa yang membuat Anda takut berkomitmen. Tindakan ini lebih baik daripada dipendam sendiri.

3. Latihan berkomitmen

Selain terbuka pada pasangan, cara lain untuk menjaga komitmen adalah dengan berlatih. Lakukan latihan berkomitmen, seperti menghabiskan akhir pekan bersama-sama, membuat rencana liburan, dan berpegangan tangan di tempat umum. Jika merasa takut atau cemas ketika melakukan ini, diskusikan dengan pasangan.

4. Bangun kepercayaan

Seseorang yang siap berkomitmen cenderung terbuka pada pasangannya untuk mempererat hubungan asmaranya. Ia bisa berbagi banyak hal tentang dirinya untuk meningkatkan keintiman dan menunjukkan rasa syukur. 

Perilaku seperti ini cenderung membangun kepercayaan dan membuat hubungan terasa istimewa. Maka, jika ingin menjaga komitmen, evaluasi lagi apakah Anda dan pasangan bersikap seperti demikian.

5. Menjadi pasangan ideal

Kunci menjaga komitmen dalam hubungan adalah dengan menjadi seseorang yang pasangan Anda butuhkan. Jika perlu menjadi pasangan yang kuat, jadilah yang kuat. Setia, konsisten, dan jadilah seseorang yang dapat diandalkan. Bersikaplah baik, mau menolong, dan menghormati pasangan, bahkan ketika dia tidak ada.

Baca juga: Cara Menghilangkan Stres Bersama Pasangan

Sudah tahu cara untuk menjalin komitmen dalam hubungan? Cobalah mulai lakukan dengan pasangan saat ini. Komitmen akan membawa kebahagiaan dengan pasangan sampai ajal memisahkan.

Advertisement

percintaanmenjalin hubungan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved