Komedo Putih Amat Mengganggu, Bagaimana Jerawat Ini Terbentuk?

(0)
12 Aug 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Komedo putih atau whitehead adalah jenis jerawat yang terbentuk saat sel kulit mati, minyak, dan bakteri ‘terperangkap’ di pori-pori kulitWhitehead atau komedo putih paling sering terjadi di area hidung, dagu, dan dahi
Jerawat yang menyerang wajah ternyata tak hanya satu jenisnya. Salah satu jenis jerawat yang kerap muncul namun tentu bikin keki adalah whitehead atau komedo putih. Sesuai namanya, komedo putih memang ditandai benjolan yang berwarna putih. Kenali penyebab komedo putih atau whitehead dan cara mengatasinya.

Memahami komedo putih atau whitehead

Komedo putih atau whitehead adalah jenis jerawat yang terbentuk saat sel kulit mati, minyak, dan bakteri ‘terperangkap’ di pori-pori kulit. Komedo putih menjadi salah satu jerawat yang umum dialami oleh banyak orang.Komedo putih terjadi ketika pori-pori kulit dan folikel rambut terisi oleh sel kulit mati, minyak, dan bakteri. Penyumbatan tersebut kemudian akan mengeras di pori-pori, namun memiliki ujung yang tertutup di atasnya. Tertutupnya pori-pori tersebut akan membuat udara tidak bisa masuk ke dalam sehingga bakteri di bawah tidak mengalami reaksi kimia dan tetap berwarna putih.Karena memiliki ujung yang tertutup dan ‘benda’ di dalamnya berwarna putih, jerawat ini disebut dengan komedo tertutup atau komedo putih (whitehead).Jerawat ini berbeda dengan komedo hitam (blackhead) atau komedo terbuka. Pada kasus blackhead, penyumbatan minyak terjadi di pori-pori namun memiliki ujung yang terbuka. Di dalam pori-pori tersebut akan terjadi oksidasi melanin atau pigmen warna kulit. Teroksidasinya melanin akan membuat jerawat tersebut menjadi hitam.

Penyebab dan faktor risiko komedo putih atau whitehead

Penyebab utama komedo putih adalah tersumbatnya pori-pori. Pori-pori kulit dapat tersumbat utamanya akibat perubahan hormon yang kemudian akan berpengaruh terhadap produksi sebum atau minyak di kulit. Peningkatan minyak di kulit akan menyumbat pori-pori dan membentuk whitehead.Ada beberapa fase dalam hidup yang membuat produksi sebum atau minyak menjadi meningkat, termasuk:
  • Pubertas
  • Menstruasi
  • Hamil
Obat kontrasepsi yang mengandung hanya progesteron juga berisiko menimbulkan perubahan hormon sehingga membentuk jerawat di kulit. Faktor genetik turut dilaporkan berpengaruh terhadap pembentukan jerawat, termasuk komedo putih atau whitehead. Apabila ada anggota keluarga Anda bergumul dengan jerawat, Anda juga berisiko tinggi untuk mengalaminya.

Area kulit yang berisiko ‘diserang’ komedo putih

Whitehead atau komedo putih dapat terjadi di berbagai area tubuh. Area T atau T-zone di wajah, yaitu hidung, dagu, dan dahi, merupakan beberapa area yang rentan mengalami whitehead. T-zone sering diserang whitehead atau komedo putih karena cenderung lebih berminyak.Selain di wajah, beberapa area tubuh lain juga berisiko menjadi tempat munculnya komedo putih, misalnya:
  • Dada
  • Punggung
  • Bahu
  • Lengan
Jerawat seperti komedo putih bisa dialami oleh pria maupun wanita dari berbagai usia. Bahkan, walau saat remaja wajah Anda bersih dari komedo putih, jerawat ini tetap bisa muncul di usia dewasa.

Pilihan kandungan skincare untuk atasi whitehead atau komedo putih

Ada banyak kandungan yang bisa digunakan untuk mengatasi whitehead atau komedo putih. Beberapa di antaranya, yaitu:
  • Asam salisilat, karena dapat mengurangi produksi minyak di pori-pori kulit dan menyingkirkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori
  • Krim retinoid, karena dapat melancarkan pori-pori kulit. Retinoid atas resep dokter lebih disarankan untuk hasil yang optimal.
  • Asam mandelat atau mandelic acid, karena mampu mengatur produksi minyak di kulit
  • Asam glikolat atau glycolic acid, karena membantu menyingkirkan sel kulit mati dan benda lain yang menyumbat pori-pori. Obat ini juga dapat membantu mengurangi bekas jerawat.
  • Clay mask, untuk melancarkan pori-pori dan membersihkan wajah dari minyak, kotoran, dan sel kulit mati

Mencegah munculnya komedo putih atau whitehead

Merawat wajah dengan tepat amat penting untuk mencegah timbulnya komedo putih. Beberapa cara yang bisa Anda terapkan termasuk:
  • Cuci muka dengan pembersih wajah yang lembut di malam hari. Apabila ada hari di mana Anda sangat berkeringat atau setelah berolahraga, mencuci wajah dengan sabun juga disarankan.
  • Gunakan air hangat untuk membersihkan dan mandi
  • Hindari scrub wajah yang keras karena dapat menyebabkan iritasi kulit
  • Lakukan eksfoliasi untuk singkirkan sel kulit mati, namun terapkan hanya sekali atau dua kali seminggu. Eksfoliasi berlebihan dapat mengiritasi kulit.
  • Aplikasikan tabir surya yang dirancang khusus untuk wajah. Tabir surya biasa dapat menyumbat pori-pori wajah.
  • Cuci rambut secara teratur, terutama jika Anda memiliki rambut yang panjang. Ingat bahwa minyak dari rambut dapat menyumbat pori-pori wajah.
  • Jauhkan produk rambut dari wajah
  • Bersihkan handphone, sarung bantal, dan kacamata secara teratur untuk menghilangkan minyak, kotoran, dan bakteri.

Catatan dari SehatQ

Komedo putih atau whitehead terjadi karena penyumbatan pori-pori oleh bakteri, minyak, dan sel kulit mati. Jerawat ini bisa diatasi dengan beberapa kandungan aktif, seperti asam salisilat, asam glikolat, hingga retinoid.
kulit berminyakjerawatpori-pori besarkomedowhiteheadskomedo putih
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/blackheads-vs-whiteheads
Diakses pada 29 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-whiteheads
Diakses pada 29 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/whitehead
Diakses pada 29 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait