Komedo di Pipi: Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya

(0)
02 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Komedo di pipi dapat ditangani secara maksimal oleh dokter kulit.Komedo di pipi bisa menurunkan rasa percaya diri!
Kemunculan komedo di pipi sangatlah menjengkelkan. Selain menurunkan rasa percaya diri, komedo di pipi dapat mengganggu penampilan.Untuk mencegah kedatangannya, kenali penyebab dan cara mengusir komedo di pipi agar di kemudian hari ia tak datang lagi.

5 Penyebab komedo di pipi

Komedo adalah salah satu jenis jerawat yang muncul saat sel kulit mati dan minyak menyumbat pori-pori. Selain itu, masih ada berbagai faktor risiko lain yang dapat menyebabkan kemunculan komedo di kulit wajah. Apa saja?

1. Faktor genetik

Jangan salah, faktor genetik juga bisa menjadi penyebab komedo di pipi atau bagian kulit lainnya. Sebab, jika orangtua Anda memiliki kulit berminyak, maka kemungkinan besar kulit Anda juga akan berminyak.Keberadaan minyak berlebih di kulit wajah inilah yang kemudian dapat menyumbat pori-pori sehingga komedo pun datang. Apalagi jika pori-pori di bagian pipi Anda berukuran besar, maka komedo akan lebih mudah menyerang.

2. Mengeluarkan komedo sendiri

Komedo di pipi
Jangan mengeluarkan komedo di pipi dengan tangan sendiri!
Mengeluarkan komedo dengan tangan sendiri menjadi kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan banyak orang, padahal hal ini hanya akan membuat pori-pori menjadi rusak dan kembali muncul di kulit Anda.Tanpa bantuan tim medis atau dokter kulit, mengeluarkan komedo dengan tangan sendiri dapat merusak pori-pori. Selain menimbulkan luka, kebiasaan buruk ini malah akan memicu datangnya komedo lagi.

3. Menggunakan produk kecantikan yang menyumbat pori-pori

Komedo di pipi juga bisa muncul saat Anda terlalu sering menggunakan produk kecantikan yang menyumbat pori-pori, seperti masker wajah atau krim pelembap.  Maka dari itu, gunakanlah produk kecantikan yang tak mengandung minyak dan nonkomedogenik (yang tak menyumbat pori-pori), guna mencegah datangnya komedo di pipi.

4. Menggunakan produk kecantikan yang mengeringkan kulit wajah

Memang benar bahwa komedo di pipi disebabkan oleh minyak berlebih di wajah. Namun bukan berarti Anda boleh menggunakan produk kecantikan yang bersifat mengeringkan kulit wajah secara berlebihan.Sebut saja produk kecantikan untuk mengobati jerawat yang mengandung benzoil peroksida. Komponen ini dipercaya dapat menyebabkan kulit wajah kering sehingga membuat kelenjar minyak kewalahan dan memproduksi lebih banyak minyak.Bukannya menghilangkan, hal ini malah menyebabkan munculnya lebih banyak komedo di bagian pipi Anda. Itulah mengapa Anda lebih disarankan untuk menjaga kelembapan di wajah, daripada membuatnya benar-benar kering.

5. Tidur dengan makeup

Tak sedikit wanita yang malas atau sering lupa membersihkan makeup sebelum tidur. Hasilnya, mereka tidur dengan makeup yang masih menyelimuti wajah. Kebiasaan buruk ini dapat menjadi penyebab munculnya komedo di pipi.Untuk menghindarinya, jangan malas memberishkan makeup di wajah hingga bersih sebelum tidur. Hal ini dapat mencegah kedatangan komedo di pipi yang mengganggu.

Cara menghilangkan dan mencegah komedo di pipi

komedo di pipi dapat diatasi oleh dokter kulit
Komedo di pipi dapat ditangani dokter kulit
Selain mengangkatnya, fokus utama dari pengobatan komedo di pipi adalah mencegahnya agar tidak datang kembali. Berbagai cara di bawah ini dapat Anda lakukan untuk menghilangkan dan juga mencegah datangnya komedo di pipi.
  • Membersihkan wajah dengan rutin

Membersihkan wajah secara rutin sangatlah penting dilakukan untuk membersihkan debu, minyak, dan kotoran lain yang dapat menyumbat pori-pori. Hal ini dipercaya dapat menghilangkan dan mencegah komedo di pipi.
  • Mengoleskan krim antikomedo

Mengoleskan krim antikomedo dapat membantu Anda mengangkat komedo yang ada di pipi. Berbagai krim antikomedo tersebut biasanya berupa asam salisilat yang dapat mengelupas sumbatan pori-pori, asam alfa hidroksida yang dapat membantu pengelupasan sel kulit mati sehingga komedo dapat terangkat, hingga tea tree oil yang bersifat antibakteri dan antiperadangan.
  • Menggunakan masker wajah alami

Berbagai masker wajah alami dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati sehingga komedo dapat diatasi. Menurut sebuah riset dari Journal of Drugs in Dermatology, masker wajah oatmeal bersifat antiperadangan dan bisa digunakan untuk mengatasi komedo.Untuk menggunakannya, campurkan dua sendok teh oatmeal, tiga sendok teh yogurt, dan satu sendok teh minyak zaitun. Setelah itu, oleskan di bagian pipi dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilaslah hingga bersih.
  • Mengoleskan krim yang mengandung vitamin A

Mengoleskan produk kecantikan yang mengandung vitamin A dan retinoid dipercaya dapat mengangkat komedo di pipi. Sebab, vitamin A dianggap bisa membersihkan folikel rambut di pori-pori wajah.
  • Berkonsultasi ke dokter kulit

Ketimbang mengangkat komedo secara paksa dengan tangan sendiri, datanglah ke dokter kulit untuk meminta bantuan dari ahlinya. Sebab, mengangkat komedo sendiri malah bisa merusak pori-pori.Dengan bantuan dokter kulit, komedo di pipi dapat diangkat dengan teknologi yang canggih dan aman. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter kulit.

Catatan dari SehatQ:

Komedo di pipi memang dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Maka dari itu, Anda disarankan untuk lebih rutin lagi menjaga kesehatan kulit agar komedo atau jerawat tak datang.Jika perlu, datanglah ke dokter kulit untuk berkonsultasi mengenai cara-cara yang ampuh dalam mencegah komedo agar tak datang lagi.
kesehatan kulitkulit dan kecantikanpenyakit kulitkomedo
Web MD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/how-get-rid-blackheads#1
Diakses pada 19 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/blackheads-on-cheeks#causes
Diakses pada 19 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-rid-of-blackheads#face-blackhead-removal
Diakses pada 19 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait