Klik, Tik Tik! Perut Bunyi Saat Hamil, Normalkah?


Perut bunyi saat hamil bisa terjadi karena peregangan ligamen, perut kosong, atau bahkan tanda keracunan. Selama tidak terjadi keluhan lain atau masalah yang menyertai, tak perlu terlalu khawatir dengan kondisi ini.

(0)
16 Mar 2020|Azelia Trifiana
Perut bunyi saat hamil trimester akhir bisa saja menandakan bayi yang aktif bergerakPerut bunyi saat hamil adalah hal yang wajar selama tidak ada masalah lain yang menyertai
Jika pernah mendengar perut bunyi saat hamil, bisa jadi Anda tidak sendiri. Sebenarnya, perut bunyi bukan hal yang perlu dikhawatirkan karena berarti sedang menjalankan fungsinya. Biasanya hal tersebut terjadi ketika ada makanan atau minuman yang melalui saluran pencernaan. Selain itu, perut bunyi saat hamil biasanya lebih sering terdengar pada trimester ketiga.Selama tidak terjadi keluhan ibu hamil atau masalah yang menyertai, tak perlu terlalu khawatir tentang perut bunyi saat hamil. Tubuh ibu hamil tengah mengalami perubahan besar, termasuk organ-organ di dalam perut.

Penyebab perut bunyi saat hamil

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab perut bunyi saat hamil, seperti:

1. Peregangan ligamen

Perut ibu hamil bisa mengalami pembesaran hingga berkali-kali lipat ukuran semula. Ligamen dan otot di sekitar perut juga akan mengalami peregangan dan mempengaruhi pergerakan pencernaan.Salah satu penyebab perut bunyi saat hamil adalah peregangan yang terjadi, itu sebabnya lebih sering terdengar saat trimester ketiga. Pada fase ini, ukuran perut semakin besar dan meregang.

2. Perubahan posisi organ

Ketika janin dalam kandungan berkembang semakin besar, artinya bagian dalam perut akan beradaptasi menyesuaikan. Saat organ mengalami pergeseran posisi untuk memberi ruang bagi janin, di saat itulah sangat mungkin mengalami perut bunyi saat hamil.

3. Terjadinya morning sickness

Perut bunyi saat hamil juga bisa terjadi pada trimester pertama, utamanya bagi bumil yang mengalami morning sickness. Perut bunyi saat hamil akan terdengar seperti suara air dikocok, bisa berlangsung sementara atau berhari-hari.Selama tidak ada masalah kesehatan lain seperti diare, konstipasi, kram perut, atau kembung berkepanjangan, maka tak perlu khawatir. Morning sickness biasanya akan mereda setelah memasuki minggu ke-15.

4. Gas berlebih

Perut bunyi saat hamil dapat disebabkan oleh gas berlebih di dalam perut
Gas berlebih dapat sebabkan perut bunyi
Adanya gas berlebih di perut akibat mengonsumsi makanan tertentu seperti brokoli, kubis, atau buncis juga dapat memicu perut bunyi saat hamil. Hal ini terjadi karena ada udara yang bergerak melalui usus. Untuk itu, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan pemicu gas di lambung dalam porsi berlebihan.

5. Perut kosong

Ketika perut kosong selama berjam-jam, bisa juga terjadi perut bunyi saat hamil. Ini terjadi karena perut dan dinding usus berkontraksi untuk mengeluarkan gas, cairan, dan makanan lewat sistem pencernaan.Terlebih saat hamil, nafsu makan bisa meningkat karena kebutuhan akan nutrisi bukan lagi hanya untuk satu orang saja. Jika belum cukup, jangan lupakan bahwa fluktuasi hormon membuat metabolisme meningkat dan membuat perut mudah merasa lapar.

6. Keracunan

Ketika ibu hamil keracunan makanan yang sudah terkontaminasi atau tidak lagi berkualitas, maka perut dapat bereaksi berupa muntah atau diare, dan karenanya perut juga bisa berbunyi. Pemicu utamanya adalah adanya bakteri, parasit, maupun virus yang menyebabkan keracunan dan perlu dikeluarkan dari tubuh. Itulah mengapa ibu hamil disarankan menghindari makanan yang tidak matang atau mentah.

Kapan perut bunyi saat hamil perlu dibawa ke dokter?

Setiap keluhan saat hamil perlu dikonsultasikan ke dokter spesialis kandungan, terutama jika sudah terasa mengganggu. Jika perut bunyi saat hamil disertai dengan keluhan lain, jangan ragu bertanya kepada dokter.Beberapa keluhan yang perlu dikhawatirkan adalah:
  • Keluar cairan pada trimester akhir, dikhawatirkan ketuban pecah dini
  • Nyeri perut hingga mengganggu aktivitas
  • Mual dan muntah tanpa henti
  • Keluar flek darah
Gejala pada setiap ibu hamil bisa berbeda, bergantung pada kondisi tubuh masing-masing. Namun jika tidak ada gejala yang mengganggu dan hanya terdengar perut bunyi saat hamil saja, tak perlu khawatir berlebihan.Ketika terjadi pada trimester akhir, besar kemungkinan bayi terus aktif bergerak dan bersiap untuk keluar dari rahim. Ini bisa memicu perut bunyi saat hamil, entah itu sementara atau terus-menerus.Jika perut bunyi saat hamil yang terjadi dipicu karena rasa lapar terus-menerus, tetap ingat bahwa meskipun kebutuhan nutrisi bertambah, bukan berarti bebas melahap apa saja.Hanya ibu hamil yang bisa menyaring mana makanan bermanfaat untuk janin dan mana yang tidak. Selama periode menakjubkan 9 bulan ini, tak ada salahnya menjadi bumil yang bijak memilih nutrisi baik untuk diri sendiri maupun janin di kandungan.

Cara mengatasi perut bunyi saat hamil

perut bunyi saat hamil dapat diatasi dengan minum air secara teratur
Minumlah air secara teratur untuk atasi perut bunyi
Mengalami masalah ini mungkin bisa membuat ibu khawatir. Namun, terdapat banyak cara mengatasi perut bunyi saat hamil yang bisa Ibu lakukan, meliputi:
  • Minum air lebih teratur

Jika memang perut bunyi saat hamil disebabkan oleh rasa lapar, dan Anda sedang tidak sempat makan, cobalah minum air. Minum air putih dipercaya dapat meningkatkan sistem pencernaan dan menghilangkan rasa lapar sementara, sehingga perut bunyi dapat diatasi.
  • Makan secara perlahan

Salah satu penyebab perut bunyi adalah makan secara cepat. Maka dari itu, bumil disarankan untuk makan secara perlahan agar perut bunyi tidak datang.
  • Makan secara teratur

Saat hamil, wanita harus memenuhi asupan nutrisi guna menjaga kesehatan janin. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat secara teratur. Sebab, perut bunyi dapat disebabkan oleh rasa lapar.Sebuah studi juga membuktikan, makan secara teratur dapat meningkatkan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh, sehingga mencegah perut bunyi.
  • Kunyah makanan secara perlahan

Kunyahlah makanan dengan perlahan. Dengan begitu, lambung tidak perlu bekerja terlalu keras dalam mencerna makanan yang masuk. Diharapkan, perut bunyi akan segera sirna.
  • Jalan setelah makan

Jalan setelah makan dapat membantu tubuh memindahkan makanan dari lambung ke usus secara efesien. Bahkan, sebuah studi membuktikan, jalan setelah makan, walau sebentar saja, dapat mempercepat pengosongan lambung.Jika berbagai cara di atas tak ampuh dalam mengatasi perut bunyi saat hamil, segeralah datang ke dokter untuk mengetahui penyebabnya!
menjaga kehamilanpemeriksaan kehamilanibu hamil
Healthfully. https://healthfully.com/stomach-is-growling-during-pregnancy-8134247.html
Diakses 25 Februari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-stop-stomach-growling#drink-water
Diakses 25 Februari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/stomach-churning#1
Diakses 25 Februari 2020
Fox News. https://www.foxnews.com/health/why-is-your-stomach-making-noises
Diakses 25 Februari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait