Klaim Manfaat Asam Laurat untuk Kulit dan Riset di Baliknya

(0)
01 Sep 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Asam laurat adalah asam lemak yang menjadi kandungan utama pada minyak kelapaMinyak kelapa adalah salah satu sumber asam laurat
Minyak kelapa telah menyandang popularitas dalam praktik alami untuk merawat kulit. Dengan manfaatnya yang beragam, beberapa orang juga mulai menerka manfaat asam laurat, asam lemak yang menjadi kandungan utama dalam minyak kelapa. Apakah mungkin asam laurat juga menawarkan manfaat untuk kulit sehat? Simak pembahasannya. 

Mengenal asam laurat

Asam laurat adalah asam lemak jenuh yang menjadi kandungan aktif dalam minyak kelapa. Asam lemak ini menjadi kandungan yang powerful dan terkadang diekstraksi dari kelapa untuk membuat monolaurin, agen yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur.Minyak kelapa, yang menjadi salah satu sumber asam laurat, telah dikaitkan dengan beberapa potensi manfaat kesehatan. Misalnya, minyak kelapa diyakini mampu menurunkan peradangan, melembapkan kulit, dan membantu memulihkan luka.Menjadi salah satu kandungan aktif dalam minyak kelapa, asam laurat pun kini mulai dilirik oleh pecinta skin care. Kandungan ini mulai digadang-gadangkan membantu mengatasi beragam masalah kulit, terutama psoriasis dan jerawat. 

Klaim manfaat asam laurat untuk kulit

Walau riset lanjutan masih diperlukan, asam laurat memiliki dua potensi manfaat berikut ini untuk kulit:. 

1. Asam laurat dan psoriasis

Banyak orang merekomendasikan minyak kelapa untuk menangani kondisi kulit kering, seperti psoriasis. Namun, belum ada bukti yang menjelaskan apakah asam laurat saja yang bisa memberikan manfaat tersebut atau karena karena kombinasi berbagai kandungan lain dalam minyak kelapa.Minyak kelapa memang memiliki kemampuan melembapkan yang baik. Minyak ini juga dianggap aman untuk dioleskan ke kulit sehingga dilaporkan bermanfaat untuk mengatasi kulit kering. Bahkan, menambahkan minyak kelapa extra virgin ke produk losion dilaporkan dapat meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit.

2. Asam laurat dan jerawat

Asam laurat memiliki efek antibakteri. Kemampuannya tersebut membuat asam laurat dilaporkan efektif untuk melawan jerawat – masalah kulit yang sering terjadi karena jumlah populasi bakteri Propionibacterium acne yang terlalu banyakDalam sebuah riset yang dimuat dalam Journal  of Investigative Dermatology, dilaporkan bahwa asam laurat dapat menurunkan peradangan serta mengurangi populasi bakteri. Asam laurat bahkan dilaporkan bekerja lebih baik dibandingkan benzoil peroksida, kandungan lain yang lebih umum digunakan untuk mengatasi jerawat. Walau begitu, penting untuk diingat bahwa Anda tidak disarankan mengoleskan minyak kelapa langsung ke wajah. Pasalnya, riset asam laurat untuk jerawat menggunakan bentuk murninya – bukan dalam bentuk minyak kelapa.

Manfaat asam laurat selain untuk kulit, adakah?

Minyak kelapa memang cukup banyak diteliti untuk menggali manfaatnya. Hanya saja, banyak riset yang dilakukan tidak menjelaskan kandungan mana yang paling berkontribusi terhadap kulit dan kesehatan tubuh. Minyak kelapa tak hanya mengandung minyak asam laurat saja, namun juga asam lain seperti asam miristat dan asam kaprilat. Namun menariknya, sebuah laporan tahun 2015 menyebutkan, manfaat minyak kelapa boleh jadi memang berkaitan dengan kandungan asam lauratnya. Laporan tersebut mengindikasikan bahwa asam laurat berpotensi untuk bantu turunkan berat badan dan kurangi risiko penyakit Alzheimer. Namun, riset lanjutan tentu akan diperlukan untuk menguatkan manfaat asam laurat bagi tubuh. 

Mencoba manfaat asam laurat

Untuk mendapatkan manfaat asam laurat, Anda bisa mencoba mengoleskan minyak kelapa langsung ke kulit. Namun, seperti yang disampaikan di atas, pengolesan langsung ini tidak direkomendasikan bagi orang yang memiliki jerawat. Manfaat yang bisa dipetik dari mengoleskan minyak kelapa ini yakni meningkatkan hidrasi kulit. Selain dioleskan langsung, minyak kelapa juga dapat menjadi alternatif dalam memasak makanan, seperti menumis sayuran atau menambah rasa pada mashed potato.

Catatan dari SehatQ

Riset terkait asam laurat untuk kulit masih diperlukan lebih banyak lagi demi menguatkan klaim manfaatnya. Namun, karena minyak kelapa memang diyakini memiliki potensi khasiat, asam laurat sebagai kandungan utamanya juga boleh jadi menawarkan manfaat tertentu bagi kulit.
jerawatkesehatan kulitpsoriasisperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-oil-and-skin
Diakses pada 18 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/what-is-lauric-acid
Diakses pada 18 Agustus 2020
Journal of Investigative Dermatology Online. https://www.jidonline.org/article/S0022-202X(15)34085-9/fulltext
Diakses pada 18 Agustus 2020
Web MD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1138/lauric-acid
Diakses pada 18 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait