4 Manusia Raksasa Di Dunia yang Menderita Gigantisme, Inilah Kisahnya

Manusia raksasa di dunia memiliki kondisi tubuh, kaki, dan tangan serba besar yang disebabkan oleh gigantisme
Ilustrasi manusia raksasa

Pernahkah Anda melihat di televisi manusia-manusia raksasa yang tingginya melebihi manusia normal? Manusia-manusia tersebut bukan hoax dan benar-benar ada di dunia kita. meski kasusnya sangat langka. Akan tetapi, tahukah Anda jika kondisi tinggi yang tidak normal itu disebabkan oleh suatu penyakit?

Kisah-kisah manusia raksasa di dunia

Munculnya manusia-manusia raksasa ini disebabkan oleh penyakit yang disebut gigantisme. Sebelum berbicara lebih jauh mengenai penyakit ini, berikut adalah kisah manusia-manusia raksasa yang pernah menarik perhatian dunia:

1. Sultan Kosen

Sultan Kosen adalah manusia terbesar di dunia yang tercatat di Guinness World Record pada tahun 2011. Sultan lahir di Turki pada 10 Desember 1982. Sejak usia 10 tahun, pertumbuhan Sultan menjadi tidak normal. Gigantisme menyebabkan Sultan memiliki tinggi 2,46 meter. Ia juga memiliki rekor manusia dengan tangan terbesar yang masih hidup, yaitu dengan ukuran tangan mencapai 28 cm. Sebelumnya, Sultan pernah memegang rekor orang dengan kaki terbesar.

2. Bernard A. Coye

Bernard A. Coye lahir di Lowa pada 27 Juli 1897. Ia menderita gigantisme yang menyebabkan tinggi tubuhnya mencapai lebih dari 8 kaki, yaitu sekitar 2,48 meter. Coyne merupakan salah satu orang di dunia yang tercatat dalam sejarah medis karena memiliki tinggi badan lebih dari 8 kaki. Akan tetapi, hidup Coyne sangat singkat. Ia meninggal di usia 20-an karena pengerasan hati dan demam kelenjar.

3. John Carroll

John Carroll lahir di Buffalo pada tahun 1932. Jurnal medis menjulukinya sebagai “Raksasa Buffalo”. Melonjaknya pertumbuhan Carroll terjadi pada usia 16 tahun, sebelum didiagnosis menderita gigantisme. Pertumbuhan Carroll terus berlanjut, namun ia mengalami berbagai masalah terutama dengan tulang punggungnya. Tulang belakang Carroll mengalami kelengkungan yang sangat parah sehingga sangat sulit untuk diukur. Sebelum kematiannya di tahun 1969, tercatat bahwa tinggi badan Carroll 7 kaki 8, 75 inci, atau sekitar 2,33 meter. Namun jika tidak mengalami kelengkungan tulang punggung, tinggi Caroll diperkirakan hampir mencapai 9 kaki atau 2,74 meter.

4. Sandy Allen

Sandy Allen merupakan wanita tertinggi di dunia. Namanya bahkan pernah tercatat di Guinness World Record. Ketika meninggal di usia 53 tahun, tinggi Sandy mencapai 7 kaki 7 inci, yaitu sekitar 2,31 meter. Gigantisme yang diderita Sandy membuat tulangnya tumbuh berlebihan dan menyebabkan ia tumbuh menjadi sangat tinggi. Tubuhnya yang besar mendatangkan berbagai masalah kesehatan, seperti susah bernapas, sering infeksi, gagal ginjal, dan diabetes

[[artikel-terkait]]

Mengenal Gigantisme

Gigantisme adalah suatu kondisi langka yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan tidak normal. Pertumbuhan abnormal ini biasanya memengaruhi tinggi badan sehingga membuat penderitanya terlihat seperti raksasa.

Sebagian besar kasus gigantisme disebabkan oleh tumor kelenjar pituitari yang terletak di dasar otak. Salah satu fungsi kelenjar tersebut adalah mengelola hormon pertumbuhan. Ketika tumor tumbuh, maka hormon pertumbuhan menjadi lebih banyak dari yang dibutuhkan. Selain itu, ada penyebab lain dari gigantisme yang jarang terjadi, yaitu sindrom McCune-Albright, Carney complex, multiple endocrine neoplasia tipe 1, dan neurofibromatosis.

Tanda Gigantisme

Jika seorang anak memiliki gigantisme, Anda dapat mengidentifikasinya dengan melihat tubuh mereka yang jauh lebih besar daripada anak lainnya. Berikut tanda gigantisme yang dapat Anda perhatikan:

  • Rahang dan dahi menonjol
  • Tangan dan kaki sangat besar
  • Jari-jari tebal
  • Kepala atau bibir yang besar
  • Sering sakit kepala
  • Berkeringat
  • Insomnia atau gangguan tidur lain
  • Kelelahan
  • Puber tertunda
  • Menstruasi yang tidak teratur

Jika Anda melihat tanda-tanda ini, segera periksakan anak ke dokter. Penanganan sedini mungkin sangat diperlukan agar keadaan ini tidak terus berkembang menjadi lebih buruk.

Healthline. https://www.healthline.com/health/gigantism#symptoms
Diakses pada Juni 2019

Top Master’s in Healthcare. https://www.topmastersinhealthcare.com/10-tallest-people-in-history/
Diakses pada 18 Juni 2019

Scientific American. https://www.scientificamerican.com/article/what-causes-gigantism-sandy-allen/
Diakses pada Juni 2019

Guinness World Record. https://www.guinnessworldrecords.com/world-records/tallest-man-living
Diakses pada Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed