Cara Memilih dan Menggunakan Skin Care untuk Kulit Kombinasi Agar Tidak Iritasi


Memilih skincare untuk kulit kombinasi dengan tepat memang cukup menantang. Pasalnya, kulit kombinasi adalah perpaduan kulit berminyak dan kulit kering. Maka dari itu, penting mengetahui cara memilih skincare untuk kulit kombinasi yang tepat untuk Anda.

(0)
Memilih skincare untuk kulit kombinasi dengan tepat memang cukup menantangUntuk kulit wajah kombinasi, sebaiknya pilih produk perawatan kulit yang berbasis air
Memilih skincare untuk kulit kombinasi dengan tepat memang cukup menantang. Bagaimana tidak, kulit kombinasi adalah perpaduan kulit berminyak dan kulit kering. Ini artinya, area dahi, hidung, dan dagu Anda cenderung berminyak setelah cuci muka, tetapi di saat yang bersamaan area pipi dan bawah mata tampak lebih kering. Meski demikian, tak perlu khawatir, ikuti panduan memilih produk untuk kulit kombinasi dalam artikel ini guna membantu menentukan produk perawatan yang tepat sesuai tipe kulit Anda.

Apa itu kulit kombinasi dan bagaimana tanda-tandanya?

Sebelum memilih produk untuk kulit kombinasi, penting mengetahui apa itu kulit kombinasi dan ciri-cirinya.Kulit kombinasi adalah tipe kulit yang merupakan perpaduan kulit cenderung berminyak pada area T wajah, yakni dahi, hidung, dagu. Sedangkan, area pipi terasa lebih kering.Selain faktor genetik, penyebab kulit kombinasi adalah penggunaan produk perawatan kulit yang berlebihan atau kandungan di dalamnya yang tidak cocok dengan tipe kulit Anda. Akibatnya, muncul berbagai masalah kulit seperti, penyumbatan pori-pori, kadar pH kulit yang tidak seimbang, dan hilangnya minyak alami pada wajah sehingga menyebabkan kulit semakin kering. Tak hanya itu, penyebab kulit kombinasi lainnya adalah perubahan hormon akibat masa pubertas atau menopause.Umumnya, ciri-ciri kulit kombinasi adalah sebagai berikut:
  • Area T wajah, yang meliputi dahi, hidung, dan dagu cenderung berminyak atau bersinar. 
  • Area wajah lainnya, seperti pipi dan area bawah mata tampak kering. 
  • Pori-pori wajah membesar, terutama pada dahi, hidung, dan area dekat hidung.
  • Anda memiliki masalah kulit wajah, seperti kerutan atau keriput serta garis halus, noda hitam, dan jerawat secara bersamaan.

Bagaimana cara memilih skincare untuk kulit kombinasi?

Memilih skincare untuk kulit kombinasi memang tidak bisa sembarangan.Untuk melindungi kulit kombinasi berminyak dan kering ini, berikut adalah langkah-langkah memilih skin care untuk kulit kombinasi yang tepat untuk Anda. 

1. Pilih jenis skincare untuk kulit kombinasi

Berbagai produk skincare wajah yang dibuat khusus untuk tipe kulit wajah tertentu tersedia di pasaran.Namun, penting memilih dan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk jenis kulit kombinasi Anda.
Skin care untuk kulit kombinasi tidak boleh sembarangan dipilih
Pemilik kulit kombinasi memang cukup menantang dalam memilih skincare
Jika memiliki kulit kombinasi, maka Anda tidak boleh sembarangan memilih pembersih wajah, toner, sunscreen, pelembap, atau produk skincare lainnya yang diformulasikan untuk kulit normal, kulit berminyak, atau kulit kering. Sebab, menggunakan produk skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulit kombinasi dapat menimbulkan masalah kulit lain atau memperburuk kondisi kulit menjadi lebih sensitif dan rentan iritasi.Kini, sudah banyak perusahaan kecantikan menawarkan skincare yang dirancang khusus untuk merawat jenis kulit kombinasi.Produk tersebut dapat memberi efek matte pada area T wajah sekaligus melembapkan area kulit wajah lainnya, seperti pipi.

2. Perhatikan kandungan bahan aktif dalam skincare

Salah satu cara memilih skincare untuk kulit kombinasi yang penting adalah memerhatikan kandungan bahan aktif di dalamnya. Produk skincare untuk kulit kombinasi yang Anda butuhkan tentu cukup beragam. Mulai dari sabun pembersih wajah, pelembap, toner, krim tabir surya, dan lainnya. Jadi, pastikan kandungan bahan aktif dalam skincare tersebut dapat menjaga kelembapan, membersihkan kulit dengan optimal, dan keseimbangan minyak di wajah Anda. Kandungan bahan aktif tersebut, misalnya:

Asam hialuronat dan vitamin C

Asam hialuronat bisa membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi munculnya kerutan. Sedangkan, vitamin C berfungsi untuk mengembalikan elastisitas kulit yang hilang sekaligus mencerahkan kulit wajah. 

Vitamin A

Kandungan vitamin A pada produk skincare yang dikenal pula dengan retinol atau tretinoin ini memiliki efek baik bagi pemilik kulit kombinasi. Pasalnya, retinol berfungsi menjaga kelembapan kulit sekaligus mencegah penyumbatan pori-pori. Selain itu, vitamin A dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, mempercepat regenerasi sel, menghilangkan sel kulit mati, dan membuat kulit tampak bercahaya.

Asam laktat

Untuk mengeksfoliasi kulit, pastikan Anda memilih produk kecantikan yang mengandung asam laktat. Asam laktat cenderung berbahan lembut sehingga cocok digunakan pada area kulit wajah Anda yang kering. Asam laktat juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit yang mati sehingga mempercepat proses regenerasi kulit.

Green tea atau teh hijau

Kandungan bahan alami, seperti green tea atau teh hijau juga baik untuk kulit kombinasi. Ini karena kandungan polifenol dalam green tea dapat membantu mengurangi sekresi sebum yang bisa jadi penyebab tumbuhnya jerawat. 

3. Cari produk yang berbasis air

Pilih skin care untuk kulit kombinasi yang berbasis air
Skincare berbasis air lebih ampuh mencegah penyumbatan minyak di pori-pori wajah
Untuk jenis kulit kombinasi, sebaiknya pilih produk perawatan kulit yang berbasis air, bukan minyak. Produk perawatan kulit berbasis air lebih efektif menghilangkan kotoran dan mencegah terjadinya penyumbatan minyak di pori-pori. Selain itu, pilih tekstur skincare yang lembut, seperti berbentuk gel atau krim. 

4. Pilih produk yang dilabeli noncomedogenic dan bebas minyak

Saat memilih skin care untuk kulit kombinasi, Anda direkomendasikan untuk memilih produk yang terdapat label noncomedogenic, artinya tidak menyumbat pori-pori wajah. Biasanya, produk untuk kulit kombinasi berlabel noncomedogenic cenderung memiliki tekstur dan kandungan yang ringan sehingga tidak menyebabkan timbulnya jerawat. Penggunaan produk bebas minyak juga dapat mencegah pembentukan jerawat di area kulit berminyak.

5. Hindari produk mengandung alkohol

Kulit kombinasi memiliki keseimbangan kadar pH kulit yang berbeda akibat perpaduan kulit kering dan berminyak. Maka dari itu, pastikan toner wajah untuk kulit kombinasi tidak mengandung alkohol. Dengan ini, kulit wajah tidak semakin kering serta tidak merangsang produksi kelenjar minyak secara berlebihan. 

6. Gunakan clay mask

Produk skin care untuk kulit kombinasi yang bisa digunakan adalah clay mask
Clay mask dapat membantu menyerap produksi minyak berlebih di wajah
Clay mask adalah masker tanah liat yang mengandung berbagai macam mineral, seperti zat besi, sodium, kalsium, kalium, dan magnesium.Penggunaan clay mask cocok untuk kulit kombinasi karena dapat membantu membersihkan pori-pori secara efektif serta menyerap produksi minyak berlebih di wajah tanpa membuat kulit iritasi. 

7. Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit

Jika Anda masih merasa kesulitan dalam mendapatkan produk perawatan untuk kulit kombinasi yang tepat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter akan membantu Anda memilih produk skincare untuk kulit kombinasi yang tepat untuk kulit Anda.

Apa saja rangkaian skin care untuk kulit kombinasi?

Rangkaian skin care untuk kulit kombinasi pada dasarnya sama seperti jenis kulit pada umumnya
Ada berbagai produk perawatan untuk kulit kombinasi
Pada dasarnya, rangkaian skin care untuk kulit kombinasi sama seperti tipe kulit lainnya. Akan tetapi, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui sebelum Anda menggunakannya. Berikut adalah urutan pemakaian skincare untuk kulit kombinasi yang perlu Anda ketahui. 

1. Gunakan sabun cuci muka berbasis air

Salah satu urutan skin care untuk kulit kombinasi adalah gunakan sabun pembersih wajah. Pastikan Anda menggunakan sabun cuci muka yang ringan dan berbasis air. Sabun cuci muka berbasis air jauh lebih efektif menghilangkan kotoran sekaligus mencegah terjadinya penyumbatan minyak dan pori-pori. Anda juga perlu memilih sabun cuci muka dengan tekstur yang lembut, seperti gel atau krim. 

2. Lakukan scrub wajah setiap minggu

Tahap skin care untuk kulit kombinasi juga memerlukan eksfoliasi atau scrub wajah. Gunakan eksfoliator yang mengandung beta hydroxy acid (BHA) yang lembut. Eksfoliator yang mengandung BHA dapat melembutkan kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati, menghindari penyumbatan pori-pori, mengurangi produksi minyak berlebih di wajah, hingga menjaga kulit tetap sehat. Penggunaan eksfoliator dengan kandungan yang terlalu keras dan butiran scrub yang terlalu keras dapat menyebabkan kulit wajah kasar dan iritasi. 

3. Pakai toner wajah yang tidak mengandung alkohol

Urutan pakai skincare untuk kulit kombinasi berikutnya adalah toner wajah. Ini bertujuan untuk melembapkan dan menenangkan kulit. Maka dari itu, penting untuk memilih toner wajah untuk kulit kombinasi yang tidak mengandung alkohol. Sebagai solusinya, Anda perlu menggunakan produk toner yang mengandung antioksidan dan kandungan nutrisi yang tidak membuat kulit terlalu berminyak atau terlalu kering.

4. Oleskan moisturizer untuk kulit kombinasi

Pemilik kulit kombinasi juga perlu menggunakan moisturizer atau pelembap sebagai rangkaian produk perawatan kulit hariannya.Jenis moisturizer untuk kulit kombinasi adalah berbahan dasar air, baik berbentuk krim, lotion, atau gel, yang sifatnya ringan, lembut, dan aman di kulit.Sebaiknya, hindari jenis pelembap untuk kulit kombinasi yang berbahan dasar minyak.Sebab, pelembap berbahan dasar minyak bisa membuat penumpukan minyak berlebih dan pori-pori di area T wajah (dahi, hidung, dan dagu) tersumbat dan tampak lebih besar.

5. Pakai tabir surya atau sunscreen

Rangkaian skin care untuk kulit kombinasi lainnya adalah penggunaan tabir surya atau sunscreen.Fungsi tabir surya adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari sekaligus menjaga kelembapannya. Anda bisa menggunakan sunscreen untuk kulit kombinasi dengan SPF minimum 30. Masih ingin tahu lebih banyak seputar skin care untuk kulit kombinasi, serta produk untuk kulit kombinasi mana yang tepat, yuk konsultasikan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitproduk kecantikanperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/dry-oily-skin
Diakses pada 2 Mei 2020
Health. https://www.health.com/beauty/best-moisturizers-for-combination-skin?slide=455874#455874
Diakses pada 2 Mei 2020
The Healthy. https://www.thehealthy.com/beauty/face-body-care/combination-skin-rules//
Diakses pada 2 Mei 2020
Derm Collective. https://dermcollective.com/skin-care-routines-for-combination/
Diakses pada 2 Mei 2020
Beauty Bay. https://www.beautybay.com/edited/skincare-routine-combination-skin/
Diakses pada 2 Mei 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-take-care-of-combination-skin-our-top-10-tips/
Diakses pada 25 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait