7 Khasiat Wedang Uwuh yang Hangat, Manis, Menyehatkan


Wedang uwuh adalah minuman yang dibuat dari rempah seperti jahe, daun secang, kayu manis, pala, hingga cengkeh. Manfaatnya untuk kesehatan berlimpah, mulai dari mencegah diare hingga kanker.

(0)
31 Mar 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Wedang uwuh terdiri dari jahe, daun secang, kayu manis, pala, hingga cengkehWedang uwuh adalah minuman yang terbuat dari berbagai rempah menyehatkan
Wedang uwuh adalah minuman herbal asli Yogyakarta yang dibuat dari campuran berbagai rempah seperti jahe, cengkeh, pala dan daun pala, daun secang, kayu manis, serta gula batu. Secara tradisional, minuman ini dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.Kata uwuh berasal dari bahasa Jawa yang berarti sampah. Minuman ini, diberi nama demikian karena ampas rempah dan dedaunan yang digunakan untuk memasaknya terlihat seperti tumpukan sampah daun dan kayu di halaman.Meski namanya sampah, tapi saat diminum, wedang uwuh bisa memberikan sensasi hangat di tubuh sekaligus enak di lidah karena rasanya yang manis.

Manfaat wedang uwuh untuk kesehatan

Sejauh ini, memang belum banyak penelitian yang memastikan secara rinci manfaat wedang uwuh untuk kesehatan. Namun sejak lama, sebagian besar khasiat bahan-bahan yang digunakan untuk membuat minuman ini terbukti baik untuk tubuh.Berikut ini manfaat wedang uwuh berdasarkan bahan-bahan pembuatnya.
Wedang uwuh bisa meredakan mual
Wedang uwuh bisa membantu mengurangi mual

1. Mengurangi mual

Jahe sebagai salah satu bahan utama dalam wedang uwuh dan rempah yang satu ini sudah sejak lama terbukti dapat mengurangi mual dan muntah, terutama pada orang-orang yang baru selesai menjalani operasi tertentu.Jahe juga dinilai efektif mengurangi mual pada pasien-pasien yang menjalani kemoterapi. Penggunaan rimpang jahe untuk mual dianggap paling efektif pada ibu hamil yang mengalami morning sickness.

2. Meredakan rematik

Kayu secang, selain memberikan warna merah pada wedang uwuh juga dinilai berpotensi dijadikan sebagai obat rematik tradisional.Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, rempah yang satu ini terbukti dapat menurunkan kadar asam urat.Dalam ekstrak etanol 70%, terdapat golongan senyawa kimia yang kerap dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan seperti flavonoid, tannin polifenol, kardenolin, dan antrakinon.Meski begitu, masih perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk memastikan manfaat kayu secang yang satu ini.
Wedang uwuh bisa meredakan nyeri
Wedang uwuh dipercaya dapat meredakan nyeri

3. Meredakan nyeri

Pala adalah salah satu rempah yang dinilai bisa meredakan nyeri kronis. Hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan pada hewan uji. Meski begitu, penelitian pada manusia masih jarang dilakukan, sehingga efeknya terhadap tubuh belum bisa benar-benar dipastikan.Selain pala, cengkeh yang juga merupakan salah satu bahan wedang uwuh juga memiliki sifat antiperadangan dan dapat mengurangi rasa nyeri di tubuh. Sementara jahe bersifat sebagai antiradang sehingga dinilai efektif untuk mengurangi nyeri yang disebabkan oleh menstruasi.

4. Membantu menurunkan gula darah

Jika dikonsumsi tanpa tambahan gula termasuk gula batu, kandungan jahe yang terdapat pada wedang uwuh dapat membantu menurunkan kadar gula darah sekaligus HbA1c sebagai penanda kadar gula darah jangka panjang.Selain jahe, bahan wedang uwuh yang lain seperti kayu manis, pala dan cengkeh juga terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah.Bagi Anda yang ingin memanfaatkan wedang uwuh untuk mengatasi diabetes, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang merawat demi menghindari interaksi bahan dengan obat-obatan yang sudah dikonsumsi.Interaksi obat bisa membuat risiko efek samping meningkat, efektivitasnya menurun, ataupun membuat efek obat terlalu drastis hingga ke level berbahaya.
Wedang uwuh baik untuk pencernaan
Wedang uwuh baik untuk pencernaan

5. Baik untuk pencernaan

Salah satu manfaat wedang uwuh yang berpotensi didapatkan adalah kemampuannya dalam menyehatkan saluran pencernaan. Hal ini didapatkan dari cengkeh dan jahe yang ada di dalamnya.Cengkeh dinilai mampu meredakan peradangan pada saluran pencernaan dan jahe dianggap efektif untuk meredakan dispepsia. Pada beberapa orang, jahe juga dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan.

6. Menurunkan risiko terkena kanker

Perlu diingat bahwa manfaat wedang uwuh yang satu ini belum banyak diteliti secara ilmiah. Namun, pada beberapa uji coba kecil yang sudah dilakukan, bahan-bahan yang ada di dalamnya secara terpisah menunjukkan kemampuan untuk menghambat aktivitas sel kanker.Pada kayu secang, misalnya. Rempah yang satu ini dianggap memiliki potensi sebagai bahan pencegah kanker karena kandungan brazilin, fenolik, dan flavonoid yang ada di dalamnya.Sementara itu, kandungan gingerol pada jahe terbukti bisa menurunkan risiko kanker seseorang. Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

7. Mencegah kepikunan

Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyebab pikun yang umum pada lansia. Penyakit ini terjadi karena stres oksidatif dan peradangan yang menumpuk di tubuh, maupun mempercepat atau membuat proses penuaan tidak berjalan dengan baik.Jahe merupakan salah satu rempah yang dinilai memiliki sifat antioksidan sehingga bisa menghambat respon peradangan di otak.Sementara itu, ekstrak yang terdapat pada kayu manis mengandung bahan bernama CEppt yang dapat menghambat munculnya gejala Alzheimer.

Catatan dari SehatQ

Manfaat wedang uwuh memang terlihat menggiurkan. Namun, meski alami dan herbal, Anda tetap perlu mengetahui batas konsumsi yang baik. Jika sampai diminum terlalu banyak, beberapa gangguan kesehatan bukan tidak mungkin justru akan muncul.Terlalu banyak menambahkan gula juga tentu akan membuat wedang uwuh justru memicu kenaikan gula darah. Jahe yang ada di dalamnya pun bisa memicu sakit perut jika dikonsumsi terlalu banyak.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang khasiat wedang uwuh maupun bahan herbal lain untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatherbalbuah dan sayuran
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/health-benefits-of-cloves.html
Diakses pada 17 Maret 2021
Universtias Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132296048/penelitian/Kajian+Potensi+%E2%80%9CWedang+Uwuh%E2%80%9D++Sebagai+Minuman+Funsional.pdf
Diakses pada 17 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266069
Diakses pada 17 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-ginger
Diakses pada 17 Maret 2021
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/nutmeg-benefits-side-effects-and-preparations-4178878
Diakses pada 17 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait