Selain Tingkatkan Performa Fisik, Masih Banyak Khasiat Taurin untuk Tubuh

Khasiat taurin dapat beragam, mulai dari performa fisik hingga sehatkan jantung
Anda disarankan bijak untuk mengonsumsi minuman energi, karena selain taurin, minuman ini juga mengandung bahan lain yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan

Pecinta minuman energi mungkin sudah akrab dengan khasiat taurin. Zat gizi ini memang dikenal dapat mengoptimalkan performa fisik dan sering dikonsumsi oleh para atlit.

Taurin adalah jenis asam amino yang secara alami ada pada tubuh. Asam amino ini utamanya terdapat otak, mata, jantung, dan otot.

Sebagai asam amino, taurin pun menjalankan fungsi penting untuk kesehatan. Beberapa fungsi tersebut yakni menjaga keseimbangan cairan, mengendalikan kadar mineral, dan menjaga kesehatan sistem imun. Taurin juga berperan dalam membantu fungsi sistem saraf dan mata.

Khasiat taurin untuk kesehatan

Tak hanya memiliki fungsi penting, taurin juga memegang beraneka potensi manfaat kesehatan lain. Khasiat taurin untuk kesehatan tersebut, yaitu:

1. Mencegah diabetes

Taurin berpotensi untuk mengontrol kadar gula darah, sehingga diyakini mampu mencegah diabetes. Beberapa studi telah membuktikan hal ini, karena taurin juga disebutkan mengurangi resistensi terhadap insulin.

Menariknya lagi, penderita diabetes cenderung memiliki kadar taurin yang rendah. Sehingga ahli memperkirakan ada kaitan antara taurin rendah dengan diabetes.

Walau begitu, studi yang lebih mendalam diperlukan terkait khasiat taurin ini.

2. Meningkatkan performa fisik

Taurin disimpulkan ahli dapat membantu otot bekerja lebih keras dan lebih lama, sekaligus meningkatkan kemampuan otot untuk berkontraksi dan menghasilkan tenaga. Sebuah studi yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa taurin dapat mengurangi rasa lelah dan kerusakan otot selama beraktivitas fisik.

Tak hanya pada studi hewan, penelitian dengan subjek manusia pun menemukan hal yang serupa terkait khasiat taurin.

3. Memelihara kesehatan jantung

Penelitian menemukan bahwa taurin mampu menurunkan tekanan darah. Asam amino pun dapat mengurangi impuls saraf di otak yang meningkatkan tekanan darah. Oleh sebab itu, taurin menjadi zat gizi yang berpotensi untuk meminimalisir penyakit jantung.

Tak sampai di situ, laporan penelitian tahun 2014 menemukan kaitan peningkatan kadar taurin dengan turunnya risiko kematian akibat penyakit jantung.

4. Menurunkan berat badan

Taurin pun bermanfaat untuk Anda yang sedang diet karena dapat menurunkan berat badan. Taurin dapat menguruskan bobot dengan membantu tubuh mengubah lemak menjadi energi.

5. Menjaga kesehatan mata

Kadar taurin yang tinggi ditemukan di area mata. Studi menemukan bahwa risiko masalah mata dapat terjadi saat kadar taurin tersebut menurun. Dengan hubungan tersebut, konsumsi makanan tinggi taurin diyakini mampu menjaga penglihatan dan kesehatan mata.

6. Melindungi hati

Khasiat taurin memang menakjubkan karena juga dilaporkan dapat melindungi organ hati. Manfaat ini dijalankan taurin karena dapat melawan radikal bebas dan kerusakan akibat racun. Radikal bebas berlebih dapat memicu terjadinya tekanan oksidatif dan menyebabkan berbagai penyakit.

7. Memelihara kualitas pendengaran

Selain mata, indera lain yang dapat dijaga oleh taurin adalah telinga. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal The Practitioner menemukan, telinga berdenging dapat diatasi pada partisipan penelitian yang mengonsumsi suplemen taurin.

Perlukah mengonsumsi suplemen taurin?

Pada dasarnya, taurin sudah alami ada di tubuh dan terkandung pula dalam berbagai makanan. Beberapa kelompok makanan sumber taurin yaitu daging, produk susu, dan ikan.

Walau begitu, di beberapa kasus taurin diperlukan dalam kadar yang lebih tinggi. Oleh sebab itulah asam amino ini juga tersedia dalam bentuk suplemen dan ditambahkan ke dalam produk minuman energi.

Suplemen taurin yang dikonsumsi sesuai takaran sebenarnya tidak memiliki efek samping. Rekomendasi takaran yang aman tersebut adalah 500-2.000 miligram dalam satu hari.

Walau cenderung aman, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum membeli suplemen taurin.

Bagaimana dengan minuman energi yang mengandung taurin?

Minuman energi tak hanya mengandung taurin, namun juga gula dan kafein. Konsumsi kafein berlebihan dapat memicu naiknya tekanan darah, mengganggu tidur, dan menyebabkan kecemasan. Gula tambahan pun berbahaya karena otomatis menaikkan kalori yang Anda konsumsi.

Di Eropa, telah ada kejadian atlit yang meninggal dunia dan dikaitkan dengan konsumsi minuman energi bertaurin dan berkafein. Akibat hal ini, beberapa negara merilis batasan terkait penjualan taurin, walau kafein juga dapat menjadi pemicu kematian tersebut.

Oleh sebab itu, Anda harus senantiasa waspada dan bijak dalam mengonsumsi minuman energi. Pastikan Anda cermat dalam membaca informasi nilai gizi yang tertera di produk minuman tersebut, dan tidak mengonsumsinya berlebihan.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/what-is-taurine
Diakses pada 18 Desember 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/taurine/faq-20058177
Diakses pada 18 Desember 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23224908
Diakses pada 18 Desember 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/3256861
Diakses pada 18 Desember 2019

Artikel Terkait