Mengulik Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan Pria


Daun kemangi punya khasiat untuk kesehatan pria, mulai dari masalah kesehatan seperti diabetes hingga membantu gairah seksual pria.

0,0
Ditinjau olehdr. Reni Utari
khasiat daun kemangi untuk priaDaun kemangi punya khasiat untuk kesehatan pria
Siapa yang tak kenal daun kemangi? Tumbuhan berdaun dengan aroma dan rasa yang khas ini sering kali dijadikan sebagai olahan makanan atau lalapan. Siapa sangka, daun kemangi juga memiliki manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk kaum adam. Simak ulasan mengenai  khasiat daun kemangi untuk pria berikut ini.

Manfaat daun kemangi untuk pria

Daun kemangi sebenarnya masih satu keluarga dengan daun basil. Tanaman ini mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Lutein, flavonoid, eugenol, zeaxanthin, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthin termasuk jenis antioksidan yang terkandung dalam tumbuhan ini.Kandungan fitokimia dalam tanaman ini juga diketahui berpotensi membantu melawan berbagai penyakit kronis. Penelitian terdahulu dalam International Journal of Ayurveda Research menyatakan bahwa daun kemangi atau tulsi memiliki sifat antikanker, analgesik, dan antiinflamasi. BACA JUGA: Khasiat Daun Tulsi, Alias Kemangi (Holy Basil) untuk KesehatanBerdasarkan kandungan tersebut, daun kemangi dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan priaBerikut ini beberapa khasiat daun kemangi untuk pria.

1. Meningkatkan gairah seksual 

Ternyata, salah satu khasiat kemangi adalah dapat meningkatkan gairah seksual pria. Ini karena daun kemangi dapat berperan sebagai zat afrodisiak. Afrodisiak sendiri merupakan  bahan atau suatu sifat zat yang dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual. 

2. Meningkatkan kualitas sperma 

Manfaat daun kemangi untuk pria lainnya adalah meningkatkan kualitas sperma. Sperma yang kuat dan berkualitas mampu berenang di dalam rahim untuk membuahi sel telur dengan baik.Manfaat ini berasal dari kandungan senyawa arginin dalam daun kemangi. Senyawa arginin bermanfaat untuk membantu pertumbuhan sperma dan memperpanjang umur sperma. Dalam sebuah penelitian juga diketahui bahwa kandungan flavonoid dalam daun kemangi punya efek antioksidan yang kuat untuk membantu pembentukan sperma yang sehat. 

3. Meningkatkan hormon reproduksi

Masih berkaitan dengan manfaat daun kemangi untuk pria, basil diketahui mampu meningkatkan jumlah hormon reproduksi pada pria. Dalam Journal of Medicinal Plants Research konsumsi herbal daun basil dalam jangka panjang mampu meningkatkan kadar hormon testosteron. Testosteron sendiri merupakan hormon seksual dominan pada pria yang berfungsi mengatur libido, produksi sperma, massa tulang dan otot, distribusi lemak, kekuatan otot, dan produksi sel darah merah. 

4. Mencegah kemandulan

Berkat khasiat kemangi yang mampu meningkatkan kualitas sperma dan hormon reproduksi, hal ini akhirnya juga dapat berpengaruh pada kesuburan pria. Rutin mengonsumsi kemangi diketahui dapat membantu mencegah kemandulan pada pria. 

5. Mengatasi diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak terjadi pada pria, khususnya diabetes tipe 2. Ekstrak daun kemangi diketahui memiliki sifat antidiabetik yang sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional diabetesJurnal Medicines menunjukkan bukti bahwa ekstrak daun kemangi memiliki kandungan fitokimia yang bersifat antidiabetes sehingga berpotensi untuk membantu mengendalikan kadar gula darah. Konsumsi ekstrak daun kemangi dalam jumlah tertentu mampu menurunkan kadar glukosa darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. BACA JUGA: 14 Sayur Lalapan Khas Indonesia yang Nikmat Disantap Matang Ataupun Mentah

Manfaat lain kemangi untuk kesehatan 

Selain baik untuk kesehatan pria, daun kemangi juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan secara keseluruhan. Berikut ini beberapa manfaat daun kemangi lainnya yang sayang untuk Anda lewatkan:
  • Meredakan gejala rematik
  • Menghilangkan dahak
  • Mengatasi bau mulut 
  • Mengurangi stres oksidatif dalam tubuh yang bisa memicu beragam penyakit
  • Mencegah kanker paru, kanker hati, kanker mulut, dan kanker kulit. 
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida
  • Mencegah penyakit jantung
  • Meringankan kecemasan dan depresi
  • Meningkatkan kemampuan berpikir
  • Menurunkan risiko kehilangan ingatan di usia lanjut
  • Mengurangi peradangan
  • Mencegah infeksi 

Catatan dari SehatQ

Selain menambah nikmat hidangan Anda, daun kemangi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Terlebih, khasiat daun kemangi untuk pria dalam meningkatkan fungsi reproduksinya. Meski memiliki beragam manfaat, risiko efek samping juga bisa terjadi jika terlalu berlebihan mengonsumsi daun kemangi. Basil atau daun kemangi merupakan bagian dari keluarga mint yang mengandung senyawa estragol. Pada beberapa penelitian, senyawa estragol diketahui memiliki sifat karsinogen yang memicu timbulnya kanker. Namun, penelitian ini hanya sebatas pada hewan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efeknya pada manusia. Jika masih ada pertanyaan seputar khasiat daun kemangi untuk pria, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
herbaltanaman obatkesehatan priareproduksi pria
Lybrate. https://www.lybrate.com/topic/daily-basil-consumption-can-enhance-libido-in-men/ca99af23da975702ac4d30b641c5d46d
Diakses pada 2 November 2021
International Journal of Ayurveda Research. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3059441/
Diakses pada 2 November 2021
National Institute of Health. https://www.nih.gov/news-events/nih-research-matters/understanding-how-testosterone-affects-men
Diakses pada 2 November 2021

Journal of Medicinal Plants Research. https://academicjournals.org/article/article1380729420_Khaki%20et%20al.pdf
Diakses pada 2 November 2021
Medicines. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5750597/
Diakses pada 2 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait