logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Pria

Khasiat Buah Mengkudu untuk Pria yang Jarang Diketahui

open-summary

Khasiat buah mengkudu untuk pria antara lain menurunkan risiko terkena kanker prostat dan mengurangi kerusakan sel akibat merokok. Namun selain manfaat, efek sampingnya juga perlu diperhatikan.


close-summary

11 Jan 2021

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Khasiat buah mengkudu untuk pria salah satunya kurangi risiko kanker prostat

Khasiat buah mengkudu untuk pria terutama yang merokok sangat berlimpah

Table of Content

  • Khasiat buah mengkudu untuk pria
  • Perhatikan juga efek samping mengonsumsi mengkudu
  • Catatan dari SehatQ

Meski belum banyak yang tahu, khasiat buah mengkudu untuk pria ternyata berlimpah. Untuk para perokok, buah ini dinilai bisa membantu mengurangi kerusakan sel akibat tembakau dan menurunkan kolesterol yang sering naik akibat kebiasaan merokok.

Advertisement

Selain kedua manfaat tadi, masih ada beberapa keuntungan menyehatkan lain yang bisa didapatkan para kaum adam saat mengonsumsi mengkudu. Berikut ini penjelasannya mengenai manfaat mengkudu untuk pria.

Khasiat buah mengkudu untuk pria

Bukan tanpa alasan mengkudu sering dijadikan sebagai bahan herbal untuk obat tradisional. Buah dengan aroma menyengat ini dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk kesehatan pria, seperti:

Khasiat buah mengkudu untuk pria adalah mencegah kerusakan sel akibat merokok
Buah mengkudu dapat mengurangi kerusakan sel akibat rokok

1. Mengurangi kerusakan sel di tubuh perokok

Mengonsumsi buah mengkudu, dinilai dapat membantu mengurangi kerusakan sel yang terjadi akibat kebiasaan merokok. Pada perokok, kerusakan sel bisa terjadi secara masif dan menyebabkan terjadinya stres oksidatif.

Stres oksidatif inilah yang kemudian akan meningkatkan risiko seseorang terkena berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Meski begitu, perlu diingat bahwa bukan berarti mengonsumsi buah mengkudu bisa membuat para perokok terhindar dari berbagai efek negatif rokok. Cara terbaik untuk menghindari itu semua tetaplah dengan berhenti merokok alih-alih hanya mengandalkan manfaat buah mengkudu untuk pria yang satu ini.

2. Menurunkan kolesterol akibat kebiasaan merokok

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minum jus mengkudu setiap hari selama satu bulan terbukti bisa mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh secara drastis.

Objek penelitian pada uji coba ini adalah para perokok berat. Oleh karena itu, hasilnya tidak bisa diaplikasikan untuk semua orang.

3. Mencegah kanker prostat pada perokok

Tak hanya buah, daun mengkudu juga punya manfaat untuk pria, salah satunya mengurangi risiko kanker prostat. Pasalnya, mengkudu mengandung banyak komponen yang menyehatkan untuk tubuh, salah satunya beta karoten.

Jika dikonsumsi secara teratur, khasiat mengkudu melalui kandungan beta karotennya tersebut juga dapat mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan radikal bebas berlebih.

Selain itu, konsumsi beta karoten jangka panjang dalam dosis tertentu, bisa mengurangi risiko munculnya kanker prostat pada pria yang merokok.

Khasiat buah mengkudu untuk pria bisa meningkatkan stamina
Buah mengkudu bisa meningkatkan stamina saat olahraga

4. Meningkatkan stamina

Mengonsumsi mengkudu juga dianggap bisa meningkatkan stamina. Buah ini dapat mengurangi rasa lelah dan meningkatkan daya tahan seseorang saat berolahraga.

Khasiat buah mengkudu untuk pria yang satu ini dipercaya berasal dari kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasa terjadi saat seseorang berolahraga.

5. Meredakan gejala asam urat

Secara tradisional, buah dan daun mengkudu memang sudah lama dipercaya bisa menurunkan asam urat. Manfaat daun mengkudu untuk pria yang satu ini pun bahkan sudah terbukti secara ilmiah.

Mengonsumsi jus mengkudu dapat membantu meredakan asam urat dan gejalanya karena buah ini bisa menghambat enzim yang memicu naiknya kadar asam urat.

Baca Juga

  • Makanan untuk Penderita Aritmia Jantung yang Dianjurkan
  • 11 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya
  • 7 Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi Selama Kehamilan

6. Mencegah diabetes tipe 2

Ekstrak buah mengkudu dinilai baik untuk mencegah diabetes tipe 2. Dengan rutin mengonsumsi jus buah mengkudu, maka kadar gula dalam darah, trigliserida, dan kolesterol di tubuh bisa berkurang.

Selain itu, buah yang satu ini juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur penyerapan gula dalam darah.

Menghindari diabetes tipe 2 memang bermanfaat untuk semua orang. Namun pada pria secara khusus, langkah ini juga akan mengurangi gejala diabetes pada pria, seperti seperti impotensi.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah mengkudu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat yang satu ini didapatkan dari kandungan vitamin C di dalamnya yang berlimpah. Vitamin C memang diketahui dapat meningkatkan sistem imun dengan melindungi sel-sel dari paparan radikal bebas berlebih.

Perhatikan juga efek samping mengonsumsi mengkudu

Buah mengkudu berisiko memperparah penyakit ginjal
Buah mengkudu berisiko memperparah penyakit ginjal

Secara umum, mengkudu adalah buah yang menyehatkan dan aman untuk dikonsumsi. Namun pada beberapa orang, buah ini bisa memicu beberapa efek samping yang merugikan, seperti:

  • Mengganggu kerja obat darah tinggi

Jika mengonsumsi obat darah tinggi secara rutin, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi buah mengkudu. Sebab, kandungan kalium yang tinggi pada buah ini bisa berinteraksi dengan kalium yang ada pada obat tersebut.

Kadar kalium yang terlalu tinggi di tubuh, dapat menimbulkan gejala seperti mual dan irama jantung tidak teratur (aritmia).

  • Memperparah penyakit ginjal

Pria yang memiliki riwayat penyakit ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi buah ini, karena dapat memperparah gejala yang ditimbulkan. 

Catatan dari SehatQ

Terlepas dari klaim khasiat buah mengkudu untuk pria di atas, jangan menjadikannya sebagai pengobatan utama dari penyakit yang Anda alami. Anda tidak boleh menghentikamn pengobatan medis yang sedang diberikan oleh dokter.

Sebaiknya, gunakan buah mengkudu sebagai pendamping atau pelengkap pengobatan utama. Namun, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter.

Sebab, beberapa bahan herbal mungkin saja berinteraksi dengan obat yang diberikan dokter. Hal ini bisa menyebabkan keampuhan kerja obat berkurang.

Gunakan layanan live chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mendapatkan saran medis apapun dari dokter terbaik. Download aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store dan Google Play. 

Advertisement

makanan sehatherbalbuah dan sayurankesehatan pria

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved