Khasiat Bekicot untuk Kesehatan Ternyata Beragam, Ini Buktinya


Khasiat bekicot untuk kesehatan cukup berlimpah, mulai dari mencegah anemia, menyehatkan jantung, hingga sebagai sumber protein alternatif. Namun, cara mengolahnya juga perlu diperhatikan.

(0)
14 Jan 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat bekicot untuk kesehatan salah satunya bisa cegah anemiaKhasiat bekicot untuk kesehatan ternyata berlimpah
Terlepas dari penampilannya yang bagi banyak orang menjijikkan, khasiat bekicot untuk kesehatan ternyata beragam. Di Prancis misalnya, konsumsi bekicot adalah hal yang lumrah. Di Indonesia, beberapa daerah ada yang menjadikan hewan ini sebagai asupan sehari-hari.Selain sebagai bahan makanan, lendir bekicot jenis tertentu juga ada yang dijadikan bahan baku kosmetik. Berikut ini penjelasan lebih lajutnya untuk Anda.

Manfaat bekicot untuk kesehatan

Tak banyak yang tahu, hewan berlendir seperti bekicot rupanya bisa meberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari hewan moluska tersebut.

1. Bekicot adalah sumber protein yang baik

Bekicot bisa dijadikan sebagai alternatif sumber protein yang baik. Jenis protein yang ada pada hewan ini mirip dengan yang ditemukan di daging sapi dan babi, tapi kandungan lemaknya jauh lebih rendah.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengonsumsi bekicot bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin A yang dimilikinya. Selain itu, vitamin ini juga dapat menyehatkan mata dan Membantu pertumbuhan sel-sel baru di tubuh.

3. Baik untuk tulang

Bekicot mengandung kalsium yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi cukup kalsium, maka risiko Anda terkena berbagai gangguan tulang seperti osteoporosis, bisa berkurang.

4. Mencegah anemia

Salah satu jenis anemia yang paling umum terjadi adalah anemia defisiensi besi. Orang yang mengalami penyakit ini biasanya akan merasakan gejala seperti lemas, pucat, sakit dada, sakit kepala, dan sulit bernapas.Untuk mencegahnya, Anda perlu memenuhi kebutuhan zat besi harian dan bekicot bisa menjadi salah satu sumber alaminya. Satu porsi bekicot dinilai dapat memenuhi sekitar 20% kebutuhan zat besi harian.Baca Juga: Buah yang Mengandung Zat Besi untuk Cegah Anemia

5. Menyehatkan jantung

Bekicot bisa menjadi sumber asam lemak Omega-3 yang baik untuk jantung. Selain itu, komponen ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko terbentuknya gumpalan darah di pembuluh, dan menjaga detak jantung tetap stabil.Namun, manfaat bekicot yang satu ini bisa hilang jika Anda mengolahnya dengan cara yang kurang sehat, seperti menggunakan banyak mentega maupun butter dan minyak.

6. Menyembuhkan luka

Saat ini sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan lendir bekicot atau siput sebagai bahan dasar. Sebab, bahan tersebut dipercaya dapat membantu memudarkan bekas luka di kulit, termasuk bekas jerawat.Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Sebab, sebuah jurnal yang membahas tentang efektivitas lendir bekicot dan chitosan dalam proses penyembuhan luka, menyebutkan pernyataan serupa.Lendir bekicot cocok dijadikan bahan perawatan luka di kulit, karena bisa menyebar dengan baik di permukaan kulit. Selain itu, lendir bekicot juga tidak menyumbat pori dan bersifat antibakteri.Kandungan asam amino yang ada pada bahan ini juga dapat mendukung regenerasi dan pertumbuhan sel-sel baru. Sementara itu, kandungan protein hewan di dalamnya juga berperan dalam proses penyembuhan luka dan menghambat peradangan di kulit.

7. Sebagai alternatif makanan yang sehat

Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Nigeria, seorang ahli gizi mengemukakan bahwa bekicot adalah alternatif makanan yang sehat untuk memenuhi gizi anak dan orang dewasa, terutama di daerah-daerah yang sulit mendapatkan sumber makanan lain seperti daging sapi.Harga bekicot yang lebih murah menjadi salah satu pertimbangan utama hewan ini sebaiknya mulai dipertimbangkan sebagai sumber nutrisi alternatif.Selain protein, vitamin A, kalsium, dan zat besi, bekicot juga mengandung magnesium, fosfor, mineral tembaga, vitamin B6, B12, K, dan folat. Tak hanya itu, bekicot pun memiliki asam amino arginin dan lisin yang lebih tinggi dari telur.Sifatnya yang tinggi protein, rendah lemak, serta kaya vitamin dan mineral membuat bekicot sehat untuk dikonsumsi.

Catatan dari SehatQ

Manfaat bekicot untuk kesehatan memang beragam. Namun sebelum mengonsumsinya, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap hewan ini. Jika setelah makan bekicot muncul gejala alergi seperti gatal, merah, dan bentol-bentol di kulit, segera lakukan perawatan.Untuk lebih banyak tentang manfaat mengonsumsi hewan-hewan tidak lazim seperti bekicot dan hewan lain dari sisi kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
proteinmakanan sehatmakanan pembentuk otot
WebMD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-snails#1
Diakses pada 23 Desember 2020
International Journal of Pharma Medicine and Biological Science. http://www.ijpmbs.com/papers/13-E0007.pdf
Diakses pada 23 Desember 2020
Science Daily. https://www.sciencedaily.com/releases/2009/11/091119101207.htm
Diakses pada 23 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait