Khasiat Bangle, Kembaran Jahe yang Kaya Manfaat


Khasiat bangle sudah lama dikenal oleh nenek moyang kita secara turun-temurun. Ternyata, manfaat tanaman ini bukan isapan jempol belaka sebab penelitian medis membuktikannya.

0,0
15 Dec 2020|Dedi Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Khasiat bangle sudah lama dikenal sebagai tanaman obat tradisionalKhasiat bangle sebagai tanaman obat sudah dikenal sejak lama
Bangle adalah tanaman obat tradisional yang sudah lama di kenal di kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand.Banyak khasiat bangle yang sudah diketahui oleh masyarakat secara turun-temurun. Tak heran, reputasinya sebagai tanaman obat tetap melekat hingga sekarang.

Klaim khasiat bangle yang manjur bagi tubuh

Meski dikenal sebagai tanaman obat yang penting dan berperan sebagai bioaktivitas yang luas, penelitian akan tanaman ini masih belum optimal. Padahal, masyarakat setempat telah memakai bangle untuk beragam keperluan. Misalnya untuk merawat kulit baik sebagai anti-pemnuaan, pemutih, hingga melawan peradangan.Di Thailand, tanaman ini disebut dengan plai. Sama seperti di negara Asia lainnya, bangle sudah diaplikasikan sebagai obat oleh penduduk negara tersebut.Salah satu khasiat bangle yang dipercaya adalah mengurangi peradangan. Tanaman ini juga digunakan untuk membantu dalam merawat kulit.Bangle juga sudah lama dipakai untuk mempercantik, memperindah, dan menutrisi kulit. Tanaman yang sering dikira jahe ini juga digunakan dalam meningkatkan rasa nyaman dan kesegaran badan.Penggunaan bangle pun makin luas karena tumbuhan ini bisa digunakan dalam mengatasi asma, pilek kronis, dan mual.Bukan itu saja, bangle juga digunakan sebagai antiseptik atau penangkal infeksi. Tanaman ini juga biasa digunakan sebagai penangkal sakit karena memiliki sifat analgesik.Demam, masalah pencernaan, diare, bronchitis juga biasa diatasi dengan memanfaatkan bahan yang satu ini. Bahkan, bangle juga bisa diaplikasikan sebagai penangkal racun dari gigitan ular berbisa.Di Indonesia, bangle sering digunakan sebagai pereda nyeri khususnya yang diakibatkan oleh peradangan sendi. Di Jawa misalnya, tanaman ini sering dipakai untuk mengatasi kemerahan pada kulit. Kondisi ini biasa disebut eritema dan merupakan reaksi awal inflamasi kulit.

Khasiat bangle yang ditemukan berdasarkan penelitian

Bangle yang memiliki nama Latin Zingiber cassumunar Roxb. Memiliki banyak manfaat karena kandungan berbagai zat di dalamnya.
  • Sebagai campuran dalam minyak astiri

Beberapa komponen aktif ditemukan di dalam tanaman ini. Salah satunya berupa minyak astiri yang mengandung terpenoid. Minyak ini memiliki sifat antioksidan dan anti-peradangan, juga berpotensi sebagai obat cacing karena memiliki sifat anthelmintik.
  • Bersifat antiradang

Tumbuhan bangle juga menganding senyawa fenilbutanoid, dimetoksifenil butadiene, dan cassumunaguinon. Beberapa senyawa ini dilaporkan memiliki aktivitas sebagai antiradang.Khasiat bangle berikutnya datang dari senyawa fenolik di dalamnya. Bahan fenolik yang berasal dari alam memiliki kemampuan untuk menghambat enzim sikooksigenase dan lipooksigenase, sehingga mampu menghalangi inflamasi dalam tubuh.Senyawa fenolik juga penting untuk menghalangi penumpukan leukosit, degranulasi neutrofol, dan pelepasan histamin.Bukan saja digunakan dengan cara dikonsumsi, agen inflamasi dalam bangle bisa juga diaplikasikan pada kulit. Pengobatan topikal atau obat oles merupakan tindakan pertama yang bisa dilakukan jika kulit mengalami peradangan.
  • Sebagai pelindung dari sinar UV

Di samping itu, ada pula potensi bahwa bangle dapat dijadikan sebagai tabir surya untuk melindungi tubuh dari radiasi sinar ultraviolet (UV).
  • Sebagai penekan kerusakan hati

Ekstrak bangle juga berpotensi menjadi pilihan untuk dijadikan obat kerusakan hati. Senyawa bioaktif kurkumin dan kasumunin ternyata mampu menekan kerusakan hati. Hal ini ditandai dengan menurunnya kadar SGOT dan SGPT keduanya merupakan enzim yang akan hadir jika sel-sel dalam hati mengalami kerusakan.Studi mengenai khasiat bangle ini baru dilakukan pada tikus. Karena itu, masih perlu riset lebih lanjut untuk memperkuat temuan ini. Diharapkan, penelitian pada manusia bisa dilakukan guna hasil yang lebih optimal.
  • Sebagai antikanker dan imunostimulan

Kandungan fenilbutenoid dalam bangle juga berpotensi digunakan sebagai antikanker dan imunostimulan. Namun riset yang lebih luas tetap dibutuhkan supaya buktinya lebih akurat dan aman.Khasiat bangle diharapkan semakin mendapat perhatian dari para peneliti di masa mendatang. Penelitian yang masif akan bahan ini mungkin dapat menjadi terobosan menggembirakan bagi dunia kesehatan. Mengingat bahan ini melimpah, sehingga sangat disayangkan jika disia-siakan.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar khasiat bangle bagi kesehatan Anda, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
infeksi cacingherbalantioksidantanaman obatjahe
Universitas Gajah Mada. https://jurnal.ugm.ac.id/TradMedJ/article/view/34640/21998
Diakses pada 15 Desember 2020
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/259762443_The_extraction_method_and_formulation_of_Zingiber_cassumunar_Roxb_Plai_A_review
Diakses pada 15 Desember 2020
Kementrian Kesehatan. http://ejournal.litbang.kemkes.go.id/index.php/toi/article/view/8853
Diakses pada 15 Desember 2020
Institut Pertanian Bogor. https://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/42301/SCANING15016.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Diakses pada 15 Desember 2020
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0926669019307745
Diakses pada 15 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait