Sering Dicap Negatif, Ini 7 Keuntungan Menjadi Pemalu


Menjadi seorang pemalu tak selamanya buruk. Sifat ini dapat memberi sejumlah keuntungan, mulai dari berpikir sebelum berbuat, fokus dalam bekerja, menjadi sahabat yang baik, hingga mempunyai kreativitas tinggi.

0,0
Orang dengan sifat pemalu dianggap sulit untuk menjalin hubungan sosial dengan orang lainOrang yang pemalu cenderung banyak berpikir sebelum berbuat
Sifat pemalu selama ini dianggap sebagai kelemahan oleh banyak orang. Orang dengan sifat pemalu dianggap sulit untuk menjalin hubungan sosial dengan orang lain. Anggapan tersebut tidak salah, namun juga tidak sepenuhnya benar.Bagi beberapa orang, sifat ini bisa memberi keuntungan tersendiri untuk mereka. Orang yang pemalu cenderung dapat memahami diri sendiri, serta mengembangkan kemampuan mereka dengan lebih baik.

Keuntungan menjadi seorang pemalu

Sifat pemalu memberikan sejumlah keuntungan yang dapat berdampak positif terhadap cara Anda menjalani hidup. Beberapa manfaat mempunyai sifat ini, di antaranya:

1. Berpikir sebelum berbuat

Orang yang pemalu cenderung banyak berpikir sebelum berbuat. Sikap ini sangat membantu ketika Anda hendak mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup. Dengan berpikir sebelum berbuat, Anda dapat:
  • Menyiapkan plan B jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana
  • Menghindari risiko-risiko yang mungkin ditimbulkan
  • Menetapkan tujuan jangka panjang

2. Lebih nyaman untuk diajak bicara

Beberapa orang lebih nyaman berbicara dengan pemalu. Hal tersebut terjadi karena mereka cenderung rendah hati dan tidak suka menonjolkan diri. Orang pun dapat berbicara dengan bebas tanpa takut mendapatkan komentar negatif.

3. Memberi ketenangan

Orang yang pemalu terkadang bisa memberikan ketenangan pada beberapa orang, terlebih pada situasi menegangkan. Meski mengalami gejolak batin, orang dengan sifat ini mungkin akan tetap terlihat tenang dan datar. Hal tersebut lah yang kemudian memberi ketenangan pada orang-orang di sekitarnya.

4. Pengambil keputusan yang handal

Seorang pemalu tidak akan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Mereka cenderung menganalisis dan mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang. Dengan begitu, keputusan-keputusan yang diambil pun akan lebih efektif untuk menyelesaikan masalah.

5. Sahabat yang baik

Orang yang pemalu sering merasa kesulitan dalam berteman. Namun, saat sudah bertemu dengan orang yang tepat, mereka dapat menjadi sahabat yang sangat baik. Karena mencari teman bukanlah hal mudah, mereka akan menganggap persahabatan sebagai sesuatu yang dalam dan berharga.

6. Mudah fokus dalam bekerja

Banyak pekerjaan yang membutuhkan fokus dan konsentrasi tinggi agar dapat diselesaikan dengan baik. Orang yang pemalu cenderung mempunyai kemampuan tersebut. Minimnya koneksi sosial membuat mereka tidak menerima banyak gangguan dari luar (contoh, ikut berpartisipasi dalam kegiatan tertentu). Mereka juga tidak sibuk memikirkan validasi orang lain atas apa yang dikerjakan.

7. Punya kreativitas lebih

Kreativitas orang pemalu biasanya lebih baik. Mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Contohnya, rasa malu bersosialisasi membuat Anda lebih banyak menghabiskan waktu di rumah untuk menggambar. Seiring waktu berjalan, kemampuan menggambar Anda akan berkembang karena terus diasah setiap harinya.

Kapan sifat pemalu harus diwaspadai?

Selama tidak berdampak negatif bagi kehidupan Anda, sifat pemalu bukanlah sesuatu yang harus dihilangkan. Namun, jika sifat ini mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda perlu mewaspadainya.Rasa malu yang berlebihan dapat menjadi tanda gangguan kecemasan sosial. Kondisi ini membuat penderitanya terus mengalami kecemasan dan serangan panik ketika bertemu maupun berinteraksi dengan orang lain.Gejala fisik seperti kram perut, mual, sakit kepala, dan insomnia mungkin juga akan dirasakan oleh penderitanya. Jika rasa malu disertai dengan kecemasan, serangan panik, dan gejala fisik seperti yang telah disebutkan, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu kondisi yang mendasarinya. 

Catatan dari SehatQ

Menjadi seorang pemalu tak selamanya buruk. Sifat ini dapat memberi sejumlah keuntungan, mulai dari berpikir sebelum berbuat, fokus dalam bekerja, menjadi sahabat yang baik, hingga mempunyai kreativitas tinggi.Sifat ini perlu diwaspadai jika disertai dengan rasa cemas, serangan panik, maupun gejala fisik yang mengarah pada gangguan kecemasan sosial. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan mental
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/advantages-of-being-shy-3024704
Diakses pada 20 September 2021
Harley Therapy. https://www.harleytherapy.co.uk/counselling/shyness-in-adults.htm
Diakses pada 20 September 2021
Truity. https://www.truity.com/blog/10-oddly-helpful-benefits-being-shy
Diakses pada 20 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait