Ketimbang Sakit Berlama-Lama, Jangan Ragu Cabut Gigi Bungsu

Saat gigi bungsu (wisdom tooth) tumbuh biasanya timbul nyeri atau pembengkakan di gusi
Jangan biarkan rasa sakit karena gigi bungsu yang tumbuh miring membuat Anda tersiksa

Jangan salah, tumbuh gigi tidak hanya dialami anak kecil saja. Orang dewasa juga masih bisa mengalaminya, ketika gigi bungsu tumbuh. Biasanya, gigi bungsu ini disebut juga wisdom tooth atau gigi geraham ketiga. 

Pada banyak kasus, cabut gigi bungsu perlu dilakukan apabila gigi tersebut tumbuh pada posisi yang miring atau tidak memiliki cukup ruang untuk tumbuh. Gigi bungsu biasanya tumbuh pada usia sekitar 17-25 tahun. 

Tidak ada yang bisa memastikan gigi bungsu tumbuh berapa lama. Setiap orang bisa mengalami pertumbuhan gigi molar ketiga ini dengan periode bervariasi. Umumnya, saat tumbuh gigi bungsu akan menyebabkan rasa nyeri dan pembengkakan di gusi.

Kapan cabut gigi bungsu perlu dilakukan?

Cabut gigi bungsu disebut juga dengan operasi odontektomi. Pada kasus pencabutan sederhana, prosedur ini bisa dilakukan oleh dokter gigi umum. Namun, pada kasus yang cukup sulit, maka cabut gigi bungsu perlu dilakukan oleh dokter gigi spesialis bedah mulut.

Meskipun judulnya operasi, cabut gigi bungsu tidaklah semengerikan yang terlihat. Justru, cabut gigi bungsu sebaiknya segera dilakukan apabila terasa gigi bungsu tumbuh dengan arah yang tidak semestinya.

Beberapa kriteria pertumbuhan gigi bungsu yang salah adalah:

  • Tumbuh ke arah gigi geraham di sebelahnya 
  • Tumbuh ke belakang mulut
  • Tumbuh hanya sebagian karena ruang tumbuh gigi tidak cukup
  • Tertanam di dalam tulang rahang

Ke mana arah tumbuhnya gigi bungsu bisa dilihat dengan seksama lewat foto rontgen panoramik. Biasanya, sebelum melakukan operasi pencabutan gigi bungsu, dokter gigi akan melihat hasil foto untuk menentukan bagaimana prosedur operasi dilakukan.

Operasi cabut gigi bungsu akan selesai dalam waktu beberapa jam saja, tergantung pada seberapa banyak gigi bungsu ini telah tumbuh. Pada prosedur ini, umumya diperlukan pembukaan pada gusi untuk mempermudah keluarnya gigi. 

Setelah menjalani operasi cabut gigi bungsu, sangat wajar jika seseorang akan merasa sakit dan gusi mengalami pembengkakan. Dokter akan memberikan resep obat pereda rasa sakit dan gigi akan pulih sepenuhnya dalam waktu satu pekan.

Selain itu, gusi yang tadinya menjadi lokasi tumbuhnya gigi bungsu dijahit saat proses operasi. Satu minggu kemudian, dokter akan melepas jahitan dan memeriksa apakah gusi sudah tertutup sempurna dan tidak ada kemungkinan terjadinya komplikasi.

Amankah operasi cabut gigi bungsu?

Apabila masih ragu untuk melakukan pencabutan gigi bungsu, perlu disadari bahwa ini adalah langkah terbaik sebelum gigi bungsu benar-benar menyebabkan kerusakan. Jika menabrak gigi geraham di sebelahnya, bukan tidak mungkin gigi geraham kedua akan terkikis dan berlubang.

Contoh lain adalah apabila gigi bungsu tumbuh ke arah pipi bagian dalam. Seiring dengan berjalannya waktu, area tersebut bisa mengalami luka akibat terus-menerus tergesek gigi bungsu.

Untuk itu, operasi cabut gigi bungsu adalah cara yang paling efektif dan mudah. Selama operasi, Anda akan dibius lokal dengan prosedur anestesi disuntikkan di gusi. Biasanya, rasa sakit hanya akan terasa ketika obat bius berangsur hilang.

Selama tidak terjadi perdarahan berlebih atau infeksi, maka operasi cabut gigi bungsu dapat dikatakan sukses.

Gejala impaksi gigi bungsu

Setiap orang idealnya memiliki empat gigi bungsu yang baru tumbuh ketika mereka dewasa, yaitu dua di bawah dan dua di atas. Gejala yang hampir selalu terjadi adalah gigi bungsu tumbuh miring karena tidak ada ruang lagi di rahang.

Ketika hal ini terjadi, biasanya seseorang akan merasakan nyeri luar biasa. Itulah mengapa sering ada kondisi ketika orang dewasa kesakitan bahkan harus izin bekerja atau kuliah karena tumbuh gigi.

Gejala lain yang mungkin terasa saat gigi bungsu tumbuh adalah:

  • Gusi membengkak
  • Nyeri rahang
  • Napas tidak sedap
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Rasa pahit di mulut
  • Sulit membuka mulut 

Tidak bisa dipastikan pula gigi bungsu tumbuh berapa lama. Ada orang yang hanya merasakan nyeri sesaat dan hilang dengan sendirinya. 

Ada pula yang selama berminggu-minggu merasakan nyeri. Bahkan ada juga yang tidak merasakan sakit sama sekali karena gigi bungsu dapat tumbuh ke atas dan tidak menabrak gigi geraham lainnya.

Daripada menerka-nerka gigi bungsu tumbuh berapa lama dan harus menahan nyeri yang mengganggu aktivitas, cabut gigi bungsu adalah pilihan terbaik.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wisdom-teeth/symptoms-causes/syc-20373808
Diakses pada 11 Juli 2019

Medical Xpress. https://medicalxpress.com/news/2018-08-wisdom-teeth.html
Diakses pada 11 Juli 2019

Oral Health. https://www.oralhealthgroup.com/features/complications-during-and-after-surgical-removal-of-third-molars/
Diakses pada 11 Juli 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed