Ketimbang Fogging, Pemberantasan Sarang Nyamuk Lebih Efektif Cegah DBD

Pemberantasan sarang nyamuk dapat dilakukan dengan membersihkan barang di rumah
Kebiasaan membersihkan rumah bisa menjadi cara yang baik untuk mengatasi bersarangngya nyamuk

Ketika penyakit demam berdarah dengue (DBD) mewabah di suatu daerah, pasti berbagai cara dilakukan untuk memberantas biang keladinya, yaitu nyamuk Aedes aegypti. Bisa dengan melakukan fogging atau pemberantasan sarang nyamuk sehingga dampaknya bisa lebih menyeluruh.

Dunia medis tak berhenti meneliti keberadaan nyamuk yang bisa menjadi media transmisi penyakit mematikan, termasuk DBD. Metode fogging bisa jadi tidak efektif karena hanya dapat membunuh nyamuk dewasa, namun tidak larva yang ada di permukaan air stagnan sekitar pemukiman.

Identifikasi lokasi sarang nyamuk

Nyamuk suka berkembang biak di lingkungan yang kotor atau jarang dibersihkan. Selain itu, permukaan air stagnan yang tidak pernah dibersihkan adalah surga bagi nyamuk untuk bertelur.

Sama seperti spesies nyamuk lainnya, nyamuk Aedes aegypti memilih iklim yang lembap dan hangat. Selain itu, nyamuk penyebab DBD ini juga aktif menggigit manusia saat siang, sore, dan pagi hari sebelum matahari terbit.

Untuk mencegah DBD, pemberantasan sarang nyamuk bisa dimulai dari lingkungan paling dekat di sekitar rumah. Beberapa titik yang perlu diperhatikan untuk pemberantasan sarang nyamuk adalah:

  • Permukaan air stagnan

Tanpa disadari, bisa jadi ada banyak permukaan air stagnan di sekitar rumah. Bukan hanya titik yang menjadi tetesan air hujan saja, tapi juga cekungan lain yang bisa menampung air.

Perhatikan bahwa volume air sedikit saja bisa menjadi tempat bertelurnya nyamuk. Sebisa mungkin, kontrol permukaan air di sekitar rumah agar tidak ada endapan yang bisa jadi tempat nyamuk bertelur.

  • Barang bekas tak terpakai

Selain permukaan air stagnan, pemberantasan sarang nyamuk juga harus dilakukan di barang-barang bekas tak terpakai sekitar rumah. Contohnya pot bunga bekas, ban bekas, dan objek lainnya yang lama teronggok di dekat rumah.

Jika sudah tidak dipakai, akan lebih baik jika barang-barang tak berguna dibuang atau diolah menjadi hal lain yang lebih bermanfaat.

  • Pohon di sekitar rumah

Jika ada pohon-pohon di sekitar rumah, perhatikan apakah ada lubang cukup besar yang bisa menampung air. Jika iya, itu juga bisa menjadi tempat nyamuk bertelur. Untuk itu, pantau pohon di sekitar rumah dan pastikan tidak menjadi sarang nyamuk berbahaya.

Setelah tahu beberapa lokasi yang rentan menjadi tempat bertelurnya nyamuk, tak kalah penting tahu cara pemberantasan sarang nyamuk yang tepat dan aman:

1. Pakaian yang memadai

Ketika akan melakukan pemberantasan sarang nyamuk di sekitar rumah, pastikan mengenakan pakaian yang memadai. Kenakan celana panjang, baju lengan panjang, dan topi bila perlu. Jika ada kulit yang tidak tertutup pakaian, oleskan lotion anti-nyamuk sebagai langkah antisipasi.

2. Waktu yang tepat

Untuk bisa mengidentifikasi di mana saja permukaan air stagnan sekitar rumah, waktu paling tepat adalah setelah hujan turun. Dengan demikian, akan terlihat apakah ada permukaan cekung atau barang bekas yang menjadi tempat endapan air dan berpotensi jadi tempat bertelurnya nyamuk.

3. Buang objek yang berpotensi jadi sarang

Setelah tahu mana saja barang yang berpotensi menjadi tempat bertelurnya nyamuk, buang airnya dan pindahkan objek tersebut ke lokasi yang kering. Jika genangan air ada di tanah, segera keringkan dengan bantuan ember. Sementara jika genangan ada di lubang tanah, gali dan tutupi agar tidak lagi berlubang.

4. Jadikan rutinitas

Pemberantasan sarang nyamuk sebaiknya menjadi rutinitas yang dilakukan secara berkala, bahkan frekuensinya ditingkatkan saat musim hujan tiba. Membuang objek yang berpotensi jadi sarang nyamuk saja tak cukup, karena tumpukan sampah seperti daun kering atau kayu tak terpakai juga bisa mengundang nyamuk.

5. Perhatikan kolam sekitar rumah

Apabila ada kolam ikan atau kolam renang di sekitar rumah, beri perhatian lebih. Secara berkala, ambil sampel satu cangkir air untuk memeriksa apakah ada larva nyamuk. Tanyakan juga kepada ahlinya bagaimana mencegah larva berkembang biak di kolam sekitar rumah.

6. Membunuh larva

Apabila saat melakukan pemberantasan sarang nyamuk ternyata sudah ada titik tempat larva berada, bunuh dengan meletakkan minyak, cuka apel, atau sabun di genangan air untuk memastikan larva tidak bertahan. Cara ini aman untuk lingkungan dan efektif membunuh larva.

Catatan dari SehatQ

Pemberantasan sarang nyamuk berupa cekungan yang bisa menampung air bukan berarti sudah memenangkan “perang” melawan populasi nyamuk. Ingat, nyamuk tidak butuh endapan air dalam volume banyak untuk bertelur. Mereka hanya perlu sedikit air untuk meletakkan larva sembari menunggunya menetas.

Satu yang pasti, pemberantasan sarang nyamuk secara berkala jauh lebih efektif ketimbang fogging dengan bahan kimia apapun. Jangan beri ruang untuk nyamuk berkembang biak di sekitar rumah Anda untuk mengantisipasi penyakit seperti DBD.

Pests. https://www.pests.org/get-rid-of-mosquitoes/

Diakses 2 April 2020

WHO. https://www.who.int/mediacentre/infographic/zika-virus/mosquito-breeding.pdf?ua=1

Diakses 2 April 2020

Hunker. https://www.hunker.com/13406498/how-to-kill-mosquito-larvae-in-standing-water-with-household-products

Diakses 2 April 2020

Artikel Terkait