5 Manfaat Kesehatan Metode KonMari, Merapikan Rumah ala Marie Kondo

Beres-beres rumah ala Marie Kondo ternyata bisa tingkatkan kesehatan fisik dan mental.
Marie Kondo menciptakan tren membereskan barang-barang di rumah, yang tak lagi bermanfaat.

Metode decluttering ala Marie Kondo saat ini tengah menjadi tren. Dalam metode KonMari ini, Marie Kondo mengajarkan untuk menyingkirkan barang yang tidak lagi memberikan manfaat dan kebahagiaan bagi pemiliknya.

Dengan begitu, rumah dapat kembali menjadi tempat yang memberikan ketenangan serta inspirasi. Terlepas dari sebuah tren, merapikan barang serta menjaga kebersihan rumah secara ilmiah juga terbukti baik untuk kesehatan Anda.

[[artikel-terkait]]

Manfaat merapikan rumah untuk kesehatan Anda

Baik secara fisik, maupun psikologis. Jangan ragu untuk segera memulainya dan dapatkan berbagai manfaat berikut ini.

1. Metode KonMari kurangi risiko penyakit pernapasan

Debu dan bulu hewan peliharaan merupakan dua pemicu utama kambuhnya asma. Tidak hanya itu, kedua hal tersebut juga dapat menimbulkan alergi bagi beberapa orang.

Kondisi rumah yang berantakan, cenderung menyimpan lebih banyak debu. Jadi semakin sedikit barang yang Anda simpan, maka akan semakin berkurang pula tempat yang bisa dihinggapi oleh debu. Karena itu, merapikan barang yang ada di rumah merupakan langkah awal yang tepat, untuk menghindari risiko ini.

2. Membantu mengurangi gangguan kecemasan

Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan fisik, rumah yang berantakan juga dapat berakibat buruk pada pikiran Anda. Rumah yang berantakan dapat menimbulkan stimulasi berlebihan yang menyebabkan otak bekerja lebih keras dari kondisi normal.

Tempat yang berantakan juga dapat memicu rasa malu terhadap kondisi tempat tinggal, yang kemudian dapat meningkatkan kadar stres Anda.

3. Meningkatkan fokus

Letak barang yang berantakan dapat membuat otak kesulitan untuk fokus. Hal ini terutama terjadi pada anak-anak. Lingkungan yang berantakan juga dapat membuat kemampuan otak untuk mengolah informasi menjadi kurang efektif, sehingga Anda lebih mudah frustrasi.

4. Memperbaiki kualitas tidur

Otak kita memiliki kemampuan untuk menangkap stimulasi dari luar bahkan saat tidur, yang berguna untuk mengidentifikasi bahaya. Sehingga, jika kondisi rumah berantakan membuat stres sebelum tidur, maka saat sudah berhasil tidur, Anda akan kesulitan tidur dengan nyenyak.

Sementara itu, gangguan tidur dapat menghambat kemampuan otak dalam membuat keputusan, terutama yang berkaitan dengan menyimpan atau menyingkirkan sesuatu. Ketidakmampuan ini dapat memicu timbulnya suatu kondisi psikologis yang disebut dengan hoarding disorder (kebiasaan menimbun barang).

Kondisi ini membuat penderitanya kesulitan dalam memilih barang lama untuk dibuang. Akibatnya, barang-barang akan tertimbun dan fungsi ruangan pun berkurang.

Melihat akibat yang dapat ditimbulkan di atas, maka penting bagi Anda untuk merapikan barang di kamar Anda. Dengan begitu, otak akan menerima sinyal, bahwa begitu Anda berbaring, maka itulah waktu untuk benar-benar istirahat, tanpa memikirkan hal lainnya.

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Merapikan barang akan membuat Anda menggunakan kemampuan membuat keputusan, serta menyelesaikan masalah. Dengan menganalisis ketersediaan ruang, disertai jumlah barang yang ada, membuat Anda harus membuat keputusan tepat dan cepat. Jika berhasil melakukan hal ini, maka rasa percaya diri Anda akan meningkat.

Mengikuti metode merapikan barang ala Marie Kondo memang bukan hal yang mudah. Agar lebih terasa ringan, Anda bisa memulainya secara bertahap. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari dampak buruk kondisi rumah yang berantakan, dan mengambil berbagai manfaat untuk kesehatan Anda.

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed