logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

6 Manfaat Bersih-Bersih Rumah, dan Cara Merapikannya yang Tepat

open-summary

Salah satu cara mengelola stres dan meningkatkan kualitas hidup adalah dengan bersih-bersih rumah. Alasannya, karena Anda mempunyai kontrol diri. Simak penjelasan lengkapnya di sini.


close-summary

30 Mei 2019

| Atifa Adlina

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Manfaat bersih-bersih rumah

Bersih-bersih rumah dapat membantu mengelola stres

Table of Content

  • Dampak negatif rumah berantakan
  • Manfaat beres-beres rumah
  • Cara membersihkan rumah agar tetap rapi

Beres-beres rumah yang berantakan pasti butuh tenaga, waktu, dan tekad bulat. Makanya, tidak sedikit orang yang merasa malas melakukan ini. 

Advertisement

Padahal, bersih-bersih rumah tidak seharusnya melelahkan dan makan waktu jika Anda tahu caranya yang tepat. Rajin beres-beres rumah juga nyatanya bermanfaat bagi kesehatan fisik serta mental kita.

Apa pengaruhnya? Lalu, bagaimana cara merapikan rumah berantakan? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Dampak negatif rumah berantakan

Ada banyak alasan mengapa rumah yang berantakan bisa berdampak negatif bagi kondisi tubuh dan pikiran kita. 

Mengutip dari WebMD, walaupun Anda merasa baik-baik saja, ruangan yang berantakan mempunyai banyak kerugian. Bahkan, bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental Anda.

Berikut adalah beberapa dampak negatif rumah berantakan dan juga kotor, yaitu:

1. Bikin stres

Rumah yang kotor, sesak, dan berantakan penuh barang-barang bisa membuat kita sulit fokus menjalani hari.

Tinggal di rumah yang berantakan juga bikin kita mudah kebingungan bermanuver atau menemukan barang di saat perlu. Efek ini pernah diungkap oleh sebuah studi dalam Journal of Neuroscience tahun 2011. 

Peneliti melaporkan, berada di ruangan yang berantakan dan penuh sesak dengan barang dapat memengaruhi kemampuan spasial-visual seseorang. Akibatnya, kita jadi suka bingung atau lupa dengan detil-detil terkecil yang ada di rumah kita sendiri.

Kebingungan mental inilah yang membuat Anda sulit menyelesaikan pekerjaan secara efisien.

Dalam kondisi tertentu, kebingungan juga bisa memicu stres dan membuat Anda lebih cepat marah.

2. Sulit tidur nyenyak

Bagi Anda yang memiliki rasa cemas berlebihan, tinggal di rumah yang berantakan dan penuh barang secara tidak langsung bisa memicu kumatnya rasa cemas sampai menyebabkan gangguan tidur.

Ketika melihat rumah berantakan, otak mempersepsikan hal itu sebagai “ancaman” sehingga muncullah rasa tidak aman dalam hati dan pikiran. Entah itu karena takut kehilangan barang atau ada serangga yang muncul karena terlalu kotor.

Lambat laun, kecemasan yang dibiarkan menumpuk dapat menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia. Kurang tidur akan membuat Anda makin cemas dan merasa mudah capek sehingga merasa tidak fit untuk bersih-bersih rumah.

Tidak hanya itu. Kurang tidur juga bisa membuat Anda sulit untuk mengambil keputusan. Salah satunya, keputusan untuk membuang barang yang tidak lagi diperlukan. 

3. Depresi

Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang tinggal di rumah berantakan berisiko  lebih cepat merasa lelah dan depresi. Peneliti juga menemukan bahwa mereka cenderung memiliki tingkat hormon kortisol yang lebih tinggi. 

Baca Juga

  • Manfaat Daun Peterseli, Bumbu Dapur yang Baik untuk Jantung
  • Bagaimana Cara untuk Menerima Diri Sendiri?
  • Manfaat Mandi Air Dingin Ini Jangan Sampai Dilewatkan

Manfaat beres-beres rumah

Sementara itu, bersih-bersih atau beres-beres rumah mempunyai sejumlah manfaat atau efek positif pada kesehatan fisik dan mental Anda.

Sebagai contoh, memberikan efek menenangkan serta meningkatkan suasana hati. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, seperti:

1. Badan jadi bugar

Tempat tinggal yang bersih sangat memengaruhi kesehatan tubuh para penghuninya. Sebab, sering bersih-bersih rumah sama saja dengan beraktivitas fisik secara rutin.

Bagaimana tidak, karena pekerjaan rumah seperti mengepel dan menyapu membuat badan kita terus bergerak. Bahkan, bersih-bersih rumah secara teratur bisa bantu membakar kalori tubuh.

Jadi, selain membuat rumah jadi bersih dan terawat, tubuh kita pun jadi lebih bugar.

2. Munculkan rasa percaya diri

Seperti yang dijelaskan di atas, tinggal di rumah berantakan rentan memunculkan rasa cemas dan insecurity.

Perlu diingat kembali, bahwa hal yang sifatnya berantakan bisa mengganggu dan membuat Anda sulit fokus menyelesaikan aktivitas. Hal ini tentu berdampak pada kepercayaan diri.

Nah, rajin bersih-bersih rumah dapat membantu Anda meningkatkan rasa percaya diri karena kebiasaan baik ini  memberikan Anda kendali lebih terhadap lingkungan sekitar.

Faktanya, sebuah studi oleh University of Connecticut menemukan bahwa pada saat sedang sangat stres sekalipun, orang yang rajin beres-beres rumah akan lebih cepat mendinginkan kepala dan bertindak secara logis. 

3. Meningkatkan mood

Mencium aroma sabun atau pengharum ruangan bisa membantu meredakan kecemasan. Terlebih lagi, sprei yang bersih pun akan membuat Anda mendapatkan tidur berkualitas.

Untuk itu, bisa memberikan suasana hati yang lebih baik. Melakukan aktivitas bersih-bersih rumah atau kamar juga membantu mengurangi stres, perasaan cemas, dan gejala depresi.

4. Meningkatkan fokus

Ruangan yang bersih akan membuat seseorang lebih produktif. Jika Anda sedang kesulitan untuk fokus saat ini, bangun dari tempat duduk dan cobalah mulai merapikan rumah.

Hal ini terjadi karena ruangan yang berantakan dan terlihat penuh memengaruhi fokus. Lalu, juga sekaligus membatasi kemampuan otak memproses informasi.

Bersih-bersih rumah juga akan memudahkan Anda mengingat memori lama dan menyimpan informasi baru.

Sebagai contoh, saat bersih-bersih Anda mungkin jadi bisa menemukan koleksi lama dan mengingat simpanan koleksi foto-foto keluarga yang sudah terbengkalai dan memori yang ada di baliknya.

Beres-beres rumah juga membuat pikiran lebih terorganisir sehingga Anda juga akan lebih mudah mengingat lokasi penyimpanan secara spesifik. Dengan begitu, ke depannya nanti Anda bisa cepat mengingat, misalnya di mana menyimpan peralatan berkebun.

Cobalah untuk membuang barang yang tidak digunakan dan membatasi jumlah barang yang Anda miliki. Hal ini dapat mengurangi distraksi dari perhatian otak. 

5. Menjaga kesehatan pernapasan

Rumah yang berantakan pasti banyak debu dan kotoran. Apabila Anda punya alergi atau asma, bersih-bersih rumah bisa bantu menghilangkan segala macam kotoran, dari jamur sampai bulu hewan, yang bisa memicu kumatnya gejala.

Tak hanya itu saja. Semakin sedikit barang yang Anda simpan, maka akan semakin berkurang pula penumpukan debu pada tempat tertentu. Dengan begitu, rajin beres-beres rumah bisa membantu kita bernapas lebih lega dan menjaga kesehatan sistem pernapasan. 

Namun,  sebaiknya perhatikan pula produk pembersih yang Anda gunakan karena juga bisa menjadi pemicu masalah pernapasan lainnya.

Cara membersihkan rumah agar tetap rapi

Jika belum terbiasa, bersih-bersih dan beres-beres rumah mungkin akan terasa berat. Namun, pertimbangkan kembali ketidakinginan itu.

Ini karena rumah yang bersih dan rapi bisa meningkatkan kualitas hidup Anda beserta keluarga. Berikut adalah beberapa cara membersihkan serta merapikan rumah yang berantakan, yaitu:

1. Lakukan sedikit demi sedikit

Bersih-bersih rumah memerlukan waktu. Untuk itu, mulailah pelan-pelan dengan komitmen. Sebagai contoh, membersihkan terlebih dahulu area kamar yang terlihat berantakan, seperti meja rias atau lemari.

Pisahkan segera barang yang tidak terpakai. Setelah itu, mulai beres-beres ruangan lainnya di hari berikutnya seperti kamar anak, dapur, kamar mandi, hingga ruang keluarga.

2. Coba decluttering

Decluttering artinya proses membersihkan tumpukan benda-benda yang tidak lagi memiliki fungsi atau tidak digunakan lagi.

Salah satunya metode decluttering ala Marie Kondo, yang hingga kini masih menjadi tren. Dalam metode KonMari, mengajarkan untuk menyingkirkan barang yang tidak lagi memberikan manfaat dan kebahagiaan bagi pemiliknya.

3. Minta bantuan orang lain

Tidak semua orang bisa melakukan beres-beres rumah sendirian. Apalagi, jika Anda tergolong orang yang suka mengumpulkan barang, sehingga susah untuk melepaskannya. Jadi, minta bantuan keluarga, teman, atau jasa pembersih rumah.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai hubungan bersih-bersih rumah dengan kesehatan fisik dan mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

penyakit pernapasangangguan pernapasanhidup sehatpola hidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved