Ketiak Terasa Nyeri dapat Diakibatkan 8 Penyakit Ini

(0)
03 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ketiak terasa nyeri bisa mengindikasikan berbagai macam penyakit.Saraf kejepit bisa menyebabkan ketiak terasa nyeri.
Ketiak terasa nyeri dapat disebabkan berbagai macam kondisi, mulai dari yang ringan seperti iritasi, hingga yang parah seperti kanker payudara. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya agar masalah ini bisa segera ditangani.

Penyebab ketiak terasa nyeri

Dengan memahami biang keladi di balik munculnya rasa sakit di ketiak, tindakan penanganan yang tepat bisa dilakukan. Sehingga, hal-hal yang tak diinginkan, misalnya kemunculan komplikasi, dapat dihindari.Maka dari itu, mari kita kenali berbagai penyebab ketiak terasa nyeri berikut ini.

1. Otot tegang

Cedera di beberapa otot bagian lengan atau dada dapat menyebabkan ketiak terasa nyeri. Contohnya, saat otot pectoralis mayor di dada mengalami cedera saat sedang berolahraga, maka rasa sakit bisa muncul di ketiak.Tidak hanya itu, cedera atau ketegangan otot coracobrachialis yang ada di lengan juga dapat menyebabkan ketiak terasa nyeri.

2. Masalah kulit

Ketiak sakit
Masalah kulit bisa sebabkan ketiak terasa nyeri
Terdapat berbagai masalah kulit yang bisa menyebabkan ketiak terasa nyeri. Contohnya, saat kulit ketiak mengalami iritasi setelah dicukur.Selain itu, penggunaan deodoran juga bisa menyebabkan reaksi alergi di kulit ketiak sehingga ruam dan rasa nyeri bisa datang.

3. Herpes zoster

Herpes zoster adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Umumnya, herpes zoster mengakibatkan munculnya ruam bersisik atau lepuh yang bisa menyebabkan rasa nyeri, termasuk di ketiak.Tidak hanya itu, virus varicella-zoster juga mampu menyebabkan munculnya sensasi terbakar dan kesemutan. Sehingga, tidak mengherankan jika herpes zoster dapat mengakibatkan ketiak terasa nyeri.

4. Limfedema

Menurut sebuah riset, limfedema terjadi saat kelenjar getah bening mengalami penyumbatan. Biasanya, limfedema terjadi setelah pasien kanker payudara menjalani operasi. Gejalanya berupa rasa sakit di bagian ketiak dan pembengkakan di salah satu tangan.

5. Kanker payudara

Pada awalnya, kanker payudara memang tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, jika Anda sudah merasakan adanya rasa sakit atau benjolan di ketiak dan payudara, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk berkonsultasi. Bisa jadi, itu merupakan tanda awal dari kanker payudara.Rasa sakit dan tidak nyaman di ketiak juga bisa disebabkan oleh tumbuhnya tumor. Jika hal ini terjadi, jangan buang waktu lagi. Segera datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

6. Saraf kejepit

Ketiak sakit
Ketiak terasa nyeri bisa jadi akibat saraf kejepit
Saraf yang terjepit di bagian ketiak juga bisa menimbulkan rasa nyeri di ketiak. Umumnya, saraf kejepit yang terjadi di bagian ketiak akan diiringi gejala kesemutan dan mati rasa pada tangan.Ada banyak penyebab saraf terjepit di ketiak yang harus diwaspadai, seperti tumbuhnya tumor atau pembengkakan. Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh cedera.

7. Penyakit jantung

Banyak orang yang menyangka kalau penyakit jantung hanya ditandai oleh nyeri di dada. Padahal, menurut sebuah penelitian, penyakit jantung koroner pada wanita dapat ditandai dengan rasa nyeri di ketiak.Umumnya, rasa sakit di ketiak yang diakibatkan oleh penyakit jantung akan terasa sangat tumpul, serta ditemani dengan rasa tak nyaman di punggung dan rahang. Selain itu, rasa mual juga bisa muncul.

8. Penyakit arteri perifer

Penyakit arteri perifer atau peripheral artery disease (PAD) terjadi saat pembuluh darah kecil di bagian lengan dan kaki menyempit. Hal ini menyebabkan kurangnya aliran darah ke otot dan jaringan tubuh lainnya.Jika penyakit arteri perifer menyerang pembuluh darah di bagian lengan, maka bisa mengakibatkan ketiak terasa nyeri.

Kapan harus ke dokter?

Ketiak terasa nyeri yang disebabkan oleh otot tegang biasanya akan sembuh dengan sendirinya, tepatnya setelah Anda beristirahat selama beberapa hari. Jika ketiak terasa nyeri ditemani dengan gejala pembengkakan dan munculnya benjolan, sebaiknya konsultasikan masalah ini ke dokter. Di sisi lain, jika ketiak terasa nyeri dibarengi dengan gejala ruam pada kulit, sebaiknya periksakan segera diri Anda ke dokter spesialis kulit.Anda juga sebaiknya pergi ke dokter apabila rasa nyeri pada ketiak terus Anda rasakan selama beberapa hari dan tak kunjung hilang.Jika ketiak terasa nyeri dapat ditangani sedini mungkin, hasil penyembuhan kondisi ini juga akan maksimal.

Pengobatan ketiak terasa nyeri

Pengobatan nyeri di ketiak akan dilakukan berdasarkan penyebabnya. Misalnya, untuk ketiak terasa nyeri yang disebabkan oleh ketegangan otot, dokter akan merekomendasikan Anda untuk beristirahat dan tidak melakukan aktivitas yang memberikan tekanan pada otot.Kemudian, untuk penyakit herpes zoster, dokter biasanya akan memberikan obat-obatan antivirus, seperti acyclovir, valaclyclovir dan famciclovir. Jika rasa sakitnya sudah tak tertahankan, dokter bisa memberikan obat pereda nyeri.Kalau ketiak terasa nyeri disebabkan oleh pembengkakan atau masalah pada kelenjar getah bening, dokter akan memberikan obat-obat yang berbeda. Jika pembengkakan kelenjar getah beningnya disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter akan memberikan obat antibakteri.Sedangkan ketiak terasa nyeri yang disebabkan oleh kanker payudara, dokter akan merekomendasikan Anda untuk menajalani prosedur operasi pengangkatan tumor, terapi radiasi, hingga kemoterapi.

Catatan dari SehatQ:

Sekali lagi, ingatlah bahwa ketiak terasa nyeri merupakan kondisi medis yang tak boleh disepelekan. Sebab, rasa sakit di ketiak dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit yang berbahaya.Konsultasikan masalah ini ke dokter untuk mencari tahu atau jika Anda tidak mengetahui penyebab ketiak terasa nyeri yang tengah dirasakan. Dengan begitu, dokter bisa merekomendasikan penanganan terbaik untuk mengatasi masalah Anda.
kesehatan kulitkulit dan kecantikanketiak hitam
Healthline. https://www.healthline.com/health/armpit-pain
Diakses pada 17 Agustus 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/armpit-pain-4174284#citation-14
Diakses pada 17 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait