Pentingnya Memiliki Keteguhan Hati dalam Hidup


Memiliki keteguhan hati mendatangkan sejumlah manfaat dalam kehidupan Anda, mulai dari lebih mudah meraih tujuan hingga meningkatkan kesehatan mental maupun fisik.

0,0
13 Feb 2021|Rhandy Verizarie
keteguhan hatiKeteguhan hati diperlukan untuk bisa mencapai tujuan dengan lebih mudah
Kehidupan tidak pernah lepas dari cita-cita, tujuan hidup, pengambilan keputusan, hingga masa-masa sulit. Untuk melalui itu semua, diperlukan keteguhan hati yang kuat dari setiap individu.Apa itu keteguhan hati? Bagaimana cara memiliki hati yang teguh?

Apa itu keteguhan hati?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ‘keteguhan’ memiliki arti kekuatan atau ketetapan. Ini mengarah pada hati, iman, niat, dan sebagainya.Martin dan Marshall dalam Wehmeyer (2002) mendefinisikan keteguhan hati sebagai suatu kemampuan seseorang untuk menentukan hal yang menjadi tujuannya, sekaligus cara yang harus dilakukan untuk mencapainya.

Pentingnya memiliki keteguhan hati

Memiliki keteguhan hati tentu sangat penting dalam hidup Anda, mengingat hidup ini tak pernah lepas dari proses pengambilan keputusan. Bahkan, memiliki hati yang teguh juga bisa membantu Anda meraih kesuksesan dalam hidup. Terdapat sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila memiliki hati yang teguh, yaitu:

1. Lebih mudah meraih tujuan

Manfaat dari memiliki keteguhan hati yang pertama adalah membantu Anda mencapai tujuan dengan lebih mudah.Sebagai contoh, Anda berniat untuk menurunkan berat badan dalam 3 hari saja. Dengan tekad yang kuat dan konsisten, sangat mungkin bagi Anda untuk mewujudkan hal tersebut.Sebaliknya, tidak memiliki hati yang teguh untuk mencapai tujuan hanya akan membuat tujuan tersebut kemungkinan besar menjadi ‘mimpi’ belaka. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh American Psychology Association (APA) pada tahun 2011, 27 persen orang gagal mewujudkan keinginannya karena kurangnya tekad yang mereka miliki.

2. Lebih bisa mengontrol diri

Keteguhan hati juga menjadikan Anda pribadi yang lebih bisa mengontrol diri sendiri.Menurut penelitian yang dilakukan terhadap penyandang disabilitas, diketahui bahwa mereka berteguh hati lebih mampu mengontrol diri sendiri alih-alih meminta bantuan dari orang lain.Kontrol diri yang baik sangat diperlukan dalam kehidupan. Dengan begitu, Anda bisa menentukan langkah-langkah terbaik dalam mencapai tujuan maupun menyelesaikan suatu masalah. Tidak hanya itu, hal ini pun akan membuat Anda jadi lebih bisa menghargai diri sendiri.

3. Lebih sukses

Dilansir dari Vanderbilt University, sebuah penelitian pada tahun 2003 mengatakan jika manfaat memiliki hati yang teguh adalah untuk meningkatkan kesuksesan.Penelitian yang dilakukan terhadap anak-anak penyandang disabilitas menemukan fakta bahwa mereka yang memiliki keteguhan hati lebih sukses secara akademik ketimbang mereka yang tidak.

4. Meningkatkan kesehatan fisik dan mental

Dari sisi medis, manfaat memiliki keteguhan hati adalah dapat meningkatkan kesehatan fisik maupun mental.Melansir APA, Terrie Moffitt, PhD dari Duke University melakukan penelitian terhadap seribu orang. Individu-individu ini dipantau dari sejak mereka lahir hingga berusia 32 tahun.Hasil penelitian tersebut mengungkapkan jika individu dengan hati yang teguh—sehingga lebih bisa mengontrol diri—memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik ketimbang individu lainnya yang keteguhan hatinya kurang.

5. Terhindar dari kebiasaan-kebiasaan buruk

Keteguhan hati juga diperlukan agar Anda bisa berhenti atau menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti:
  • Merokok
  • Minum alkohol
  • Menggunakan obat-obatan terlarang
Masih dari penelitian yang sama, Moffitt dan timnya juga mengatakan bahwa seseorang yang hatinya teguh lebih tidak memiliki indikasi untuk melakukan tindak kejahatan.Mereka juga memiliki masa depan finansial yang lebih baik dan terjamin karena terbiasa untuk menabung secara konsisten.

6. Memiliki kualitas hidup yang tinggi

Penelitian lainnya juga menyebutkan jika orang-orang yang teguh hati sejak kecil memiliki kualitas hidup yang lebih tinggi ketika sudah dewasa.

Cara menguatkan keteguhan hati

Berikut tips atau cara supaya Anda bisa menjadi individu yang teguh hati.

1. Selesaikan rencana satu per satu 

Tidak masalah memiliki banyak tujuan dalam hidup. Namun, yang menjadi masalah adalah kalau Anda ingin mewujudkan semua tujuan tersebut secepat mungkin.Alih-alih tercapai, Anda kemungkinan akan terdistraksi, menjadi tidak fokus, sehingga membuat semuanya berantakan. Akibatnya, Anda malah kehilangan tekad untuk melanjutkan ‘perjuangan’.Oleh karena itu, sebaiknya selesaikan semua rencana Anda satu per satu. Nikmati segala proses yang Anda jalani untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan fokus akan kemajuan yang telah Anda buat.

2. Lakukan sesuatu yang bisa mengalihkan perhatian

Saat mencoba untuk teguh pada pendirian, ada saja hal-hal yang ‘menggoda’ sehingga berpotensi menghambat atau bahkan menggagalkan niat Anda.Guna menyiasati hal ini, Anda bisa melakukan sesuatu yang dapat mengalihkan perhatian dari godaan. Cara ini cukup efektif untuk menahan godaan sesaat tersebut.

3. Lakukan kebiasaan baru

Selain godaan, rasa stres juga kerap menggoyahkan diri Anda yang tengah meneguhkan hati untuk mencapai suatu tujuan.Pada saat-saat seperti ini, ada kemungkinan seseorang malah melakukan kebiasaan lama yang mana hal tersebut justru akan semakin menurunkan tekad dan motivasi.Agar terhindar dari hal ini, Anda bisa coba melakukan suatu kebiasaan baru yang masih satu ‘jalur’ dengan tujuan. Cara tersebut dapat membuat pikiran jadi lebih tenang, di samping mengusir rasa bosan.

4. Ikuti kata hati

Setiap orang punya tujuan dan caranya masing-masing dalam mewujudkan keinginannya, begitu juga dengan Anda.Oleh sebab itu, saat Anda memiliki suatu keinginan, ikuti kata hati Anda dalam menggapainya. Jangan memaksakan diri untuk mengikuti cara atau metode orang lain karena belum tentu ‘cocok’ dengan karakter Anda.Jadikan cara atau metode orang lain tersebut sebagai referensi. Sisanya, percayalah pada diri Anda sendiri. Selama Anda melakukannya sesuai dengan keinginan hati dan sudah dipertimbangkan dengan matang, Anda jadi bisa lebih teguh dalam melakukan apa yang ingin dilakukan.

Catatan dari SehatQ

Keteguhan hati bukanlah sesuatu yang bisa datang dengan sendirinya. Penelitian menunjukkan jika hati yang teguh ibarat otot. Artinya, hati yang teguh akan muncul seiring dengan waktu dan usaha yang terus Anda lakukan.Anda punya pertanyaan seputar kesehatan mental? Chat dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang juga di App Store dan Google Play.
kesehatan mentaltips kesehatanhidup sehat
American Psychology Association (APA). https://vkc.vumc.org/assets/files/resources/psiSelfdetermination.pdfDiakses pada 28 Januari 2021Hoagies’ Gifted. https://www.hoagiesgifted.org/eric/e632.htmlDiakses pada 28 Januari 2021KBBI Daring Kemendikbud. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/keteguhanDiakses pada 28 Januari 2021Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/good-thinking/201306/how-boost-your-willpower Diakses pada 28 Januari 2021Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/willpower-101-the-psychology-of-self-control-2795041 Diakses pada 28 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait