Ketahui Tanda-Tanda Psoriasis Kuku dan Cara Mengatasinya

Psoriasis kuku menyebabkan perubahan tekstur dan warna kuku
Psoriasis kuku awalnya ditandai dengan bercak putih atau kuning pada kuku

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak sel kulit. Akibatnya, sel kulit mati pun menumpuk sehingga kulit menjadi bersisik, gatal, kemerahan, meradang, dan menebal.

Psoriasis dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, termasuk kuku. Psoriasis kuku menyebabkan perubahan pada kuku tangan dan kuku kaki yang memengaruhi warna, permukaan, dan aspek lainnya. Menurut penelitian, 80% orang dengan artritis psoriatik (radang sendi pada pasien psoriasis) menderita psoriasis kuku.

Tanda-tanda psoriasis kuku

Dalam kasus yang jarang terjadi, kuku bisa menjadi satu-satunya bagian tubuh yang menunjukkan tanda-tanda psoriasis, padahal biasanya orang dengan psoriasis memiliki ruam di bagian tubuh lain. Adapun tanda-tanda psoriasis kuku, antara lain:

1. Lubang pada kuku

Lempeng kuku (permukaan keras yang membentuk atas kuku) terbuat dari sel keratin. Sayangnya, psoriasis kuku menyebabkan lempeng kuku kehilangan sel tersebut sehingga menghasilkan lubang kecil pada kuku. 

Jumlah lubang yang ada bervariasi antarindividu. Beberapa orang mungkin hanya memiliki satu lubang di setiap kuku, sedangkan yang lain memiliki puluhan lubang. Lubang juga bisa dangkal maupun dalam.

2. Penebalan kuku

Anda juga mungkin memerhatikan adanya perubahan pada tekstur kuku. Psoriasis kuku bisa menyebabkan terbentuknya garis beau, yaitu garis horizontal yang melintang pada kuku. 

Selain itu, kuku juga bisa menjadi lebih tebal karena infeksi jamur yang umum terjadi pada penderita psoriasis. Lemahnya struktur yang menyokong kuku juga bisa menyebabkan kuku hancur.

3. Terpisahnya kuku dari alas kuku

Terkadang kuku bisa terpisah dari alas kuku, yaitu kulit di bawah lempeng kuku sehingga meninggalkan ruang kosong di bawah kuku. Kondisi ini disebut dengan onikolisis. 

Jika Anda menderita psoriasis kuku, awalnya Anda mungkin melihat bercak putih atau kuning di ujung kuku. Kemudian, warna tersebut akan turun hingga ke kutikula. Bakteri pun bisa masuk ke ruang di bawah kuku dan menyebabkan infeksi sehingga seluruh kuku berubah warna menjadi gelap.

4. Perubahan warna kuku

Psoriasis kuku juga bisa menyebabkan warna kuku berubah. Anda mungkin melihat bercak kuning-merah di dasar kuku yang terlihat seperti setetes minyak. Selain itu, kuku juga bisa berubah warna menjadi kuning kecoklatan atau putih.

5. Kuku terasa tak nyaman atau nyeri

Zat kapur bisa terbentuk di bawah kuku sehingga menciptakan celah. Hal ini menyebabkan kuku terasa tidak nyaman atau sakit ketika ditekan atau saat mengenakan sepatu.

Tanda-tanda psoriasis kuku bisa bervariasi antarindividu. Selain itu, tanda-tanda tersebut juga dapat menunjukkan kondisi lain sehingga pemeriksaan ke dokter diperlukan untuk mengetahui penyebab yang sesungguhnya.

Pengobatan psoriasis kuku

Meski tak selalu menimbulkan rasa sakit, namun psoriasis kuku bisa membuat penderitanya malu karena tampilan kukunya tak enak dipandang. Adapun pengobatan untuk psoriasis kuku yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Obat topikal

Krim, salep, atau pernis kuku yang mengandung bahan berikut dapat membantu memperbaiki gejala pada kasus yang ringan:

Kombinasi bahan tersebut, seperti steroid dengan calcipotriol mungkin efektif untuk meredakan psoriasis kuku.

2. Obat oral

Jika psoriasis kuku menyebabkan Anda kesulitan berjalan atau menggunakan tangan, dokter mungkin akan meresepkan obat sistemik. Obat-obatan ini memengaruhi seluruh tubuh, bukan hanya pada area yang bergejala. Contoh obat ini, yaitu cyclosporine, retinoid, dan apremilast.

Sementara, obat biologik seperti adalimumab, etanercept, dan infliximab dapat meredam respon imun yang terlalu aktif yang menyebabkan psoriasis. Obat antijamur oral juga mungkin diresepkan untuk mengobati infeksi jamur karena psoriasis kuku.

3. Fototerapi

Fototerapi memaparkan area kulit yang terkena psoriasis dengan sinar UV dari matahari, alat fototerapi, atau laser. Cahaya pun akan memperlambat pertumbuhan sel kulit. Pada pengobatan psoriasis kuku, perawatan ini disebut PUVA.

4. Terapi laser

Terapi laser bekerja dengan menargetkan pembuluh darah di bawah kulit dengan seberkas cahaya, dan tampaknya bisa mengurangi keparahan psoriasis kuku. Jenis laser yang digunakan untuk kondisi ini, yaitu pulsed dye laser (PDL).

5. Pencabutan kuku yang terdampak

Jika perlu, dokter mungkin akan mencabut kuku yang terkena gejala psoriasis. Opsi untuk melakukan langkah ini, yaitu operasi, terapi sinar-X, atau menerapkan urea konsentrasi tinggi pada area tersebut. Akan tetapi, ketika tumbuh kembali kuku mungkin masih memiliki penampilan yang tak biasa.

Sementara, obat herbal yang menunjukkan manfaat bagi psoriasis kuku, yaitu indigo naturalis. Obat herbal ini berasal dari tanaman yang sama yang digunakan untuk membuat pewarna biru. Dalam sebuah penelitian kecil, ekstrak indigo naturalis dalam minyak bisa meredakan penebalan dan onikolisis kuku. Jangan lupa pula untuk selalu menjaga kebersihan kuku agar terhindar dari infeksi.

Healthline. https://www.healthline.com/health/nail-psoriasis#home-treatments
Diakses pada 03 Juni 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/314542#home-remedies
Diakses pada 03 Juni 2020

Artikel Terkait