Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Susah BAB Setelah Melahirkan

(0)
04 Aug 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Susah BAB setelah melahirkan umum terjadi pada wanitaSelama beberapa hari ibu bisa mengalami susah BAB setelah melahirkan
Apakah Anda susah BAB setelah melahirkan? Sebetulnya, tidak buang air besar beberapa hari setelah melahirkan merupakan hal yang normal. Apalagi mungkin terdapat kekhawatiran jika jahitan yang Anda miliki akan rusak atau robek ketika mengejan.Namun, apabila sembelit terjadi untuk waktu yang cukup lama, tentu tidak boleh diabaikan. Sebab kondisi ini bisa membuat ibu merasa tidak nyaman. Namun, terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Penyebab susah BAB setelah melahirkan

Anda bisa saja mengalami susah BAB, baik setelah melahirkan normal maupun melalui operasi caesar. Berikut beberapa penyebab yang bisa memicu terjadinya kondisi ini:
  • Kerusakan pada sfingter anal atau otot-otot dasar panggul karena proses persalinan
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan yang mungkin terjadi jika Anda muntah atau kehilangan darah
  • Perubahan hormon yang dimulai saat kehamilan dapat memperlambat fungsi usus
  • Mengonsumsi suplemen zat besi juga bisa menyebabkan susah BAB
  • Perut kosong saat menjelang persalinan
  • Mengalami enema atau buang air besar selama persalinan
  • Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dapat memperlambat saluran pencernaan
  • Nyeri pada perineum (area antara vagina dan anus) sehingga enggan untuk BAB
  • Masalah pada anus, seperti halnya luka atau wasir
  • Kurang mengonsumsi makanan berserat tinggi
  • Kurang bergerak bisa memperlambat saluran pencernaan
Pergerakan usus yang lambat bisa membuat BAB menjadi keras. Hal tersebut bisa melukai anus sehingga memicu pendarahan yang menyakitkan. Sebaiknya, janganlah menunda BAB karena dapat memperburuk sembelit. Namun, pastikan untuk tidak mengejan terlalu keras karena bisa memperlambat penyembuhan luka setelah melahirkan.

Cara mengatasi susah BAB setelah melahirkan

Sembelit kemungkinan akan sembuh dalam beberapa hari setelah melahirkan. Akan tetapi, guna mengatasi masalah susah BAB setelah melahirkan, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:
  • Minum air putih

Minumlah lebih banyak air putih sekitar 8-10 gelas setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, Anda juga dapat minum cairan hangat seperti teh herbal. Ini dapat membuat feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan.
  • Mengonsumsi makanan berserat 

Mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung serat, seperti wortel, asparagus, kentang, beras merah, kacang, kacangan, buah pepaya, dan mangga dapat membantu Anda lebih mudah buang air besar.
  • Berendam air hangat

Tak hanya menenangkan nyeri pasca persalinan, berendam air hangat juga dapat membantu mengatasi susah BAB. Anda dapat mencoba berendam kurang lebih 10 menit dalam bak air hangat.
  • Menggunakan pelunak feses

Pelunak feses mungkin direkomendasikan apabila Anda memiliki luka robek pasca-persalinan yang cukup parah, menderita wasir, mengonsumsi suplemen zat besi atau obat penghilang rasa sakit. Pelunak ini akan membuat feses menjadi lebih mudah dikeluarkan. Namun, berkonsultasilah pada dokter tentang penggunaannya.
  • Mengonsumsi obat pencahar

Mengonsumsi makanan yang dapat berperan sebagai obat pencahar alami, seperti prem (buah plum kering) juga dapat membantu mengatasi susah BAB setelah melahirkan. Akan tetapi, apabila Anda ingin mengonsumsi obat pencahar biasa, sebaiknya minta rekomendasi pada dokter.
  • Bergerak 

Lebih banyak bergerak dan melakukan olahraga ringan, seperti berjalan-jalan dapat membantu menggerakkan usus. Akan tetapi, jika Anda melakukan operasi caesar, pastikan mendapatkan izin dari dokter sebelum melakukannya.
  • Jangan mengabaikan rasa ingin BAB

Ketika timbul rasa ingin BAB, jangan mengabaikannya. Cobalah untuk rileks dan keluarkan agar feses tidak semakin menumpuk dan menjadi keras. Sembelit yang parah bisa menimbulkan gejala lain, seperti perut terasa keras, mual, dan feses berdarah.Apabila Anda tidak juga buang air besar selama 4 hari setelah melahirkan, segera temui dokter. Anda mungkin memerlukan obat pencahar yang lebih kuat untuk meredakan sembelit. Pastikan pula untuk berbicara pada dokter mengenai suplemen atau obat yang Anda konsumsi yang mungkin menyebabkan sembelit pasca-persalinan. Ini dapat membantu Anda untuk mengganti atau menghentikan pemakaian obat tersebut.
melahirkankehidupan pasca melahirkansembelitkonstipasi
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/postpartum-constipation#treatments
Diakses pada 22 Juli 2020
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/constipation-after-birth-284550
Diakses pada 22 Juli 2020
Baby Center. https://www.babycentre.co.uk/a1013427/constipation-after-having-a-baby
Diakses pada 22 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait