logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Ketahui Jam Makan yang Baik supaya Tubuh Senantiasa Sehat

5 Mei 2021

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Jam makan yang baik dapat membantu menjaga tubuh senantiasa sehat

Jam makan yang baik dapat membantu mengendalikan berat badan

Table of Content

  • Panduan jam makan yang baik
  • Catatan dari SehatQ

Selain asupan makanan, jam makan yang baik juga perlu Anda perhatikan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa waktu makan yang baik memainkan peran penting dalam mengendalikan berat badan dan menurunkan risiko obesitas.

Advertisement

Sebaliknya, makan di waktu yang tidak tepat berpotensi merugikan kesehatan dan meningkatkan risiko penyakit. Sayangnya, tidak semua orang tahu kapan waktu makan yang baik sehingga penting bagi Anda untuk memahaminya.

Baca Juga

  • Minyak Ikan Hiu, Adakah Manfaatnya?
  • Keracunan Nikotin, Apa Penyebab dan Gejalanya?
  • Nikmat dan Bernutrisi, Inilah 7 Makanan Sehat yang Jarang Diketahui

Panduan jam makan yang baik

Sebetulnya tidak ada ketentuan jam makan yang baik bagi setiap orang. Sebab, masing-masing individu memiliki kebiasaan dan pola makan yang berbeda. Namun, Anda dapat mengupayakan untuk memiliki jam makan yang teratur setiap harinya.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk makan 3 kali sehari dalam porsi makan yang wajar supaya tubuh mendapatkan cukup nutrisi.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda jadikan panduan dalam menentukan jam makan yang baik untuk Anda:

1. Sarapan dalam waktu 2 jam setelah bangun tidur

sarapan sehat
Sarapan dapat membantu meningkatkan energi

Sebagian orang kerap melewatkan sarapan meski waktu makan ini memiliki banyak manfaat. Sarapan dapat meningkatkan energi, mengendalikan nafsu makan, membuat Anda merasa kenyang, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta menurunkan berbagai risiko penyakit.

Waktu sarapan yang baik adalah sekitar pukul 7-9 pagi, atau dalam waktu 2 jam setelah bangun tidur. Semakin cepat Anda sarapan setelah bangun tidur, semakin baik dampaknya bagi metabolisme tubuh. 

Pada waktu sarapan yang baik ini, tubuh dapat menyerap nutrisi dengan lebih cepat dan lebih efektif. Pilihlah menu sarapan yang sehat dan bernutrisi, misalnya sereal gandum utuh, buah-buahan segar, telur rebus, roti gandum utuh, smoothie, atau yogurt.

Baca juga: Pentingnya Sarapan Pagi yang Sering Diremehkan

2. Makan siang dalam waktu 4-5 jam setelah sarapan

makan siang yang bergizi seimbang
Makan siang harus menyehatkan dan bergizi seimbang

Setelah mengetahui waktu sarapan yang baik, mari kita beralih ke waktu makan siang yang tepat. Makan siang sebaiknya dilakukan sekitar 4-5 jam setelah sarapan. Misalnya, jika Anda sarapan pukul 7, maka jam yang baik untuk makan siang adalah sekitar pukul 11-12 siang.

Namun, apabila Anda tidak bisa makan hingga jam 2 siang, makanlah camilan di antara dua waktu tersebut atau sekitar 3-4 jam setelah sarapan. Camilan dapat membantu Anda menunda rasa lapar. 

Pastikan Anda mengonsumsi menu makan siang yang sehat dan bergizi seimbang, tepatnya terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, dan buah-buahan. Selain itu, makanlah dengan porsi yang cukup.

3. Makan malam setidaknya 3 jam sebelum tidur

makan malam jangan mendekati waktu tidur
Makan malam jangan terlalu dekat dengan waktu tidur

Untuk makan malam, jam makan malam yang baik disarankan setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur. Misalnya, jika Anda tidur pukul 10 malam, maka jam makan yang tepat adalah sekitar pukul 7 di malam hari. 

Alasannya, makan mendekati waktu tidur dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga risiko Anda terkena diabetes pun meningkat.

Selain itu, makan dekat jam tidur dapat menyebabkan asam lambung naik saat mencerna makanan, terutama bila Anda cepat-cepat berbaring setelah makan. Berat badan pun bisa naik karena makan terlalu malam dapat meningkatkan lemak tubuh dan mengganggu ritme sirkadian tubuh.

Sebagian orang mungkin perlu ngemil di antara waktu makan siang dan makan malam. Jadi, konsumsilah camilan sehat setidaknya 3-4 jam setelah makan siang. Bukan hanya jam makan yang baik, asupan makan malam pun tidak boleh sembarangan. 

Di samping menerapkan pola makan yang sehat, pastikan Anda juga berolahraga secara teratur, minum cukup air putih, tidur dengan cukup, berhenti merokok, dan batasi konsumsi minuman beralkohol. Ini semua dapat membantu menjaga kesehatan dengan baik sehingga mencegah Anda terkena berbagai penyakit.

Baca juga: Mengenal Fakta Dibalik Rumor Jam Makan yang Bikin Gemuk

Catatan dari SehatQ

Meski tidak ada ketentuan khusus mengenai waktu makan yang baik, Anda tetap bisa menerapkan jam makan yang teratur setiap harinya. Hal ini baik untuk kesehatan tubuh dan membantu Anda terhindar dari masalah kesehatan.

Jika Anda ingin bertanya seputar mengatur jam makan yang baik, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

makanan sehatmakanan diethidup sehatpola hidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved