Ketahui Fakta Minuman Kolagen agar Anda Tak Asal Percaya

Membuat minuman kolagen bisa dilakukan dengan mencabur bubuk kolagen dengan air minum
Minuman kolagen bisa diolah dari campuran bubuk kolagen dan air

Sekarang Anda lebih sering melihat dan mendengar tentang produk-produk kolagen, terutama minuman kolagen. Apa popularitas ini muncul karena ada banyak selebritis yang mempromosikannya atau berkat khasiatnya yang sudah terbukti?

Minuman berkolagen dikatakan dapat membuat kulit lebih kencang, kenyal, dan halus. Intinya. minuman ini mempromosikan awet muda.

Tak sedikit juga orang yang mengonsumsi produk kolagen karena percaya dengan klaim tersebut. Mari ketahui fakta tentang minuman ini dengan lebih dalam.

Sekilas tentang kolagen 

Sekitar 75 persen kulit manusia terbentuk dari protein penting bernama kolagen. Berkat protein inilah, kulit Anda jadi terlihat lebih kencang dan kenyal.

Tak hanya memenuhi kulit, kolagen juga terdapat dalam tulang, otot, tendon, dan ligamen. Ibaratnya, kolagen merupakan sebuah lem yang menyatukan seluruh bagian tubuh.

Namun kehadiran kolagen tidak bertahan lama. Seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen dalam tubuh Anda akan makin menyusut. 

Selain karena usia, ada pula beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat kolagen makin tidak betah dalam tubuh Anda. Contohnya, mengonsumsi gula berlebihan, terlalu sering terpapar sinar matahari, dan merokok.

Manfaat minuman kolagen untuk kulit

Sedari dulu, peran kolagen untuk kecantikan kulit sudah terkenal. Misalnya, para perempuan yang mengonsumsinya dari kaki babi dan sirip ikan hiu sejak ribuan tahun silam demi terlihat awet muda.

Kini produk kolagen bisa ditemukan di mana saja, juga dimanfaatkan sebagai bahan makanan maupun minuman dengan berbagai klaim. Tapi seberapa efektifkah kolagen untuk kulit?

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa suplemen kolagen bisa membantu dalam memperbaiki kondisi kulit. Tapi sayangnya, penelitian-penelitian tersebut masih terbatas pada hewan.

Kolagen mungkin memberikan hasil yang positif pada hewan. Tapi efek yang sama belum tentu bisa didapatkan oleh manusia.

Penelitian-penelitian tersebut juga sering menggabungkan kolagen dengan bahan-bahan lain. Jadi belum diketahui secara pasti, apakah efek positif bekerja karena kolagen semata atau bahan tambahan lainnya.

Jikapun ada beberapa penelitian yang dilakukan pada manusia, sebagian besar riset ini atas dasar permintaan dari orang-orang yang kebetulan menjual suplemen kolagen tersebut. Hasilnya, tentu akan bersifat bias.

Kolagen tetap menjanjikan

Para pakar tetap melihat bahwa kolagen bisa menjanjikan untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Kolagen, termasuk minuman kolagen, adalah sumber protein yang sangat baik serta rendah sodium. Walaupun bukti mengenai manfaatnya untuk kulit masih belum kuat, kolagen diduga dapat berguna dalam membentuk otot serta mempercepat proses penyembuhan luka. 

Para pakar melakukan sebuah studi pada 53 orang pria lanjut usia dengan sarkopenia, yakni penurunan massa otot seiring bertambahnya usia.

Riset tersebut menunjukkan bahwa konsumsi suplemen kolagen tiap hari yang dibarengi rutin olahraga angkat beban, dapat membentuk otot secara signifikan daripada kelompok yang hanya melakukan latihan angkat beban.

Lebih lanjut, penelitian-penelitian lain melihat bahwa kolagen dalam bentuk suplemen maupun topikal (oles) dapat menyembuhkan luka dengan lebih cepat. Bahkan sama efektifinya dengan suture, yakni prosedur medis untuk menjahit luka. 

Tips awet muda tanpa suplemen atau minuman kolagen

Tidak ada salahnya jika Anda tetap ingin mencoba minuman kolagen untuk menjaga kesehatan kulit. Namun sebenarnya, ada cara-cara yang lebih efektif (dan murah) untuk membuat kulit Anda lebih segar dan awet muda.

Berikut sederet tips menjaga kesehatan kulit agar tetap tampak awet muda:

  • Gunakan tabir surya dengan perlindungan UVA yang tinggi

Penuaan kulit disebabkan oleh radikal bebas, yang bisa terbentuk akibat paparan sinar matahari terus-menerus. Lindungi kulit Anda dengan tabir surya yang memiliki perlindungan tinggi terhadap sinar ultraviolet A (UVA) agar tak cepat keriput.

  • Pilih krim wajah yang mengandung vitamin A

Krim wajah yang mengandung vitamin A, seperti retinol dan tretinoin, dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit Anda.

  • Jaga kulit tetap lembap

Kulit wajah yang kering tentu bisa membuat wajah terlihat lelah maupun kusam. Cara untuk memperbaikinya dapat dengan penggunaan serum dan pelembap.

Pilihlah serum dan pelembap yang mengandung gliserin atau asam hialuronat. Kedua zat ini memiliki efek yang mengenyalkan kulit.

Kolagen, termasuk minuman kolagen, belum terbukti dapat menjaga dan meningkatkan kondisi kulit. Sejauh ini, penelitian-penelitian yang dilakukan masih terbatas pada hewan, dan efek positifnya belum tentu sama pada manusia.

Jika Anda ingin memiliki kulit yang awet muda, mengoleskan tabir surya setiap keluar rumah, menggunakan krim dengan bahan-bahan tertentu yang baik untuk kulit, serta menjalani pola hidup sehat merupakan cara yang bisa lebih efektif ketimbang hanya mengonsumsi minuman kolagen.

Jangan tergiur dengan klaim minuman kolagen yang ada di pasaran, pastikan dulu apakah terdaftar di BPOM atau tidak.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter apabila membutukan suplemen kolagen. Dengan ini, konsumsi suplemen ini bisa lebih aman untuk kesehatan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/drinking-collagen
Diakses pada 18 Maret 2020

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/news/20191212/collagen-supplements-what-the-research-shows
Diakses pada 18 Maret 2020

Artikel Terkait