Waspadai Gagal Jantung! Ketahui Ciri Ciri Sakit Jantung

Sakit jantung mengakibatkan serangan jantung yang mampu merusak otot jantung
Gagal jantung adalah kondisi yang serius dan bisa mengancam nyawa

Sakit jantung bisa disebabkan oleh berbagai hal dengan ciri ciri sakit jantung yang berbeda pula. Secara umum pria lebih berisiko tinggi untuk mengalami sakit jantung. Jangan sepelekan sakit jantung karena bisa mengarah ke gagal jantung!

Ciri ciri sakit jantung terkadang tidak terasa dan dianggap remeh karena bukanlah sesuatu yang membuat Anda tersadar akan keberadaannya, hal ini yang justru meningkatkan bahaya dari sakit jantung.

[[artikel-terkait]]

Penyebab sakit jantung

Sakit jantung memiliki banyak penyebab. Penyebab sakit jantung yang umum diketahui adalah karena adanya penumpukan lemak pada pembuluh darah yang menyempitkan pembuluh darah dan menghalangi peredaran darah di jantung.

Penyebab tersebut adalah yang paling sering terjadi dan menjadi pelaku dari sakit jantung. Penyebab lainnya adalah karena infeksi jantung, seperti endokarditis atau kondisi saat virus, bakteri, parasit, ataupun zat kimia mengganggu otot jantung.

Otot jantung yang lemah karena penebalan atau pembesaran otot jantung (kardiomiopati), kerusakan katup jantung, detak jantung yang tidak beraturan (aritmia), serta cacat bawaan pada jantung juga bisa memicu munculnya sakit jantung.

Apakah ciri ciri sakit jantung berbeda antara pria dan wanita?

Pria maupun wanita memiliki kemungkinan untuk mengalami sakit jantung, tetapi organ jantung antara kedua jenis kelamin ini memiliki beberapa perbedaan.

Misalnya saja, pria memiliki ruang jantung yang lebih besar dengan sekat antar ruang jantung yang lebih tebal. Selain itu, pria juga memompa darah lebih lambat dari wanita, tetapi memompa 10 persen lebih banyak darah daripada wanita.

Saat pria sedang stres, pembuluh darah arteri dalam jantung menyempit dan memicu peningkatan tekanan darah. Pada wanita, stres membuat detak jantung meningkat dan menyebabkan jantung memompa lebih banyak darah.

Perbedaan-perbedaan inilah yang bisa berkontribusi dalam perbedaan ciri ciri sakit jantung yang dirasakan antara pria dan wanita.

Ciri ciri sakit jantung pada pria

Sejenak, ciri ciri sakit jantung antara pria dan wanita kurang lebih serupa, tetapi terdapat beberapa ciri ciri sakit jantung yang lebih rentan untuk dialami oleh pria daripada wanita.

Saat pria menderita sakit jantung karena masalah di pembuluh darah, maka pria akan lebih merasakan kelelahan, sesak napas, detak jantung yang tidak beraturan, sakit di dada, serta adanya perubahan di kaki dan tangan.

Perubahan di kaki dan tangan bisa meliputi adanya sensasi kesemutan, rasa sakit, kebas, pembengkakan, dan rasa dingin. Ciri ciri sakit jantung tersebut muncul karena kurangnya peredaran darah dan oksigen dalam tubuh.

Sementara ciri ciri sakit jantung yang dipicu oleh aritmia pada pria meliputi pusing atau pingsan, rasa sakit di bagian leher, rahang, dan tubuh bagian atas, kesulitan bernapas setelah aktivitas fisik yang ringan, serta detak jantung lebih cepat, lambat, atau tidak beraturan.

Selain itu, para pria juga bisa mengalami perasaan tidak nyaman atau diremas pada bagian dada yang berlangsung selama 30 menit sampai beberapa jam.

Infeksi yang mengakibatkan sakit jantung pada pria memicu ciri ciri sakit jantung berupa sesak napas, kelelahan, batuk kering yang terus-menerus, pembengkakan di perut atau paha, demam, ritme jantung yang berubah, dan ada ruam-ruam atau bercak di kulit.

Sakit jantung yang berujung gagal jantung

Sakit jantung mengakibatkan serangan jantung yang mampu merusak otot jantung dan menyebabkan gagal jantung pada pria. Gagal jantung adalah kondisi yang muncul saat jantung tidak dapat memompa darah yang cukup untuk tubuh.

Menyadari ciri ciri sakit jantung bisa menolong Anda untuk mencegah sakit jantung yang diderita menjadi gagal jantung yang berakibat fatal bagi masa depan Anda.

Pencegahan sakit jantung

Gagal jantung adalah kondisi yang serius dan bisa mengancam nyawa, karenanya sakit jantung sangat penting untuk dicegah sejak dini. Selalu memeriksa kesehatan untuk mengetahui apakah Anda mengalami penyakit lain, seperti kolesterol, hipertensi, dan sebagainya.

Pola makan yang sehat berupa menu makanan yang seimbang, rendah garam dan lemak, serta olahraga rutin selama setidaknya 30 menit sehari dapat menurunkan risiko menderita sakit jantung.

Tanggulangi stres dan menerapkan kebersihan diri yang baik penting untuk kesehatan jantung. Jangan merokok karena merokok bisa meningkatkan kemungkinan kerusakan jantung.

Jika Anda sudah merokok, sangat disarankan untuk segera menghentikan perilaku merokok yang dilakukan. Waktu merupakan teman terbaik Anda, karenanya segera terapkan pencegahan di atas untuk kesehatan jantung yang lebih baik.

Healthline. https://www.healthline.com/health/heart-disease/signs-men
Diakses pada 07 Juni 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/symptoms-causes/syc-20353118
Diakses pada 07 Juni 2019

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/heart-disease-men-vs-women-4126017
Diakses pada 07 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed