logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

9 Kecerdasan Majemuk yang Unik pada Setiap Anak

open-summary

Kecerdasan majemuk adalah kemampuan atau keterampilan untuk memecahkan masalah dan menghasilkan sesuatu melalui cara yang bermacam-macam. Jenis kecerdasan ini terbagi dalam beberapa ragam, mulai dari visual-spasial, linguistik-verbal, hingga moral.


close-summary

3.8

(15)

16 Mar 2022

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

cara mengembangkan jenis kecerdasan majemuk anak di sekolah

Anak cerdas bukanlah semata-mata pintar di bidang akademis saja, ada jenis kecerdasan lainnya

Table of Content

  • Apa itu kecerdasan majemuk?
  • 9 kecerdasan majemuk yang dapat dimiliki anak
  • Kritik terhadap teori kecerdasan majemuk
  • Bagaimana menyikapi jenis kecerdasan majemuk yang dimiliki anak?

Memiliki anak yang cerdas adalah keinginan setiap orangtua. Namun, tahukah Anda bahwa ada macam-macam kecerdasan majemuk yang berbeda pada anak?

Advertisement

Secara umum, kecerdasan majemuk terbagi dalam beberapa jenis, mulai dari kecerdasan visual-spasial, kecerdasan interpersonal, kecerdasan naturalis, kecerdasan verbal-linguistik, kecerdasan kinestetik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan logis matematis, kecerdasan moral, hingga kecerdasan musikal.

Mari kita pelajari lebih dalam mengenai macam-macam kecerdasan majemuk ini.

Apa itu kecerdasan majemuk?

Pengertian kecerdasan majemuk atau multiple intelligence adalah kemampuan atau keterampilan untuk memecahkan masalah dan menghasilkan sesuatu melalui cara yang bermacam-macam. Tolok ukur kecerdasan anak bukan hanya dari logika, melainkan bisa dari kemampuan lainnya.

Teori kecerdasan majemuk pertama kali dikemukakan oleh Howard Gardner dalam bukunya yang berjudul Frames of Mind: Theory of Multiple Intelligences pada tahun 1983. 

Dijelaskan bahwa setiap orang memiliki bermacam-macam kecerdasan. Namun, kadar satu kecerdasan dengan lainnya berbeda. Bagi Gardner, tidak ada anak yang bodoh atau pintar, tetapi yang ada adalah anak yang menonjol dalam satu atau beberapa kecerdasan.

Kecerdasan majemuk menurut Howard Gardner memberikan suatu persepsi yang berbeda mengenai bakat yang dimiliki setiap anak dan membuka wawasan baru mengenai jenis-jenis kecerdasan yang berbeda. Oleh sebab itu, kita perlu menghargai setiap keunikan anak.

9 kecerdasan majemuk yang dapat dimiliki anak

Setelah mengetahui apa itu kecerdasan majemuk, Anda juga harus memahami jenis-jenisnya yang mungkin dimiliki oleh si kecil. 

Anda mungkin ingat ketika masih sekolah dulu bahwa orangtua begitu bangga jika Anda berhasil menjadi ranking satu di kelas. Atau, mungkin Anda pernah dimarahi orangtua karena nilai matematika yang merah di rapor.

Kini, tingkat kecerdasan anak tidak semata-mata diukur dari angka-angka di rapor. Orangtua perlu jeli dalam melihat tipe kecerdasan anak. Coba telusuri 9 kecerdasan anak untuk memahami tipe mana yang dimiliki oleh si kecil.

1. Kecerdasan visual-spasial

Bermain puzzle adalah bentuk dari kecerdasan visual-spasial anak
Anak bermain puzzle menyenangkan

Gemar bermain puzzle dan pandai menggambar merupakan sejumlah tanda dari kecerdasan visual-spasial. Anak yang memiliki jenis kecerdasan majemuk ini memiliki kemampuan visualisasi yang sangat baik. 

Anak akan terlihat mudah untuk mengingat gambar, arah di peta, video, dan sebagainya. Ia juga lebih mudah untuk melihat suatu pola daripada teman-teman sebayanya. 

2. Kecerdasan interpersonal

Apakah anak Anda selalu berhasil membina hubungan baik dengan orang sekitarnya dan pintar dalam berbicara dengan teman-temannya? Bisa jadi anak Anda memiliki kecerdasan interpersonal.

Jenis kecerdasan majemuk yang satu ini ditandai dengan kemampuan anak untuk mengerti dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Pintar berbicara dan mampu menjaga hubungan baik adalah salah satu ciri khas dari jenis kecerdasan anak ini.

3. Kecerdasan naturalis

Anak yang senang menelusuri alam terbuka adalah bentuk dari kecerdasan naturalis
Anak bermain dengan hewan peliharaan

Tidak semua anak senang menjelajahi dan menelusuri alam terbuka beserta spesies-spesies di sekitarnya. Jika Anak Anda senang melakukan hal tersebut, mungkin ia memiliki kecerdasan naturalis. 

Kecerdasan naturalis merupakan jenis kecerdasan yang cukup unik. Anak yang memiliki jenis kecerdasan ini senang mengeksplorasi lingkungannya, beraktivitas di alam bebas, dan mudah dalam mengumpulkan serta mengategorikan informasi.

Di masa depan, anak dengan jenis kecerdasan naturalis berpotensi untuk menjadi seorang ahli biologi yang handal.

4. Kecerdasan linguistik-verbal

Menulis dan berbicara adalah dua hal yang digunakan untuk mengekspresikan diri. Dibutuhkan suatu kemampuan khusus untuk mampu merangkai kata-kata dalam bentuk lisan maupun tertulis.

Anak dengan kecerdasan linguistik-verbal memiliki kemampuan tersebut. Ia dapat menjelaskan suatu hal dengan baik dan mampu memberikan pidato yang menarik hati.

Kata-kata dan bahasa adalah senjata terkuat dari anak dengan kecerdasan ganda ini.

5. Kecerdasan kinestetik 

Anak yang atletis dan pandai menari adalah bentuk dari kecerdasan kinestetik
Anak menari balet dengan menggemaskan

Anak yang atletis dan pandai menari adalah salah satu indikasi dari jenis kecerdasan kinestetik. Anak yang mempunyai kecerdasan ini memiliki kemampuan fisik dan koordinasi yang baik. 

Olahragawan dan penari bukanlah satu-satunya profesi yang dapat dilakukan. Menjadi pemahat dan aktor juga adalah jenis pekerjaan yang nantinya bisa digeluti oleh anak dengan kecerdasan kinestetik.

6. Kecerdasan intrapersonal

Apakah anak Anda senang menganalisis ide-ide, diri sendiri, maupun hubungannya dengan orang lain? Hal tersebut merupakan salah satu ciri khas dari jenis kecerdasan intrapersonal.

Berbeda dengan kecerdasan interpersonal, jenis kecerdasan anak ini meliputi kemampuan untuk introspeksi dan refleksi diri. 

Anak menyadari apa yang terjadi dengan dirinya dan senang menganalisis berbagai ide dan teori. Anak dengan kecerdasan intrapersonal memiliki bakat untuk menjadi peneliti, filsuf, penulis, dan sebagainya.

7. Kecerdasan logika-matematika

Dari 9 jenis kecerdasan majemuk, kecerdasan logika-matematika anak termasuk salah satu jenis yang paling mudah terlihat. Pintar berhitung dan matematika adalah ciri khas dari jenis kecerdasan anak ini.

Selain itu, anak dengan kecerdasan logika-matematika umumnya tidak hanya senang berpikir mengenai konsep abstrak berupa angka, tetapi juga mengenai pola atau hubungan tertentu.

Tipe kecerdasan anak ini juga membantu anak untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah yang kompleks dengan baik.

8. Kecerdasan musikal

Anak senang bermain alat musik adalah bentuk dari Kecerdasan musikal
Anak bermain gitar ukulele

Kecerdasan musikal adalah salah satu jenis kecerdasan anak lainnya yang mudah untuk diamati. Bermain alat musik dan pandai bernyanyi merupakan tanda yang menonjol dari adanya jenis kecerdasan musikal pada anak.

9. Kecerdasan moral

Kecerdasan moral adalah bagaimana anak mulai dapat membedakan mana yang benar dan yang salah menggunakan sumber yang sudah dikumpulkan melalui emosi dan intelektualnya.

Melalui kecerdasan ini, sikap moral anak pun akan mulai berkembang bersamaan dengan pengalaman yang pernah ia rasakan setiap harinya.

Baca Juga

  • Ciri-ciri Kecerdasan Naturalis dan Cara Mengasahnya pada Anak
  • Jadwal Makan Anak 2 Tahun agar Kebutuhan Gizinya Terpenuhi
  • Cara Menanamkan Sikap Peduli terhadap Teman pada Anak dan Contohnya

Kritik terhadap teori kecerdasan majemuk

Dikutip dari Very Well Mind, teori kecerdasan majemuk milik Gardner sering kali mendapatkan kritik dari psikolog maupun pengajar (guru).

Berbagai kritik ini mengatakan bahwa definisi kecerdasan dari Gardner dianggap terlalu luas. Sementara itu, jenis-jenis yang ia sebutkan lewat teori kecerdasan majemuk hanya merepresentasikan talenta, kemampuan, dan ciri kepribadian seseorang saja. 

Meski begitu, teori multiple intelligence yang dibawa oleh Gardner tetap memiliki popularitas di tengah para guru. Banyak guru yang menggunakan teori ini di dalam filosofi mengajar mereka dan mengaplikasikannya di dalam kelas.

Ditambah lagi, mempelajari kecerdasan majemuk dipercaya bisa membantu anak-anak untuk memahami kelebihan mereka.

Bagaimana menyikapi jenis kecerdasan majemuk yang dimiliki anak?

Setiap anak adalah pribadi yang unik dan memiliki kecerdasan atau bakat yang berbeda-beda. Sebagai orangtua, Anda perlu menerima setiap bakat dan kecerdasan tersebut, serta membantu anak untuk dapat mencapai potensi terbesarnya.

Selain itu, kecerdasan majemuk adalah hal yang patut dikembangkan. Anda dapat memberikan anak berbagai macam materi dan jenis pengajaran untuk mendukung jenis kecerdasan anak, bukan hanya mendukung minatnya saja. 

Terlalu memaksa anak sesuai dengan keinginan orangtua bisa berdampak negatif kepada anak, seperti memicu gangguan kecemasan, depresi, meragukan diri sendiri, dan sebagainya. 

Sebaliknya, dukung anak sesuai dengan jenis kecerdasan yang dimiliki dan bidang yang diminati.

Sementara itu, jika Anda ingin bertanya seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang.

Advertisement

tips mendidik anakperkembangan anakaktivitas anak prasekolah

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved