Ketahui Anatomi Bagian-Bagian Mata Manusia dan Fungsinya


Bagian mata dan fungsinya perlu diketahui agar Anda bisa memahami anatomi mata. Anda mungkin hanya menyadari beberapa, seperti retina dan kornea. Padahal, ada beberapa bagian lainnya, seperti sklera, iris, dan sebagainya yang sama pentingnya.

0,0
04 Oct 2021|Anita Djie
Bagian mata dan fungsinya perlu ditelaah secara mendalam untuk menimbulkan kesadaran akan pentingnya organ mata bagi manusiaBagian mata dan fungsinya sering tidak disadari dan diremehkan oleh masyarakat, padahal organ mata adalah salah satu panca indera yang penting
Mata adalah organ vital yang sangat berperan dalam setiap aktivitas harian untuk melihat. Anda bisa mulai mengenali bagian-bagian mata dan fungsinya sehingga bisa memahami bagaimana cara kerja serta cara tepat menjaga kesehatan mata. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Bagian-bagian dan fungsi organ mata

Anatomi bagian-bagian mata
Anatomi dan bagian mata manusia
 Mengutip dari University of Michigan Health, organ tubuh seperti mata terhubung ke otak sehingga bisa menghasilkan apa yang Anda lihat.Jaringan yang menyusun organ mata pada manusia adalah jaringan saraf, epitel, dan ikat sehingga memberikan informasi visual untuk diteruskan ke otak.Sebagai salah satu bagian dalam anatomi tubuh manusia, berikut adalah paparan mengenai mata.

Bagian luar dan permukaan mata

1. Sklera

Perlu Anda ketahui bahwa dalam anatomi, mata berada di rongga tulang pelindung yang disebut sebagai orbit.Terdapat 6 otot ektraokular. pada orbit yang melekat pada mata. Otot inilah yang mengerakkan mata ke atas, bawah, dan berbagai sisi.Tak hanya itu saja, otot ekstraokular juga melekat pada bagian putih mata, yaitu sklera. Ini adalah lapisan jaringan yang menutupi hampir seluruh bola mata.

2. Konjungtiva

Permukaan dan bagian dalam kelopak mata ditutupi dengan selaput bening, yaitu konjungtiva.Fungsi utamanya adalah untuk menjaga permukaan depan mata dan bagian dalam kelopak tetap lembap. Maka dari itu, Anda jadi lebih mudah membuka dan menutup mata.Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk melindungi mata dari debu, kotoran, dan mikroorganisme lainnya penyebab infeksi mata.

Bagian depan mata

1. Kornea

Kornea adalah permukaan bening dan tipis yang berbentuk kubah di atas bagian iris serta menutupi bagian depan mata.Fungsi kornea adalah sebagai jendela pelindung yang memungkinkan cahaya masuk ke dalam mata sehingga membantu retina fokus. Kornea harus tetap jernih agar penglihatan Anda pun baik.

2. Aqueous humor

Di belakang kornea, mata memiliki cairan bening yang disebut sebagai aqueous humor yang membantu penyaluran nutrisi pada jaringan mata.Kurangnya cairan ini bisa meningkatkan tekanan dalam mata yang menimbulkan masalah pada mata, seperti glaukoma.

3. Iris

Iris biasanya dikenal sebagai bagian mata yang berfungsi memberikan warna pada mata, tetapi fungsi iris tidak hanya terbatas itu saja.Bagian iris mata terdiri dari otot-otot yang membantu pupil agar dapat membesar dan mengecil.Fungsi lainnya dari iris adalah mengatur seberapa banyak cahaya yang masuk ke mata dengan menyesuaikan ukuran pupil.

4. Pupil

Anatomi mata yang mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata adalah pupil. Anda dapat melihat pupil sebagai titik atau bulatan hitam di bagian tengah mata.Ukuran pupil diatur oleh iris yang akan membuatnya mengecil saat terpapar cahaya berlebih atau merasa silau.

5. Lensa

Lensa mata terdiri dari berbagai jaringan transparan yang fleksibel dan terletak di belakang iris dan pupil. Fungsi dari lensa mata adalah membantu menfokuskan cahaya dan gambar ke retina.Selain itu, lensa juga akan mengubah bentuk agar objek yang dilihat mata tetap fokus. Bagian mata ini akan menipis ketika melihat objek yang lebih jauh dan menebal ketika melihat objek yang dekat.

Bagian belakang mata

1. Vitreous

Vitreous adalah salah satu bagian mata yang jarang diketahui tetapi memiliki fungsi cukup penting.Strukturnyanya seperti jeli yang berperan mengisi lensa hingga dinding belakang bola mata untuk mempertahankan bentuk mata dan menahan retina agar tetap pada tempatnya.

2. Retina

Retina adalah bagian mata yang paling peka terhadap cahaya dan bayangan.Maka dari itu, fungsi retina yaitu memproses cahaya yang masuk ke mata sehingga menjadi sinyal elektrik untuk disalurkan ke otak melalui saraf optik.Struktur retina terdiri dari jaringan-jaringan sensitif terhadap cahaya yang berada pada permukaan bagian dalam mata.

3. Makula

Pada bagian tengah retina ada pula anatomi lainnya yang disebut sebagai makula. Ini adalah bagian yang memungkinkan Anda untuk melihat objek secara tajam, jelas, dan lurus ke depan.Untuk itu, makula juga bertanggung jawab atas semua penglihatan utama dan sebagian besar penglihatan yang melibatkan warna.

4. Saraf optik

Saraf optik terdiri dari jutaan serabut saraf yang mengirimkan pada bagian otak sehingga Anda bisa melihat dengan jelas. Ini akan dilakukan retina untuk mengirimkan cahaya sebagai impuls listrik melalui saraf optik ke otak.

Bagaimana cara kerja mata untuk melihat?

Keseluruhan bagian mata dan fungsinya membantu manusia untuk bisa melihat secara optimal.Proses penglihatan dimulai dari pantulan cahaya pada objek yang dilihat masuk ke dalam melalui kornea.Setelah itu, cahaya akan melewati aqueous humor dan masuk ke dalam pupil menuju ke lensa mata.Lensa mata akan mengubah bentuknya untuk menyesuaikan banyaknya cahaya yang masuk ke mata, serta membelokkan dan mengfokuskan cahaya tersebut ke retina melewati cairan vitreous.Saat cahaya mencapai retina, retina akan mengubah cahaya tersebut menjadi sinyal elektrik yang akan disalurkan ke otak melalui saraf optik.Sinyal elektrik yang sudah sampai di otak akan diterjemahkan oleh bagian otak yang bernama visual korteks.

Masalah atau gangguan penglihatan mata

Sebagian orang yang mengalami masalah mata dapat hilang dengan sendirinya atau mudah diobati. Namun, ada pula yang perlu perawatan jangka panjang.Berikut adalah beberapa jenis gangguan atau penyakit mata, di antaranya adalah:

1. Mata tegang

Mata tegang atau eyestrain adalah kondisi ketika Anda terlalu sering menggunakan mata tanpa jeda. Maka dari itu, mata akan terasa tegang hingga pusing kepala.

2. Mata merah

Ini adalah kondisi saat permukaan mata tertutupi pembuluh darah yang mengembang sehingga terjadi iritasi atau infeksi mata.selain itu, mata merah juga bisa menjadi gejala konjungtivitis.

3. Kesalahan mata

Kesalahan refraksi adalah masalah mata yang paling sering terjadi. Ini adalah kelainan yang mencakup miopia (rabun jauh), hyperopia (rabun dekat), astigmatisme (untuk semua jarak), dan presbiopia yang terjadi pada usia 40-50 tahun.

4. Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit yang dapat merusak saraf optik mata dan bisa mengakibatkan kehilangan penglihatan. Penyebabnya adalah karena adanya tekanan cairan di dalam mata dan perlahan naik.

5. Katarak

Katarak adalah kondisi ketika bagian lensa mata Anda menjadi keruh. Ini adalah peyebab utama kebutaan di seluruh dunia. Tak hanya orang tua, katarak bisa terjadi pada semua usia bahkan muncul sejak lahir.

Cara menjaga kesehatan mata

Mengetahui bagian mata dan fungsinya, serta proses penglihatan manusia tidak cukup untuk membantu menjaga kesehatan mata.Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata, seperti:

1. Melakukan pemeriksaan mata secara rutin

Pemeriksaan mata tidak hanya dilakukan saat terjadi gangguan di mata, tetapi seharusnya dilakukan secara rutin untuk memeriksa kesehatan anatomi mata dan fungsinya.Apabila Anda berusia 20 - 30 tahun, sebaiknya periksa bagian mata setiap 5 - 10 tahun. Sedangkan untuk usia 40 - 54 tahun, periksakan mata setiap 2 – 4 tahun.Ketika berusia 55 - 64 tahun, Anda perlu melakukan pemeriksaan mata setiap 1 - 3 tahun. Apabila Anda berusia 65 tahun ke atas, pemeriksaan mata harus dilakukan setiap 1 - 2 tahun.

2. Menerapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat dapat menjaga kesehatan tubuh dan mata. Salah satunya adalah dengan mengonsumi makanan yang tinggi omega-3 dan sayuran berdaun hijau, serta rutin berolahraga.Jangan lupa untuk tidur cukup secara teratur dan rutin menjaga asupan cairan setidaknya delapan gelas air per harinya.

3. Berhenti merokok

Merokok tidak hanya merugikan paru-paru, tetapi juga dapat merusak bagian-bagian mata dan fungsinya. Merokok dapat meningkatkan risiko terkena katarak dan merusak saraf optik di mata.

4. Istirahatkan mata

Saat bekerja menggunakan komputer atau laptop dalam jangka waktu yang lama, istirahatkan mata Anda setiap 20 menit sekali. Lalu, coba lihatlah benda yang berjarak sekitar 6 meter selama 20 detik.

5. Menjaga kebersihan lensa kontak

Jika Anda menggunakan lensa kontak untuk melihat, selalu cuci tangan Anda sebelum mengeluarkan atau memasang lensa kontak.Jangan lupa untuk membersihkan lensa kontak dan menggantinya secara teratur. Untuk menghindari infeksi, jangan tidur sambil menggunakan lensa kontak.

6. Hentikan mengucek mata

Mengucek mata mungkin adalah salah satu kebiasaan yang selalu Anda lakukan. Padahal, mengucek mata dapat merusak pembuluh darah di sekitar mata dan meningkatkan risiko menipisnya kornea atau keratokonus.Mengetahui anatomi mata sekaligus fungsinya dapat membantu Anda untuk lebih memahami kinerja dan pentingnya tiap bagian. Apabila Anda mengalami masalah atau gangguan mata tertentu, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Ingin tahu lebih banyak mengenai fungsi bagian mata? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.
kesehatan matapenyakit matahidup sehatanatomi manusia
AboutKidsHealth. https://www.aboutkidshealth.ca/Article?contentid=1941&language=English
Diakses pada 03 Oktober 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/eye-exam/about/pac-20384655
Diakses pada 03 Oktober 2019
NIH. https://www.nei.nih.gov/learn-about-eye-health/healthy-vision/keep-your-eyes-healthy
Diakses pada 03 Oktober 2019
Vision Aware. https://www.visionaware.org/info/your-eye-condition/eye-health/anatomy-of-the-eye/125
Diakses pada 03 Oktober 2019
Vision Eye Institute. https://visioneyeinstitute.com.au/eyematters/the-vitreous-humour/
Diakses pada 03 Oktober 2019
Washington Eye Physicians & Surgeons. https://www.washingtoneye.com/uncategorized/7-bad-habits-harm-vision/
Diakses pada 03 Oktober 2019
American Academy of Ophthalmology. https://www.aao.org/eye-health/anatomy/parts-of-eye. Diakses pada 4 Oktober 2021John Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/anatomy-of-the-eye. Diakses pada 4 Oktober 2021Kellogg Eye Center. https://www.umkelloggeye.org/conditions-treatments/anatomy-eye/. Diakses pada 4 Oktober 2021Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/conjunctiva-4773408. Diakses pada 4 Oktober 2021Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/macula-anatomy-function-and-significance-4771995. Diakses pada 4 Oktober 2021WEB MD. https://www.webmd.com/eye-health/common-eye-problems. Diakses pada 4 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait