logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

Ketahuan Selingkuh? Ini Cara Memperbaiki Hubungan dengan Pasangan

open-summary

Baik mengakui maupun ketahuan, perselingkuhan akan menimbulkan rasa sakit hati dan marah. Jika bisa jujur, terbuka, dan menepati janji, maka rumah tangga bisa diselamatkan.


close-summary

17 Nov 2020

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Cara memperbaiki hubungan setelah ketahuan selingkuh

Jujur dan bernjanji untuk tidak mengulangi lagi adalah langkah awal memperbaiki hubungan

Table of Content

  • Cara memperbaiki hubungan setelah selingkuh
  • Catatan dari SehatQ

Perselingkuhan tidak selalu berarti akhir segalanya, jika tahu betul cara memperbaiki hubungan. Baik mengakui maupun ketahuan, perselingkuhan akan menimbulkan rasa sakit hati dan marah. Jika bisa jujur, terbuka, dan menepati janji, maka rumah tangga bisa diselamatkan.

Advertisement

Namun tidak demikian halnya apabila selingkuh dilakukan dengan sengaja untuk mengakhiri sebuah hubungan. Pengkhianatan yang terjadi tanpa diikuti komitmen memperbaikinya mustahil menyelamatkan suatu hubungan.

Cara memperbaiki hubungan setelah selingkuh

seorang pria meminta maaf kepada pacarnya
Membangun kepercayaan setelah ketahuan selingkuh itu sulit

Sebelum mencoba berbagai cara memperbaiki hubungan setelah selingkuh, perlu diingat bahwa pengkhianatan akan membuat pernikahan atau hubungan asmara tak lagi seperti semula. Hati pasangan telah terluka setelah dibohongi, itulah mengapa membangun kepercayaan tidak akan mudah.

Beberapa cara memperbaiki hubungan setelah ketahuan selingkuh adalah:

1. Putus kontak

Meski terdengar sederhana, memutus kontak dengan selingkuhan adalah hal yang sulit. Jika tidak ada tekad kuat mengakhirinya, pengkhianatan bisa terus berulang. Cara termudah adalah memutus kontak lewat media apapun dengan selingkuhan.

2. Berhenti mencari alasan

Terkadang, pelaku membenarkan pengkhianatannya dengan berbagai alasan. Bahkan, tak jarang menuding pasangan sebagai pemicunya berselingkuh. Siklus ini tak akan berhenti.

Untuk memperbaiki hubungan, berhenti mencari alasan. Bagaimanapun juga, orang yang berselingkuh tetap bersalah karena secara sadar melakukan tindakan itu.

3. Minta maaf

Hal utama yang harus dilakukan setelah ketahuan berselingkuh adalah meminta maaf. Akui bahwa di antara banyak pilihan untuk tidak berselingkuh, yang dipilih justru sebaliknya. Dengan memohon maaf atas perselingkuhan yang dilakukan, bisa memberi ruang bagi pasangan untuk memaafkan.

Jangan menyalahkan pasangan karena justru mempersulit terbangunnya kepercayaan kembali. Salah langkah, pernikahan menjadi taruhannya.

4. Jujur

Antitesis dari perselingkuhan adalah kejujuran. Apabila ingin mencoba cara memperbaiki hubungan setelah selingkuh, pastikan untuk bertindak jujur ke depannya. Uraikan satu-persatu lapisan kebohongan yang selama ini menutupi perselingkuhan.

Keterbukaan dan komunikasi yang baik dengan pasangan akan memberi landasan kuat pada hubungan. Tak hanya itu, kejujuran akan mengurangi risiko terjadinya konflik. Pada titik balik hubungan ini, pastikan sudah sepakat dengan batasannya agar tak terulang lagi ke depannya.

5. Berikan jeda

Ketika pertama kali mengakui atau ketahuan berselingkuh, berikan jeda kepada pasangan untuk mencerna apa yang terjadi. Sangat mungkin pasangan bereaksi secara emosional. Jika reaksi ini muncul, tak perlu memaksakan untuk membahas masalah saat itu juga.

Biarkan pasangan mencerna apa yang terjadi dan lebih siap membahas masalah perselingkuhan ini. Setelah dirasa siap, baru cari waktu untuk mendiskusikannya bersama.

6. Cari bantuan profesional

psikolog sedang menangkan pasiennya
Minta bantuan konselor pernikahan

Apabila segala cara yang diupayakan untuk menyelesaikan masalah perselingkuhan tak kunjung menemui titik terang, bisa jadi sudah saatnya meminta bantuan profesional. Konselor pernikahan bisa memberikan sudut pandang dan pendapat berbeda dari posisi orang awam.

Apabila pasangan mengajak ke konselor pernikahan, jangan tolak tawarannya. Menolak justru memberi sinyal tidak serius menyelamatkan rumah tangga. Bantuan profesional seperti lewat terapi pasangan dapat membantu mengelola emosi sekaligus membenahi pola interaksi selama ini.

7. Memaafkan diri sendiri

Memang benar jika perselingkuhan bisa disebut sebagai hal yang tak termaafkan. Meski demikian, tetap beri ruang untuk memaafkan diri sendiri. Bukan berarti kembali merasa bebas yang berisiko terjebak dalam perselingkuhan lagi, namun lebih untuk menghilangkan beban rasa bersalah seumur hidup.

Baca Juga

  • Tahapan dan Fase Pernikahan dari Tahun ke Tahun yang Dialami Pasangan
  • 6 Tanda Friendzone Adalah Fase Hubungan yang Anda Jalani
  • 12 Tips Menjadi Single Parent yang Tangguh dalam Membesarkan Anak

Catatan dari SehatQ

Proses rekonsiliasi setelah terjadi perselingkuhan dalam sebuah rumah tangga bukan hal yang mudah. Perjalanannya pasti rumit dan kompleks. Dalam sebuah studi yang menganalisis bagaimana pasangan membangun kembali pernikahan setelah perselingkuhan, memaafkan diri sendiri adalah faktor krusial.

Faktor lain seperti dukungan sosial, kembali mengenal pasangan, serta konseling juga ikut berperan. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar hubungan rumah tangga setelah terjadi perselingkuhan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

perceraianmempertahankan pernikahanmenjalin hubungan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved