Keripik Pisang Bisa Jadi Alternatif Camilan Sehat, Begini Cara Membuatnya


Keripik pisang dapat menjadi camilan yang sehat apabila diolah dengan tepat. Cara membuat keripik pisang yang sehat yaitu mengolahnya dengan cara dikeringkan memakai air fryer atau dipanggang menggunakan oven.

(0)
Kandungan nutrisi yang ada dalam keripik pisang memang tidak sebesar buah yang tidak diolahKeripik pisang bisa menjadi alternatif yang lebih sehat dibandingkan keripik kentang
Keripik pisang merupakan camilan yang cocok dinikmati sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari. Sama seperti buah aslinya, ternyata ada sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi keripik pisang. Manfaat-manfaat tersebut tidak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Kandungan gizi dalam keripik pisang

Meskipun telah melalui beberapa proses pengolahan, keripik pisang ternyata masih mempunyai beberapa kandungan nutrisi di dalamnya. Namun, kandungan nutrisi ini tentunya jauh lebih kecil jika dibandingkan buah pisang yang tidak diolah.Berikut ini kandungan gizi yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi 1 cup (72 gram) keripik pisang menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA):
  • Kalori: 374 kalori
  • Protein: 16 gram
  • Karbohidrat: 42 gram
  • Serat: 5,5 gram
  • Gula: 25 gram
  • Total lemak: 25 gram
  • Lemak jenuh: 21 gram
  • Kalium: 8% dari jumlah harian yang dibutuhkan tubuh
  • Vitamin B6: 11% dari jumlah harian yang dibutuhkan tubuh
Meski mengandung beragam nutrisi, mengonsumsi keripik pisang secara berlebihan berpotensi memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda. Dampak buruk ini tidak lepas dari tingginya kandungan kalori, gula, dan lemak dalam keripik pisang.

Manfaat mengonsumsi keripik pisang

Kandungan nutrisi yang ada dalam keripik pisang memang tidak sebesar buah yang tidak diolah. Namun, masih ada sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi camilan satu ini. Jika Anda membuat keripik pisang sendiri, jumlah gula yang ditambahkan dapat disesuaikan dengan preferensi rasa dan kondisi kesehatan masing-masing orang.Keripik pisang bisa menjadi alternatif yang lebih sehat dibandingkan keripik kentang. Menurut data FDA, keripik pisang mempunyai lebih banyak kandungan serat. Kandungan serat dalam keripik kentang diketahui lebih dari 1 gram, sementara kentang hanya mengandung 0,6 gram serat.Meski jumlahnya terbilang kecil, kandungan serat keripik pisang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama setelah makan. Hal ini tentunya cocok bagi Anda yang hendak menurunkan berat badan. Sebuah studi menunjukkan, peningkatan asupan serat membuat penurunan berat  badan dalam diet kalori terbatas menjadi lebih berhasil.Selain itu, kandungan natrium dalam keripik pisang biasanya lebih rendah dibandingkan keripik lain. Ketika dipadukan dengan kandungan kalium di dalamnya, keripik pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.Namun, potensi manfaat tersebut bergantung pada bagaimana proses yang dilakukan untuk mengolah pisang menjadi keripik. Apabila diolah dengan cara digoreng, ditambahkan banyak gula maupun pemanis buatan lainnya, keripik pisang yang Anda makan kemungkinan tidak akan memberikan manfaat apa pun bagi kesehatan Anda.

Efek samping mengonsumsi keripik pisang

Dibanding manfaatnya, mengonsumsi keripik pisang secara berlebihan dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan Anda. Keripik pisang kemasan yang banyak dijual di pasaran biasa diolah dengan cara digoreng.Cara pengolahan tersebut membuat camilan satu ini punya kandungan lemak jenuh yang tinggi. Tingginya kandungan lemak jenuh dalam keripik pisang berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit jantungSelain itu, produsen keripik pisang kemasan biasa menambahkan pemanis seperti gula, sirup, atau madu dalam produk mereka. Hal tersebut membuat keripik pisang menjadi camilan yang tinggi kandungan gula. Mengonsumsi gula secara berlebihan berpotensi menimbulkan beragam masalah kesehatan serius.Bagi Anda yang memiliki alergi tertentu, mengonsumsi keripik pisang dapat memicu munculnya gejala-gejala seperti gatal di sekitar mulut, wajah, bibir, lidah, dan tenggorokan. Jika mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi keripik pisang, segera konsultasikan kondisi Anda dengan dokter untuk mendapatkan penanganan.

Cara mudah membuat keripik pisang yang sehat

Untuk menghindari risiko kesehatan yang ditimbulkan, Anda sebaiknya membuat keripik pisang sendiri di rumah. Dengan cara ini, Anda dapat mengontrol bahan-bahan yang digunakan untuk membuat keripik pisang.Agar kadar lemak dalam keripik pisang tetap rendah, olahlah dengan cara dipanggang atau dikeringkan. Untuk mengeringkan pisang, Anda bisa menggunakan air fryer. Sementara itu, oven menjadi pilihan tepat jika Anda ingin membuat keripik pisang dengan cara dipanggang.Berikut ini cara mudah membuat keripik pisang yang sehat menggunakan oven:
  1. Pilih pisang yang belum terlalu matang. Jika terlalu matang, empuknya tekstur pisang akan membuat bentuknya tidak beraturan ketika dipanggang.
  2. Iris tipis pisang menjadi berbentuk oval.
  3. Letakkan pisang yang telah diiris ke atas loyang. Jangan lupa untuk melapisi loyang dengan kertas roti sebelumnya.
  4. Supaya lebih sehat, Anda tidak perlu memberikan tambahan gula. Ganti dengan perasan jeruk lemon, bubuk kayu manis, atau rempah favorit Anda agar rasanya semakin nikmat.
  5. Panggang dengan suhu 200 derajat sekitar 1 jam
  6. Keluarkan loyang, balik irisan pisang. Masukkan kembali ke dalam oven dan panggang kembali selama 30 menit

Catatan dari SehatQ

Keripik pisang merupakan camilan yang memiliki manfaat, asalkan diolah dengan tepat. Jika melewati banyak proses seperti digoreng, diberi tambahan gula atau pemanis lainnya, keripik pisang lebih berpotensi memunculkan masalah kesehatan serius.Anda yang mempunyai alergi terhadap pisang disarankan untuk menghindari camilan satu ini. Jika Anda mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi keripik pisang, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai keripik pisang, manfaat, dan dampak buruknya bagi kesehatan Anda, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatmakanan dietcamilan sehatmakanan tidak sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/are-banana-chips-healthy
Diakses pada 3 November 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/banana-chip-nutrition-facts-and-health-benefits-4847168
Diakses pada 3 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait