Cara menghilangkan keringat berlebih dapat beragam mulai menjaga makanan hingga kurangi stres
Selain mengganggu penampilan, keringat berlebih juga dapat menimbulkan bau badan

Keringat berlebih pada wanita tentu membuat siapa saja tidak akan merasa nyaman menjalani aktivitas sehari-hari. Bagian ketiak yang basah, dan bau badan membuat wanita mana pun akan kehilangan kepercayaan diri. Untuk mengatasinya, cara mengatasi keringat berlebih berikut ini dapat Anda coba lakukan.

1. Batasi Makanan Pedas dan Kafein

Minuman berkafein, seperti kopi dan cola, serta makanan pedas, seperti cabai, dapat menyebabkan produksi keringat berlebih, terutama di wajah dan kepala Anda. Buatlah catatan tentang makanan dan minuman yang Anda konsumsi untuk membantu mengidentifikasi makanan atau minuman mana yang membuat Anda sangat berkeringat.

2. Mandi secara Teratur dan Merawat Tubuh

Mandilah setiap hari dan gunakan pembersih ringan saat mandi. Pada beberapa kesempatan, Anda mungkin merasa perlu mandi lebih dari sekali sehari. Jika bau badan mengganggu Anda, cobalah menggunakan sabun antibakteri untuk mengurangi jumlah bakteri di kulit.

Bakteri yang bercampur dengan keringat adalah penyebab munculnya bau badan. Pastikan untuk mengeringkan badan sepenuhnya karena bakteri dan kuman akan berkembang di area yang lembap.

3. Keringkan Badan

Jika Anda merasa kegerahan dan berkeringat di malam hari, ada banyak solusi yang bisa Anda lakukan. Salah satu cara ampuh mengatasi keringat berlebih pada wanita adalah dengan mengelap badan Anda dengan lap mandi yang dingin dan basah atau minum air es untuk meredakannya.

4. Pilih Pakaian yang Tepat

Pakaian yang longgar dan kain yang nyaman, seperti katun, membuat udara dapat bersirkulasi di sekitar kulit, yang memperlambat penumpukan uap air. Saat berolahraga, kenakan pakaian yang membuat Anda nyaman dan mencegah terjadinya keringat berlebih.

Sediakan baju ekstra agar Anda dapat menggantinya ketika keringat Anda menjadi berlebihan. Pakaian bermotif, hitam, atau putih juga paling efektif menyembunyikan noda keringat pada tubuh.

5. Mengurangi Stres

Hubungan antara stres dan keringat adalah lingkaran setan. Stres dapat menyebabkan Anda berkeringat, dan keringat berlebihan pada wanita dapat menyebabkan stres.

Teknik relaksasi, seperti yoga, meditasi, dan pernapasan dalam, dapat membantu mengendalikan pemicu stres Anda dan mengurangi kemungkinan tubuh berkeringat. Bergabunglah dengan kelas yoga atau sisihkan sedikit waktu setiap hari untuk bermeditasi.

6. Pilih Deodoran yang Tepat

Deodoran berbahan dasar aluminium bekerja dengan cara menghalangi saluran kelenjar keringat. Untuk gejala keringat ringan, Anda bisa menggunakan produk-produk deodoran yang tersedia di toko.

Oleskan lapisan tipis deodoran ke kulit yang telah kering sebelum tidur. Bahan aktif dapat mulai bekerja saat Anda tidur. Untuk gejala berkeringat yang berat, dokter Anda mungkin merekomendasikan antiperspirant atau deodoran dengan resep.

7. Lakukan Perawatan Kaki

Jika kaki berkeringat adalah masalah yang Anda alami, kenakanlah kaus kaki yang terbuat dari katun atau bahan yang menyerap kelembaban dari kulit, dan sering-seringlah mengganti kaus kaki. Pastikan sepatu juga benar-benar kering sebelum Anda memakainya lagi.

Menggunakan sepatu berbahan sintetis seperti kulit buatan juga dapat memperparah keringat yang keluar. Karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan sepatu yang berbahan alami, seperti kulit asli.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa mencoba berlari tanpa menggunakan alas kaki. Selain itu, Anda pun bisa menggunakan antiperspirant di kaki dan tangan Anda.

8. Tetap Jaga Kesejukan

Suhu yang lebih rendah di rumah dan di tempat kerja dapat membantu mengurangi keringat. Nyalakan kipas atau AC atau buka jendela untuk menjaga udara tetap bergerak. Minum banyak air dingin dan mandi atau berendam. Di musim panas, jauhi matahari dan lakukan aktivitas berat di pagi hari.

9. Senantiasa Menjaga Kesehatan

Obesitas, merokok, dan minum alkohol dapat menyebabkan produksi keringat meningkat cukup tajam. Jadi, jaga berat badan Anda, hindari kebiasaan merokok, dan batasi konsumsi alkohol berlebihan. Anda tidak hanya akan mengurangi keringat, tetapi Anda juga akan merasa lebih baik dan mengurangi risiko banyak penyakit.

10. Melindungi Kulit

Lipatan kulit yang basah rentan terhadap iritasi dan infeksi. Gunakan liner ketiak - bantalan kecil yang menempel pada pakaian - untuk menyerap keringat dan melindungi pakaian Anda. Ganti pakaian setiap hari serta cuci secara teratur. Serta pastikan untuk mengeringkan pakaian secara menyeluruh sebelum memakainya.

11. Perawatan oleh Dokter

Selain melakukan perawatan di rumah, Anda juga dapat mengunjungi dokter spesialis kulit untuk membantu mengurangi produksi keringat berlebih. Beberapa prosedur perawatan yang mungkin disarankan oleh dokter antara lain pemberian obat tertentu, menyuntikkan bahan tertentu di ketiak, hingga operasi.

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/dry-sweaty-skin/hyperhidrosis#treatment
diakses pada 8 November 2018

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-stop-sweating-tips
diakses pada 8 November 2018

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/182130.php
diakses pada 8 November 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed