Kerap Terdeteksi Saat Anak Berusia 3 Tahun, Apa Itu Tumor Wilms?

(0)
05 Oct 2020|Azelia Trifiana
Tumor Wilms adalah jenis kanker ginjal langka yang umumnya diderita anak-anakTumor Wilms biasa terdeteksi ketika anak berusia 3 tahun
Tumor Wilms adalah jenis kanker ginjal langka yang umumnya diderita anak-anak. Meskipun langka, tumor Wilms adalah jenis kanker ginjal paling umum terjadi pada anak-anak. Biasanya tumor Wilms terdeteksi ketika anak berusia 3 tahun.Tumor Wilms lebih jarang terjadi pada anak yang sudah berusia di atas 6 tahun, meski tak menutup kemungkinan terjadi pada orang dewasa pula. Lebih jauh lagi, sekitar 90% anak dengan tumor Wilms berhasil sembuh.

Gejala tumor Wilms

Sebagian besar kasus tumor Wilms terdeteksi ketika anak berusia 3-4 tahun. Gejalanya terlihat serupa seperti penyakit anak-anak pada umumnya sehingga perlu diagnosis akurat dari dokter.Beberapa gejala yang ditunjukkan anak dengan tumor Wilms adalah:
  • Konstipasi
  • Nyeri perut
  • Mual dan muntah
  • Tubuh terasa lesu
  • Hilang nafsu makan
  • Demam
  • Darah di urine
  • Tekanan darah tinggi
  • Nyeri dada
  • Kesulitan bernapas
  • Sakit kepala
  • Pertumbuhan tidak seimbang di satu sisi tubuh
Beberapa jenis kanker lebih banyak dialami anak-anak, salah satunya adalah tumor Wilms. Ini terjadi ketika sel abnormal dalam tubuh menjadi jauh lebih banyak tanpa terkendali.

Penyebab tumor Wilms

Belum dapat dipastikan apa penyebab pasti terjadinya tumor Wilms. Sejauh ini, belum ditemukan korelasi antara tumor Wilms dengan faktor lingkungan. Salah satu hal yang berperan menyebabkan tumor Wilms adalah faktor genetik.Hanya sekitar 1-2% anak dengan tumor Wilms memiliki saudara dengan kondisi yang sama. Jarang sekali tumor Wilms diturunkan dari orangtua ke anak mereka. Meski demikian, para peneliti meyakini ada faktor genetik tertentu yang membuat seorang anak lebih berisiko memiliki tumor Wilms.Sindrom genetik tertentu juga membuat anak berisiko mengalami tumor Wilms. Selain itu, anak yang terlahir dengan kecacatan juga berisiko mengalaminya, seperti aniridia, hemihypertrophy, cryptochidism, dan hypospadias.Selain itu, anak perempuan dari ras Afrika-Amerika lebih rentan mengalami tumor Wilms.

Diagnosis tumor Wilms

Apabila tumor Wilms diduga terkait dengan sindrom atau cacat lahir tertentu, maka dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan ultrasound secara berkala. Tujuannya untuk mendeteksi adanya tumor ginjal sebelum menyebar ke organ lain.Idealnya, anak dengan risiko mengalami tumor Wilms lebih tinggi harus menjalani pemeriksaan setiap 3-4 bulan sekali hingga usianya menginjak 8 tahun. Anak yang memiliki saudara dengan kondisi sama juga sebaiknya melakukan pemeriksaan berkala.Dokter akan melakukan pemeriksaan darah, urine, X-ray, atau CT scan. Setelah mendapatkan diagnosis pasti, dokter akan menentukan stadium tumor atau kanker karena berkaitan erat dengan penanganannya.Ada 5 stadium untuk tumor Wilms:
  • Stadium 1: tumor hanya menyerang salah satu ginjal dan bisa diangkat lewat prosedur operasi. Sebanyak 40-45% kasus tumor Wilms berada di stadium 1.
  • Stadium 2: tumor mulai menyebar ke jaringan dan pembuluh darah sekitar ginjal, namun masih bisa diangkat lewat operasi. Sebanyak 20% tumor Wilms berada di stadium 2.
  • Stadium 3: tumor tidak lagi bisa diangkat lewat operasi. Selain itu, beberapa kanker akan terus ada di rongga perut. Sekitar 20-25% kasus tumor Wilms berada di stadium 3.
  • Stadium 4: kanker telah menyebar hingga ke organ tubuh yang terletak jauh dari ginjal, seperti paru-paru, liver, bahkan otak. Sekitar 10% kasus tumor Wilms adalah stadium 4.
  • Stadium 5: tumor ada di kedua ginjal ketika diagnosis diambil. Sekitar 5% kasus tumor Wilms berada di stadium terparah ini.

Cara penanganan tumor Wilms

kemoterapi
Kemoterapi adalah salah satu cara perawatan tumor Wilms
Penanganan tumor Wilms biasanya melibatkan tim dokter spesialis yang terdiri dari dokter anak, bedah, urologi, dan onkologi. Mereka akan merumuskan langkah penanganan terbaik dengan beberapa opsi. Kemudian, tim dokter akan mendiskusikannya bersama keluarga.Jenis penanganan tumor Wilms yang paling umum adalah:Sebagian besar anak dengan tumor Wilms akan menjalani kombinasi prosedur medis tersebut. Tujuan utamanya adalah mengangkat tumor. Namun jika sudah terlalu besar atau menyebar ke organ tubuh lainnya, perlu dilakukan kemoterapi atau terapi radiasi untuk memperkecil ukurannya.Apabila tumor sudah menyebar ke organ tubuh yang terletak jauh (stadium 4), maka penanganan juga perlu lebih agresif. Ada kemungkinan efek samping kurang nyaman yang dialami anak ketika menjalani pengobatan. Untuk itu, penanganan lanjutan tak kalah pentingnya ketimbang prosedur medis yang diberikan.

Catatan dari SehatQ

Sekitar 90% anak dengan tumor Wilms bisa sembuh, bergantung pada stadium dan histologi tumornya. Tumor Wilms tak bisa dicegah. Itulah mengapa anak dengan faktor risiko tinggi sebaiknya melakukan pemeriksaan berkala agar deteksi dini bisa diwujudkan.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang tumor Wilms atau penyakit langka pada anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakittumorkemoterapi
Healthline. https://www.healthline.com/health/wilms-tumor
Diakses pada 20 September 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wilms-tumor/symptoms-causes/syc-20352655#:~:text=Wilms'%20tumor%20is%20the%20most,less%20common%20after%20age%205.
Diakses pada 20 September 2020
American Cancer Society. https://www.cancer.org/cancer/wilms-tumor/about/what-is-wilms-tumor.html
Diakses pada 20 September 2020
Rare Disease Information. https://rarediseases.org/rare-diseases/wilms-tumor/#:~:text=Wilms'%20tumor%20affects%20approximately%201,also%20at%20a%20higher%20risk.
Diakses pada 20 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait