Kerap Dianggap Lebih Aman, Magic Mushroom Bisa Berdampak Lebih Fatal dari LSD

(0)
18 Aug 2020|Azelia Trifiana
Magic mushroom dapat menimbulkan efek halusinasiMagic mushroom adalah jamur yang dapat membuat sensasi fly
Jika ada jamur yang bisa membuat orang yang mengonsumsinya merasakan halusinasi, magic mushroom adalah tersangka utamanya. Magic mushroom adalah jamur liar yang mengandung psilocybin, zat psikoaktif dan halusinogenik yang terbentuk secara alami. Psilocybin termasuk salah satu zat psikedelik yang paling populer.Bahkan, psilocybin termasuk dalam golongan zat yang rentan disalahgunakan. Hingga kini penggunaannya pun belum diterima secara medis di beberapa negara seperti Amerika Serikat.

Mengenal ciri-ciri magic mushroom

Magic mushroom terlihat seperti jamur kering biasa dengan tangkai panjang dan ramping. Warnanya di bagian atas adalah cokelat tua dengan bintik putih atau cokelat muda di bagian tengahnya.Orang bisa mengonsumsi magic mushroom dengan berbagai cara, mulai dari mengolah jamur mentah, dicampur dalam masakan, diseduh dalam teh, hingga olahan camilan seperti cookies.Tak hanya itu, magic mushroom juga bisa dicampur dengan ganja kemudian dihisap seperti rokok. Selain itu, zat psilocybin juga bisa diolah menjadi bentuk cairan berwarna bening kecokelatan.

Bagaimana cara kerjanya?

Sebagai obat yang menyebabkan halusinasi, magic mushroom membuat seseorang melihat, mendengar, dan merasakan sensasi yang begitu nyata. Lebih jauh lagi, efek dari magic mushroom bisa berbeda pada tiap orang dan sangat dipengaruhi faktor lingkungan.Tak hanya itu, beberapa faktor juga berperan dalam dampak konsumsi magic mushroom pada seseorang. Mulai dari usia, berat badan, mood, sifat, dosis, dan juga riwayat masalah kesehatan mental.Sejak dulu, magic mushroom kerap digunakan untuk eksperimen spiritual karena menurut penggunanya mereka merasa berada di titik spiritual lebih tinggi. Selain itu, ada juga orang yang menggunakan magic mushroom untuk merasakan euforia, koneksi, hingga sensasi bias akan waktu.Cara kerja magic mushroom saat masuk ke tubuh adalah mengubah psilocybin menjadi psilocin. Kandungan ini dapat memengaruhi level serotonin dalam otak sehingga muncul persepsi yang tidak biasa.Efek dari magic mushroom bisa muncul dalam waktu 20-40 menit setelah dikonsumsi dan bertahan hingga 6 jam kemudian. Ini adalah rentang waktu yang sama bagi tubuh untuk mengolah dan membuang psilocin.  

Efek samping magic mushroom

Seluruh obat halusinogenik berisiko menciptakan masalah mental dan emosi, bahkan dapat memicu kecelakaan apabila dikonsumsi saat sedang beraktivitas yang perlu fokus tinggi. Lebih berbahayanya lagi, banyak pengguna magic mushroom mencampurkannya dengan obat-obatan terlarang atau alkohol sehingga risikonya kian signifikan.Tidak ada yang tahu berapa kadar psilocybin dalam tiap magic mushroom yang dikonsumsi. Kandungan psikoaktif ini bisa berbeda-beda di tiap jamur yang dikonsumsi. Artinya, sulit juga menilai seberapa besar intensitas dampak yang akan dirasakan penggunanya.Jika dampaknya tidak terlalu signifikan, pengguna magic mushroom akan merasa rileks hingga ketakutan. Halusinasi, delusi, dan rasa panik pasti muncul. Lebih buruk lagi, konsumsi magic mushroom juga bisa menyebabkan kejang.Beberapa efek samping lain dari konsumsi magic mushroom adalah:
  • Merasa sangat mengantuk
  • Sakit kepala
  • Detak jantung dan tekanan darah meningkat
  • Kesulitan koordinasi
  • Otot lemah
  • Mual
  • Kehilangan fokus pada tempat, waktu, dan realita
  • Euforia
  • Halusinasi
  • Pengalaman spiritual
  • Panik
  • Tegang
  • Paranoia
Dalam jangka panjang, ada penelitian yang menyebut magic mushroom menyebabkan perubahan sifat seseorang. Siklus tidur dan makan pun bisa berubah. Selain itu, magic mushroom juga bisa menyebabkan sakit parah, kerusakan organ, hingga kematian.

Efek berbahaya magic mushroom

Banyak fakta seputar magic mushroom yang menyebutnya sebagai cara aman untuk mendapatkan sensasi halusinasi. Padahal, magic mushroom sama-sama memiliki efek tak terduga seperti halnya obat-obatan terlarang lainnya.Bahkan, tak sedikit pengguna magic mushroom yang merasakan halusinasi intens dan menakutkan dibandingkan saat mengonsumsi LSD.Lebih menyeramkannya lagi, semakin terbiasa seseorang mengonsumsi magic mushroom, akan terbangun toleransi dari tubuhnya. Artinya, perlu dosis lebih tinggi untuk bisa mencapai efek serupa.

Catatan dari SehatQ

Individu dengan riwayat medis skizofrenia dalam keluarganya atau pernah mengalami masalah kesehatan mental juga berisiko lebih tinggi mengalami efek samping dari magic mushroom.Padahal, mengonsumsi magic mushroom dalam jumlah banyak dapat menyebabkan overdosis. Ketika seseorang berupaya meninggalkan kebiasaan mengonsumsi magic mushroom, bisa muncul gejala psikologis seperti depresi.
obat penenanghalusinasihidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/what-are-magic-mushrooms-22085
Diakses pada 3 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/308850
Diakses pada 3 Agustus 2020
Alcohol and Drug Foundation. https://adf.org.au/drug-facts/psilocybin/
Diakses pada 3 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait