logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Mental

Kepribadian ESTP adalah Pembawa Suasana yang Menyenangkan, Ini Cirinya

open-summary

Kepribadian ESTP adalah pembawa suasana yang mampu berpikir dan bertindak dengan cepat. Kenali karakteristik pemilik kepribadian ini di sini.


close-summary

16 Mar 2022

| Ade Irawan

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

kepribadian estp

Table of Content

  • Karakteristik Kepribadian ESTP
  • Karier yang cocok untuk kepribadian ESTP
  • Catatan dari SehatQ

ESTP adalah satu dari 16 tipe kepribadian MBTI alias Myers-Briggs Type Indicator. Cara mengenali pemilik kepribadian ini cukup mudah.

Advertisement

Cobalah lihat sosok yang mampu menghidupkan suasana di berbagai acara, misalnya saat pesta ulang tahun atau sekadar berkumpul bersama teman-teman. Biasanya, pembawa suasana tersebut memiliki tipe kepribadian ESTP.

Umumnya, pemilik kepribadian ESTP–atau biasa disebut juga Entrepreneur–adalah sosok yang enerjik. Di mana pun ia berada, ia akan menjadi pusat perhatian karena energi dan pembawaannya yang menyenangkan.

Penasaran ciri-ciri lain pemilik kepribadian ini? SehatQ akan mengulas tuntas di artikel berikut.

Karakteristik Kepribadian ESTP

ESTP adalah kependekan dari extrovert, sensing, thinking, dan prospecting. Karena memiliki karakteristik ekstrover, maka tak heran jika sosok ini gemar bersosialisasi atau bertemu orang lain. Pasalnya, bersosialisasi adalah caranya mengisi “baterai” tubuhnya.

Kepribadian ini merupakan salah satu tipe kepribadian yang umum ditemui. Jumlahnya sekitar 4-10% dari total populasi dunia.

Ada sejumlah public figure yang diketahui memiliki tipe kepribadian ESTP. Misalnya saja, novelis legendari Ernest Hemingway, penyanyi Madonna, dan aktor Bruce Willis.

Seperti apa ciri-ciri pemilik kepribadian Entrepreneur ini? Berikut ini adalah karakteristik utama kepribadian ESTP:

 

1. Mudah bersosialisasi

 

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, kepribadian ESTP adalah sosok yang mampu membawa suasana menyenangkan dalam satu acara atau perkumpulan. Hal ini dikarenakan mereka umumnya memiliki selera humor yang baik dan dapat berteman dengan siapa saja.

Apalagi, mereka juga sangat jeli dengan orang-orang di sekitar. Mereka bisa menyadari hal-hal yang detail hingga perubahan kecil yang terjadi pada setiap orang, misalnya ekspresi. Inilah yang membuat pemilik kepribadian ESTP dapat membaca orang dengan baik.

Kemampuan bersosialisasi pemilik kepribadian ESTP ini umumnya juga diimbangi dengan kemampuan persuasif atau memengaruhi yang baik pula. 

 

2. Berkepribadian mencolok

 

Ciri utama ESTP lainnya adalah memiliki kepribadian yang penuh energi atau semangat. Hal inilah yang membuat mereka terlihat begitu “hidup” dan mencolok.

Dikarenakan kepribadiannya yang berapi-api, mereka tidak akan ragu untuk menembus batas, mengambil risiko, dan mengeksplor hal-hal baru untuk mencapai mimpi. Tidak heran, jika pada akhirnya mereka berhasil menggapai apa yang diinginkan.

 

3. Kurang sabar

 

Sosok ini cenderung berpikir dan bertindak dengan cepat. Ketika mengalami masalah, mereka akan segera mencari fakta dan solusi untuk mengatasinya.

Hal ini tentu menjadi kekuatan tersendiri. Namun, karakteristik ESTP yang satu ini juga memiliki sisi negatif.

Karena senang melakukan segala hal dengan cepat, mereka akan kesulitan saat harus menghabiskan waktu terlalu panjang untuk fokus pada satu hal. Mereka pun cenderung tidak sabaran ketika harus bekerja bersama orang dengan ritme kerja yang lambat.

 

4. Cenderung mengambil keputusan berisiko

 

Melihat karakternya yang bertindak serba cepat, tentu saja orang dengan kepribadian ESTP bukanlah seorang perencana yang baik. Mereka seringkali bersikap impulsif dalam mengambil keputusan atau tindakan.

Mereka cenderung langsung mengambil tindakan tanpa memikirkan konsekuensi jangka panjangnya. Hal ini tentu sangat berisiko karena bisa menyebabkan berbagai permasalahan di masa depan.

 

5. Rasional dan praktis

 

Meski seringkali terkesan terburu-buru, sebenarnya mereka juga mampu mencerna informasi yang didapat dengan cepat. Nah, dibanding teori atau konsep abstrak, mereka lebih menyukai dan mencari informasi yang jelas.

Dengan begitu, mereka bisa berpikir rasional dan mengambil tindakan berdasarkan informasi yang didapat. Informasi tersebut juga sering mereka gunakan untuk berimprovisasi dalam menghadapi berbagai tantangan.

Karena mampu berpikir rasional dan cepat serta bersikap praktis, biasanya mereka juga dapat mengatasi situasi darurat dengan sangat baik. 

 

5. Tegas dan apa adanya

 

Pemilik kepribadian ESTP lebih suka berkomunikasi dengan jelas. Bagi seorang ESTP, sangatlah penting suatu hal tersampaikan dengan baik dan benar. 

Jadi, mereka akan menyampaikan pertanyaan dan pernyataan dengan tegas dan apa adanya. Inilah yang membuat terkenal blak-blakan. Hal tersebut didukung pula dengan kecenderungan sosok ESTP yang lebih mengutamakan fakta dibanding perasaan.

Karena suka berbicara apa adanya, seringkali mereka terlihat kurang sensitif dengan perasaan lawan bicaranya.

 

6. Mudah bosan dan susah komitmen

 

Seseorang dengan kepribadian ESTP mudah bosan. Itu sebabnya, mereka akan kesulitan menghadapi hal-hal berulang. 

Sosok ini akan selalu mencari hal baru yang menarik, menyenangkan, dan mampu menstimulasi mereka. Karena cenderung mudah bosan dan kurang sabar, berkomitmen pada satu hal akan menjadi tantangan tersendiri buat sosok dengan kepribadian ini.

Baca juga: Waktu melakukan Psikotes Kepribadian

Karier yang cocok untuk kepribadian ESTP

Pemilik kepribadian ESTP MBTI adalah sosok yang penuh semangat, apalagi jika mereka dikelilingi orang lain. Mereka pun memiliki kemampuan bersosialisasi yang sangat baik. Itu sebabnya, sosok ini cocok dengan pekerjaan yang melibatkan banyak orang.

Tidak hanya itu, kemampuan persuasif orang dengan kepribadian ini pun juga baik. Nah, karena keunggulan tersebut, bekerja di bidang sales dan marketing bisa menjadi pilihan.

Sosok ESTP juga cepat bertindak dan responsif. Ditambah lagi, mereka juga bisa menyerap informasi dengan cepat. Oleh karena itu, pekerjaan sebagai paramedis dan polisi juga cocok dipilih oleh pemilik kepribadian ini.

Karakter lain ESTP adalah mereka sangat tidak menyukai rutinitas dan pekerjaan yang monoton. Pekerjaan dengan ritme cepat juga menjadi pilihan ideal untuk mereka. Contoh karier lainnya yang cocok untuk tipe kepribadian ESTP antara lain:

  • Detektif
  • Reporter
  • Chef
  • Pengusaha
  • Pilot
  • Fotografer

Catatan dari SehatQ

Kepribadian ESTP dianggap sebagai sosok yang mampu membuat suasana menjadi hidup. Sosok ini juga mampu berpikir dan bertindak dengan cepat, sehingga cocok mengatasi kondisi darurat.

Agar keputusan dan tindakan yang diambil lebih efektif, pemilik kepribadian ESTP sebaiknya memikirkan konsekuensi dan risikonya terlebih dahulu.

Advertisement

kesehatan mental

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 24 Jam

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved