Ini Penyebab Kepala Bergetar Terus-menerus Terjadi


Kepala bergetar bisa disebabkan oleh tremor esensial, penyakit Parkinson dan stroke. Sehingga untuk mengetahuinya lebih jelas, perlu dilakukan pemeriksaan secara rinci.

(0)
01 May 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kepala bergetar atau tremor kepala bisa menandakan tremor esensialKepala bergetar terus menerus bisa disebabkan oleh tremor esensial
Getaran di tubuh disebut sebagai tremor. Seringkali, kondisi ini dikaitkan dengan penyakit Parkinson dan menyerang tangan. Namun, tremor juga bisa terjadi di kepala. Saat kepala bergetar, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkannya, mulai dari tremor esensial hingga penggunaan obat-obatan.Kondisi kepala bergetar terus-menerus sebenarnya tidak berbahaya. Meski begitu, tak bisa dipungkiri keadaan ini bisa mengganggu kehidupan sehari-hari dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Namun jangan khawatir, kepala bergetar adalah kondisi yang masih mungkin diatasi.

Tremor esensial, penyebab kepala sering bergetar

Kepala bergetar seringkali disebabkan oleh tremor esensial. Tremor esensial adalah gangguan saraf pada saraf di otak yang menyebabkan getaran di kepala terjadi secara acak tanpa bisa dikontrol.Tremor esensial juga bisa terjadi pada kotak suara, tangan, lidah, dan dagu. Melansir International Essential Tremor Foundation, sekitar sekitar 35 persen pasien yang mengalami tremor kepala juga mengalami tremor pada tangan. Tremor jenis ini jarang terjadi di anggota tubuh bagian bawah.Lebih dari setengah kasus tremor esensial disebabkan oleh mutasi genetik. Maka, kondisi ini sering juga disebut sebagai familial tremor atau tremor yang menurun di keluarga. Hingga saat ini belum diketahui lebih jauh penyebab esensial tremor selain faktor genetik.

Penyebab kepala bergetar lainnya

Selain tremor esensial, beberapa kondisi di bawah ini juga diyakini bisa menjadi penyebab kepala sering bergetar:Penghentian konsumsi obat-obatan yang sudah lama digunakan juga bisa menyebabkan kepala bergetar. Paling sering, kondisi ini muncul setelah seseorang berhenti mengonsumsi obat antidepresan, seperti:Selain antidepresan, beberapa kasus kepala terasa bergetar juga dilaporkan pada penghentian penggunaan alprazolam, garam amfetamin dan ekstasi.

Perawatan untuk kepala bergetar akibat tremor esensial

Selama tidak mengganggu kegiatan sehari-hari, tremor esensial dianggap tidak berbahaya. Namun apabila sudah cukup parah dan mengganggu, misalnya saatAnda sedang makan atau melakukan aktivitas lain, ebaiknya, segera berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan perawatan.Sebagai penyebab kepala bergetar, ada beberapa cara perawatan yang mungkin dokter saranan untuk bantu mengurangi frekuensi tremor esensial. Di antaranya adalah:

1. Konsumsi obat-obatan

Beberapa jenis obat dianggap efektif untuk redakan tremor esensial, seperti:Untuk tremor yang terjadi di kepala, suntik botox juga dinilai cukup efektif untuk mengurangi frekuensi munculnya getaran pada kepala.

2. Operasi

Apabila tremor yang dialami sudah cukup parah, maka perawatan dengan operasi bisa menjadi pilihan. Saat operasi, dokter dapat memasang alat khusus yang akan terhubung ke bagian otak, yang mengatur kerja otot.

3. Terapi MRI

Terapi menggunakan MRI-guided Focused High Intensity Ultrasound akan menyasar bagian otak yang mengatur kerja otot untuk diperbaiki.Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi bahan yang dapat memicu tremor, seperti alkohol dan kafein. Bererapa orang pun merasa kondisi tremornya mereda setelah melakukan langkah-langkah untuk meredakan stres.Apabila kondisi kepala bergetar yang Anda alami tidak terlalu parah dan belum sampai mengganggu kegiatan sehari-hari, maka perawatan yang biasanya berupa observasi secara berkala.

Kapan harus periksa ke dokter jika kepala terasa bergetar?

Jika kepala yang bergetar terus-menerus sudah membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu kegiatan sehari-hari, segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan mencari penyebab pasti kondisi yang Anda alami.Untuk menegakkan diagnosis tremor pada kepala, dokter dapat menginstruksikan Anda untuk menjalani pemeriksaan CT Scan atau MRI. Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat tanda-tanda kelainan seperti stroke, tumor, atau multiple sclerosis di dalam kepala.Jenis pemeriksaan khusus bernama DaTScan juga dapat dilakukan untuk membedakan getaran yang Anda alami, disebabkan oleh tremor esensial atau penyakit Parkinson. Pemeriksaan darah juga dapat dilakukan apabila dokter mencurigai adanya kemungkinan hipertiroidisme atau penyakit Wilson.Setelah mengetahui mpenyebab kepala bergetar, maka dokter akan melakukan perawatan sesuai dengan latar belakang kondisi yang Anda derita.Sama seperti pengobatan tremor esensial, pengobatan untuk penyebab kepala bergetar lain juga dilakukan melalui pemberian obat-obatan dan operasi, apabila diperlukan.
gejala stroketremorpenyakit kepalaparkinson
International Essential Tremor Foundation. https://www.essentialtremor.org/free-downloads/wrapping-your-mind-around-head-tremor/
Diakses pada 17 April 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/essential-tremor/symptoms-causes/syc-20350534
Diakses pada 17 April 2020
WebMD. https://www.webmd.com/brain/essential-tremor-basics#2
Diakses pada 17 April 2020
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ConditionsAndTreatments/essential-tremor
Diakses pada 17 April 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/brain-shakes
Diakses pada 17 April 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait