Kepala Bayi Panas Tapi Tidak Demam, Apa Saja Penyebabnya?

(0)
29 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kepala bayi panas tak melulu disebabkan oleh demam.Kepala bayi panas? Coba cek dulu suhu tubuhnya dengan termometer.
Saat kepala bayi panas, wajar bagi Ayah dan Bunda untuk merasa khawatir. Namun tenang, kepala bayi panas tidak selalu disebabkan oleh demam atau penyakit lainnya.Faktanya, ada banyak penyebab kepala bayi panas yang tidak perlu dikhawatirkan. Untuk memastikannya, Ayah dan Bunda dapat memeriksa suhu tubuh Si Kecil dengan termometer.

Kepala bayi panas sebaiknya diperiksa dengan termometer

Untuk mengetahui apakah Si Kecil demam atau tidak, tentu Ayah dan Bunda harus memeriksa suhu tubuhnya dengan termometer. Gunakan termometer digital untuk hasil yang lebih cepat.Berikut ini adalah tahapan untuk memeriksa suhu tubuh bayi dengan termometer:
  • Letakkan bayi di pangkuan Anda dengan posisi yang nyaman, kemudian taruhlah termometer di ketiaknya. Ingat, selalu gunakan termometer di ketiak ketika bayi masih di bawah 5 tahun
  • Peganglah tangan bayi dengan lembut supaya tidak bergerak. Hal ini dilakukan agar termometer dapat mendapatkan hasil akurat.
Jika suhu tubuh bayi 36,6-37,2 derajat Celcius, berarti ia tidak demam. Jika lebih dari itu, barulah Ayah dan Ibu boleh khawatir. Segeralah bawa Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Yang menjadi masalah adalah ketika kepala bayi panas, tetapi tidak disebabkan oleh demam atau penyakit lainnya. Kira-kira, apa yang jadi penyebabnya?

5 penyebab kepala bayi panas

Kepala bayi panas tak selalu disebabkan oleh demam
Kepala bayi panas tidak melulu akibat demam
Jika memang kepala bayi panas saat disentuh tapi ia tidak demam, ada beberapa penyebab yang sebenarnya tak perlu dikhawatirkan. Apa saja penyebabnya?

1. Pakaian yang terlalu tebal

Sebagai orangtua, tentu Anda ingin memberikan yang terbaik untuk Si Kecil, termasuk pakaiannya. Namun hati-hati, menggunakan baju atau penutup kepala yang terlalu tebal bisa membuat kepala bayi panas.Pakaian yang terlalu tebal dapat membuat hawa panas terperangkap dan menyebabkan suhu tubuh anak meningkat.Saat suasana sedang sejuk, cobalah gunakan pakaian bertekstur halus yang tidak terlalu tebal. Hal ini dilakukan guna memberikan kenyamanan bagi Si Kecil.Namun jika suhu tubuh anak Anda tinggi, segeralah datang ke dokter untuk memeriksakan Si Kecil.

2. Si Kecil bergerak terlalu semangat

Saat Si Kecil sudah bisa merangkak, rasa penasarannya semakin tinggi untuk menjelajahi apa yang ada disekitarnya, bahkan di rumah sekalipun. Banyaknya pergerakan ini dapat menyebabkan kepala bayi panas.Bergerak dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kepala, jadi tidak heran kalau suhu tubuhnya meningkat.Untuk mengatasinya, cobalah lebih sering memeluk atau menggendongnya. Hal ini akan membuat bayi lebih tenang dan suhu tubuhnya akan kembali normal.

3. Giginya sedang tumbuh

Dalam sebuah penelitian, para peneliti asal Brazil memeriksa gigi bayi selama delapan bulan. Mereka menemukan adanya peningkatan suhu tubuh di hari saat gigi bayi sedang tumbuh. Hal ini menjadi bukti bahwa pertumbuhan gigi pada bayi dapat membuat kepala bayi panas, tetapi tidak demam.Naiknya suhu tubuh dianggap sebagai respons normal dari proses tumbuhnya gigi bayi. Maka dari itu, jangan lupa cek mulut bayi jika kepalanya panas karena bsa saja ada gigi kecil yang sedang tumbuh.

4. Tangan Ayah dan Bunda yang dingin

Terkadang, suhu panas yang Anda rasakan pada kepala bayi bersifat normal. Bisa saja, tangan Ayah dan Bunda yang memang dingin. Jadi, sensasi panas akan terasa ketika menyentuh kepala bayi, padahal sebenarnya suhu kepalanya normal.Untuk memastikannya, gunakanlah termometer secara rutin pada pagi, siang, sore, hingga malam. Jika suhunya normal dan konsisten, maka tidak perlu ada yang dikhawatirkan.

5. Termometer yang rusak

Saat termometer sudah mengeluarkan hasil dan memperlihatkan suhu tubuh bayi yang tinggi, jangan khawatir dulu. Cobalah gunakan termometer lain untuk memastikannya.Jika hasilnya berbeda, bisa jadi termometer yang Anda gunakan sebelumnya sudah dalam keadaan rusak atau belum dikalibrasi sehingga memberikan hasil yang kurang akurat.

Tips untuk menurunkan suhu kepala bayi panas

Kepala bayi panas dapat diatasi di rumah asalkan bukan karena demam
Kepala bayi panas bisa diatasi di rumah, asalkan bukan karena demam
Jika memang kepala bayi panas bukan disebabkan oleh demam, ada banyak cara di rumah yang bisa dilakukan.
  • Jangan gunakan pakaian tebal

Jangan menggunakan pakaian yang terlalu tebal pada bayi, terutama jika memang suhunya tidak terlalu dingin. Gunakanlah pakaian yang halus dan tipis untuk memberikan rasa nyaman dan sejuk pada bayi.
  • Atur suhu ruangan

Jika suhu tubuh bayi meningkat, cobalah turunkan suhu ruangan agar lebih sejuk. Dengan begitu, suhu tubuh bayi dapat menurun ke angka yang lebih normal.
  • Mandikan bayi dengan air hangat

Cobalah mandikan bayi dengan air yang hangat. Jangan gunakan air yang dingin karena bisa membuat bayi menggigil dan malah meningkatkan suhu tubuh bayi. Setelah itu, segera keringkan badan bayi dan selimuti tubuhnya dengan pakaian yang tidak terlalu tebal.Jika memang kepala bayi panas disebabkan oleh demam, maka tidak ada opsi lain selain datang ke dokter. Di rumah sakit, dokter bisa memberikan obat-obatan yang diperlukan untuk mengatasi demam untuk Si Kecil.

Kapan harus ke dokter?

Ada beberapa kondisi yang menandakan bahwa bayi harus segera dibawa ke dokter, di antaranya:
  • Bayi terlihat tidak nyaman meskipun berbagai cara mengatasi kepala bayi panas di atas sudah dilakukan
  • Bayi menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, seperti diare dan muntah-muntah
  • Jika demamnya semakin parah.
Demi kesehatan anak Anda, jangan ragu untuk datang ke dokter untuk berkonsultasi. Dengan begitu, Si Kecil akan mendapatkan penanganan yang tepat.
bayi & menyusuitumbuh kembang bayidemamtermometer bayi
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/how-to-take-your-babys-temperature/
Diakses pada 15 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/what-is-normal-body-temperature#temperature-range
Diakses pada 15 September 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/babys-head-is-hot-but-no-fever-possible-causes-and-solutions/#:~:text=Your%20baby's%20head%20could%20be,woollen%20material%20or%20something%20similar.&text=Warm%20clothes%20trap%20the%20heat,without%20the%20symptom%20of%20fever.
Diakses pada 15 September 2020
Web MD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-teething-sick
Diakses pada 15 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/how-to-bring-down-baby-fever#treatment
Diakses pada 15 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait