Kencing Berdiri vs Kencing Duduk, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

(0)
Kencing berdiri tidak memberikan dampak yang berarti untuk kesehatan AndaBila Anda berusia muda dan tak punya masalah prostat, kencing berdiri tidak memberikan dampak bagi kesehatan
Bagi pria, kencing dalam posisi berdiri merupakan hal yang wajar. Sudah menjadi kebiasaan, kencing berdiri memang tidak memberi dampak yang berarti untuk kesehatan. Namun, bagi Anda yang sudah lanjut usia disarankan untuk menghilangkan kebiasaan ini dan beralih ke kencing dalam posisi duduk. 

Efek kencing berdiri untuk kesehatan

Kencing berdiri tidak memberikan dampak yang berarti untuk kesehatan Anda. Namun, Anda perlu waspada dengan penyebaran bakteri yang bisa saja terjadi ketika kencing dalam posisi berdiri. Penyebaran bakteri terjadi saat cipratan urine yang terkena dinding urinoir dan kembali mengenai penis.Jika masuk ke dalam saluran kemih, bakteri akan berkembang biak dan mengakibatkan infeksi saluran kemih. Kondisi ini kemudian memicu munculnya sejumlah gejala kesehatan seperti:
  • Munculnya sensasi terbakar atau rasa sakit ketika buang air kecil
  • Sering buang air kecil
  • Rasa nyeri pada perut bagian bawah, tepat di atas tulang kemaluan
  • Urine bercampur dengan darah
Apabila mengalami gejala-gejala infeksi saluran kemih, segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter biasanya akan memberi resep obat antibiotik untuk mengatasi masalah tersebut.Selain itu, pastikan juga tubuh Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Menurut penelitian yang dilakukan pada tikus, meminum jus cranberry dapat membantu menurunkan jumlah bakteri di kandung kemih. Meskipun begitu, hingga kini belum ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa minuman ini dapat mengatasi infeksi saluran kemih atau mempercepat pemulihan.

Mencegah infeksi saluran kemih pada pria

Meski risiko terjadinya infeksi saluran kemih akibat bakteri yang menyebar saat kencing berdiri cukup rendah, namun Anda tetap perlu waspada dengan kemungkinan tersebut. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih, yaitu:
  • Jangan menahan kencing, bila perlu kosongkan kandung kemih sesering mungkin
  • Minum banyak air putih
  • Jaga kebersihan area genital
  • Buang air kecil setelah berhubungan seks, untuk menghilangkan bakteri yang mungkin menempel ketika penetrasi
  • Gunakan kondom saat berhubungan seks

Kencing berdiri vs kencing duduk, mana yang lebih baik?

Kencing berdiri maupun kencing duduk tidak memberikan dampak pada kesehatan
Bila mempunyai masalah prostat, Anda disarankan untuk kencing dalam posisi duduk
Kencing berdiri memang tidak memberikan dampak yang terlalu berarti untuk kesehatan. Meskipun demikian, bagi Anda yang telah berusia lanjut atau mempunyai masalah prostat disarankan untuk kencing dalam posisi duduk.Menurut penelitian yang dirilis oleh Leiden University Medical Centre Belanda pada tahun 2014, disebutkan bahwa pria yang kencing berdiri lebih berpotensi mengalami pembengkakan prostat (benign prostatic hyperplasia atau BPH) jika dibandingkan mereka yang buang air kecil dalam posisi duduk. Kondisi ini diketahui membuat pria kesulitan untuk mengosongkan kandung kemih.Maka dari itu, Anda yang mengalami pembengkakan prostat disarankan untuk buang air kecil dalam posisi duduk. Cara ini disebut dapat mempermudah pengosongan kandung kemih jika dibandingkan kencing berdiri.Sementara itu, bagi Anda yang masih berusia muda dan tidak punya masalah pada prostat tidak diharuskan untuk kencing dalam posisi duduk. Namun, Anda tetap disarankan untuk buang air kecil dalam posisi duduk untuk menjaga kehigienisan. Selain itu, cipratan yang kembali ke penis saat kencing berdiri di urinoir bisa memicu terjadinya infeksi saluran kemih.

Catatan dari SehatQ

Kencing berdiri memang tidak memberi dampak yang berarti untuk kesehatan, namun Anda yang telah berusia lanjut atau punya masalah pada prostat lebih disarankan untuk buang air kecil dalam posisi duduk. Selain itu, kencing duduk juga dapat membantu mengurangi risiko terkena infeksi saluran kemih.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai dampak kencing berdiri terhadap kesehatan dan manfaat buang air kecil dalam posisi duduk, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
infeksi saluran kencinginfeksi saluran kemihprostatkencing nanah
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/uti-in-men
Diakses pada 25 September 2020
Fatherly. https://www.fatherly.com/health-science/why-you-should-sit-down-to-pee/
Diakses pada 25 September 2020
Prostate.net. https://prostate.net/why-men-should-sit-when-they-pee/
Diakses pada 25 September 2020
Prostate Cancer Foundation New Zaeland. https://prostate.org.nz/2014/12/5-steps-better-prostate-health/
Diakses pada 25 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait