Kencan Buta Adalah Cara Bantu Dapatkan Pasangan, Apa yang Harus Dilakukan Saat Pertama Bertemu?


Kencan buta adalah cara mencari pasangan hidup yang sering dilakukan banyak orang. Saat menjalani blind date, beberapa hal perlu dipahami dan dilakukan supaya kencan berjalan dengan lancar.

(0)
06 Apr 2021|Bayu Galih Permana
Blind date atau kencan buta adalah momen pertemuan antara Anda dengan orang yang belum pernah ditemui sebelumnya untuk pertama kaliJika tidak merasakan adanya kecocokan satu sama lain saat kencan, Anda berhak untuk tidak melanjutkannya
Ketika berstatus single, banyak yang seringkali menjodohkan Anda dengan orang terdekat mereka, baik  dengan teman maupun anggota keluarganya sendiri. Meskipun terasa aneh sebagian orang, cara ini dapat membantu Anda dalam pencarian pasangan hidup.  Anda biasanya akan dipertemukan dengan orang ini melalui blind date atau kencan buta.  Kencan buta adalah salah satu cara untuk mengenal satu sama lain lebih dalam sebelum kemudian memutuskan ke mana arah hubungan tersebut akan dibawa.

Apa itu blind date atau kencan buta?

Blind date atau kencan buta adalah momen pertemuan antara Anda dengan orang yang belum pernah ditemui sebelumnya untuk pertama kali, dengan maksud mengenal satu sama lain lebih dalam. Orang yang mengajak atau diajak kencan ini umumnya diperkenalkan lewat teman atau anggota keluarga.Setelah melakukan pertemuan, keputusan untuk membawa hubungan ke arah yang lebih serius bergantung pada Anda dan orang tersebut. Jika tidak merasakan adanya kecocokan satu sama lain, Anda berhak untuk tidak melanjutkannya.

Tips agar kencan buta berjalan lancar

Sebelum atau saat melakukan blind date, sejumlah hal perlu Anda pahami agar kencan berjalan dengan lancar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum atau ketika menjalani kencan buta adalah sebagai berikut:

1. Pilih orang yang benar-benar cocok dengan Anda

Saat hendak menjalani kencan buta, pastikan memilih orang yang benar-benar cocok dengan Anda. Sebelum berkencan, mintalah informasi mengenai sifat dan kepribadian orang tersebut kepada teman atau anggota keluarga yang mengenalkan Anda dengannya. Jika Anda merasa cocok, tidak ada salahnya untuk melakukan blind date dengan orang tersebut.

2. Mulai dengan panggilan telepon

Sebelum melakukan kencan buta, mulailah berkenalan lewat telepon
Berkomunikasi via telepon sebelum kencan buta dapat membantu mengurangi kecanggungan
Sebelum melakukan blind date, cobalah untuk berkomunikasi terlebih dahulu dengan orang yang hendak diperkenalkan dengan Anda. Tidak perlu mengenalnya terlalu dalam, tanyakan  latar belakang dan minatnya saja terlebih dahulu. Dengan mengetahuinya, Anda dan orang tersebut dapat memilih tempat dan aktivitas yang tepat saat pertama kali berkencan.

3. Jadilah apa adanya

Beberapa orang seringkali mencoba untuk menjadi orang lain saat berkencan. Bukan tanpa alasan, hal ini biasanya dilakukan untuk menarik perhatian calon pasangan mereka. Hal itu sebenarnya boleh dilakukan, namun sebisa mungkin cobalah jadi diri sendiri. Biarkan orang tersebut menyukai diri Anda apa adanya, bukan karena hal yang sengaja dibuat-buat.

4. Sampaikan batasan Anda

Ketika bertemu untuk pertama kali, jangan sungkan untuk menyampaikan batasan-batasan yang telah Anda buat bagi diri sendiri. Lakukan apa saja yang Anda butuhkan agar merasa aman dan nyaman secara fisik maupun mental. Orang yang baik tentu akan mengerti serta menghormati batasan-batasan Anda.

5. Hindari basa-basi

Saat berjumpa dengan orang baru, Anda mungkin akan merasa kesulitan untuk membuat percakapan terasa mengalir. Hal itu pun sering membuat orang-orang melakukan basa-basi pada kencan pertama. Sebisa mungkin hindari hal tersebut dan sampaikanlah pertanyaan-pertanyaan yang membantu Anda mengenalnya lebih dalam.

6. Jangan berekspektasi terlalu tinggi

Setiap orang pasti mempunyai ekspektasi tinggi terhadap calon pasangannya. Namun, apabila Anda baru bertemu dengan orang tersebut dan tidak mengenal ia sebelumnya, jangan menaruh ekspektasi terlalu tinggi. Ketika ekspektasi tersebut tidak terpenuhi saat blind date, Anda hanya akan merasa kecewa. Untuk mengenalnya lebih dalam, pertimbangkan kencan lanjutan.

7. Bersenang-senanglah

Nikmati saja waktu untuk kencan buta dan jangan merasa terbebani
Nikmati waktu untuk mengenal partner blind date Anda
Ketika menjalani blind date, bersenang-senanglah. Bersenang-senang dapat membantu Anda untuk mengenalnya lebih dalam lagi. Selain itu, kencan buta juga tak akan terasa seperti beban jika Anda benar-benar menikmatinya.

Catatan dari SehatQ

Kencan buta adalah salah satu cara mencari pasangan hidup yang cukup sering dilakukan oleh banyak orang. Saat menjalani blind date, sejumlah tips bisa Anda lakukan agar semua berjalan dengan lancar, mulai dari menjadi diri sendiri, memilih orang yang sesuai dengan kriteria Anda, hingga tidak berekspektasi terlalu tinggi pada pertemuan pertama.Jika Anda merasa tidak cocok dengan orang tersebut, jangan sungkan untuk tidak melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius. Dalam memilih pasangan hidup, pastikan Anda memilih orang yang benar-benar tepat agar tidak menyesal di kemudian hari.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai blind date dan tips agar kencan buta berjalan dengan lancar, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
percintaanmenjalin hubungan
Huffpost. https://www.huffpost.com/entry/10-tips-for-a-successful-blind-date_b_8689370
Diakses pada 6 April 2021
Bustle. https://www.bustle.com/p/9-first-date-tips-for-when-youre-going-out-with-someone-youve-never-met-before-10172814
Diakses pada 6 April 2021
Women’s Podium. https://www.womenspodium.com/blind-date-tips.html
Diakses pada 6 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait