Penasaran Kenapa Air Mata Asin Saat Tertelan? Ini Jawabannya


Alasan air mata terasa asin karena cairan tersebut berasal dari dalam tubuh dan mengandung banyak protein alami. Air mata pun dibagi ke dalam beberapa jenis dan muncul dengan alasannya masing-masing.

(0)
31 May 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Alasan air mata terasa asin karena cairan tersebut berasal dari dalam tubuh dan mengandung banyak protein alamiKeluarnya air mata bisa disebabkan oleh berbagai hal
Saat Anda menangis, mungkin air mata yang menetes tidak sengaja masuk ke dalam mulut. Dari situ, Anda sadar bahwa rasa air mata ternyata asin. Jawaban yang pasti kenapa air mata asin adalah karena cairan tersebut berasal dari dalam tubuh yang mengandung elektrolit.

Kenapa air mata asin?

Menurut National Eye Institute (NEI), air mata mengandung air, lendir, lemak tubuh, dan lebih dari 1.500 protein. Air mata pun hanya memiliki satu sepersepuluh protein yang ada di plasma darah. Beberapa protein yang terkandung dalam air mata adalah lisozim, laktoferin, lipocalin, dan lgA.Salah satu cairan alami tubuh ini diproduksi di bagian atas dan bawah kelopak mata. Setelah diproduksi, air mata akan menyebar ke seluruh permukaan mata. Nantinya, air mata akan keluar melalui lubang kecil di sudut mata Anda.Dalam satu tahun, seseorang bisa menghasilkan 56—114 liter air mata. Penyebab munculnya air mata pun bisa bermacam-macam. Air mata bisa keluar akibat emosi, iritasi, bahkan saat tidur sekalipun. Air mata yang berlebih ini pun memungkinkan Anda tidak kekurangan air mata biarpun sering menangis. Saking banyaknya alasan untuk mengeluarkan air mata, tidak mustahil cairan tersebut mengalir ke mulut Anda secara tidak sengaja. Air mata tersebut mengalir melalui hidung dan bisa turun ke bagian mulut. Lalu, Anda menelannya tanpa sengaja saat menangis atau berbicara.

Jenis-jenis air mata

Air mata yang keluar pun tidak selamanya sama. Berikut jenis air mata dilihat dari fungsinya:

1. Air mata basal

Jenis yang satu ini merupakan cairan dasar yang diproduksi oleh mata. Fungsi air mata basal adalah membantu melawan mata kering. Air mata basal akan melumasi seluruh mata agar tetap selalu terasa basah.

2. Air mata refleks

Air mata ini akan muncul untuk merespons adanya iritasi terhadap mata, seperti asap, angin, dan debu. Air mata refleks juga akan muncul saat mata terkena senyawa syn-propanethial-S-oxide saat memotong bawang bombai.

3. Air mata emosional

Air mata ini keluar akibat respons atas emosi yang dirasakan. Anda mungkin akan mengeluarkan air mata saat sedih, gembira, atau marah. Hal ini disebabkan manusia memiliki senyawa dalam cairan tubuh tersebut yang mampu menyampaikan pesan kepada makhluk hidup lainnya.Air mata emosional juga menunjukkan keterikatan perasaan antara manusia dengan manusia atau makhluk lainnya. Setelah air mata emosional ini keluar, perasaan orang cenderung lebih baik.

Air mata yang muncul saat tidur

Anda mungkin melihat bayi dan anak-anak terbangun pada tengah malam sambil menangis. Namun, air mata ini bisa muncul pada setiap orang, termasuk orang dewasa. Banyak faktor yang bisa menyebabkannya, seperti berikut:Mimpi buruk dan mimpi menyeramkan kadang dianggap sama, meskipun sebenarnya berbeda. Orang biasanya ingat kejadian mereka saat mengalami mimpi buruk. Namun, Anda mungkin tidak akan terbangun saat mengalami mimpi menyeramkan dan tidak akan ingat apa pun saat bangun nanti. 

Bahaya kekurangan air mata

Air mata akan menjaga mata tetap sehat dan cerah. Anda mungkin akan merasa perih saat kekurangan air mata. Selain itu, penglihatan pun akan terganggu jika produksi air mata berkurang.Jika merasa mata mulai terasa kering, cobalah lebih sering berkedip. Usahakan juga untuk mengistirahatkan mata saat sudah terlalu lama memandangi layar monitor. Selain itu, Anda pun wajib mengonsumsi makanan bergizi untuk menjaga kesehatan mata.

Catatan dari SehatQ

Rasa asin pada air mata terjadi lantaran cairan tersebut mengandung ribuan protein dari dalam tubuh. Air mata ini pun memiliki banyak fungsi dan akan keluar dengan alasan yang berbeda. Selain itu, menangis pun bisa memberikan pesan halus dalam setiap tetes air mata.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar air mata serta fungsinya untuk kesehatan mata, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
air matabayi menangismata kering
Healthline https://www.healthline.com/health/why-are-tears-salty
Diakses pada 17 Mei 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/what-are-tears-made-of
Diakses pada 17 Mei 2021
Very Well Health https://www.verywellhealth.com/what-are-tears-made-of-3421862
Diakses pada 17 Mei 2021
Cleveland Clinic https://health.clevelandclinic.org/tears-why-we-cry-and-more-infographic/
Diakses pada 17 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait