Kenali Urutan Pertumbuhan Gigi Anak untuk Siapkan Langkah Perawatannya

Urutan pertumbuhan gigi anak perlu dikenali, agar orangtua tidak bingung menanti
Pertumbuhan gigi anak, sebenarnya sudah mulai berlangsung sejak dari dalam kandungan

Menantikan gigi susu anak tumbuh untuk pertama kalinya, merupakan hal yang menyenangkan sekaligus juga menegangkan bagi orangtua. Pasalnya, tidak sedikit orangtua yang menganggap pertumbuhan gigi anak sebagai salah satu tolok ukur pencapaian perkembangan Si Kecil.

Namun, ada satu hal yang orangtua tidak boleh lupa. Pertumbuhan gigi anak bisa berbeda-beda. Itulah sebabnya, urutan pertumbuhan gigi susu, biasanya diberikan dalam bentuk rentang usia dan bukan hanya satu usia tertentu.

Jadi, orangtua tidak perlu terlalu khawatir apabila pertumbuhan gigi susu anak sedikit lebih lambat dari anak lain yang seusia. Selama memahami lebih dalam mengenai pertumbuhan gigi anak, maka Anda dapat membantu buah hati memiliki gigi yang sehat.

Pertumbuhan gigi anak dimulai sejak dalam kandungan

Memang belum banyak yang tahu, jika pertumbuhan gigi anak sebenarnya telah dimulai sejak bayi masih di dalam kandungan. Itulah salah satu alasan, ibu perlu mengonsumsi makanan bergizi selama masa kehamilan.

Asupan bagi ibu, dengan cukup kalsium, fosfor, vitamin C, dan vitamin D, akan membantu pertumbuhan sel-sel gigi bayi yang sehat selama di dalam kandungan. Ibu hamil juga perlu menghindari penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antibiotik tetrasiklin, untuk mencegah warna gigi cokelat atau bahkan hitam, pada anak nantinya.

Pertumbuhan gigi anak saat di dalam kandungan, tidak serta merta menjadikan janin memiliki gigi yang keluar dari gusinya. Pertumbuhan yang dimaksud di sini adalah pertumbuhan tahap awal, ketika mineral, sel, serta zat-zat yang lain mulai mempersiapkan diri, untuk membentuk benih-benih gigi.

Proses tersebut dimulai saat kandungan berusia 6 minggu. Lalu, saat usia kehamilan memasuki bulan ketiga dan keempat, jaringan keras yang nantinya akan menjadi lapisan luar gigi, mulai terbentuk.

Saat lahir, bayi sudah memiliki sepuluh benih gigi susu di bawah gusinya. Nantinya, saat bayi berusia sekitar 6 bulan, gigi susu akan muncul keluar dari gusi, untuk pertama kalinya.

Urutan pertumbuhan gigi susu

Jumlah gigi anak berbeda dari orang dewasa. Pada orang dewasa, jumlah gigi lengkap dalam satu rongga mulut adalah 32. Pada anak, jumlah gigi susu secara keseluruhan adalah 20 gigi. Masing-masing sepuluh gigi di rahang atas dan bawah.

Daripada menungu dalam ketidaktahuan dan terus menanti 20 gigi tersebut untuk tumbuh, alangkah lebih tenang jika sebagai orangtua, Anda sudah mengetahui urutan pertumbuhan gigi susu sejak awal. Berikut ini adalah urutannya sesuai usia tumbuhnya gigi susu.

  1. Gigi seri tengah rahang bawah: tumbuh pada usia 6-10 bulan
  2. Gigi seri tengah rahang atas: tumbuh pada usia 8-12 bulan
  3. Gigi seri samping rahang atas: tumbuh pada usia 9-13 bulan
  4. Gigi seri samping rahang bawah: tumbuh pada usia 10-16 bulan
  5. Gigi geraham pertama atas: tumbuh pada usia 13-19 bulan
  6. Gigi geraham pertama bawah: tumbuh pada usia 14-18 bulan
  7. Gigi taring atas: tumbuh pada usia 16-22 bulan
  8. Gigi taring bawah: tumbuh pada usia 17-23 bulan
  9. Gigi geraham kedua bawah: tumbuh pada usia 23-31 bulan
  10. Gigi geraham kedua atas: tumbuh pada usia 25-33 bulan

Setelah gigi susu tumbuh semua, anak akan menggunakannya hingga usia sekitar 6 tahun. Lalu, setelah itu, gigi susu akan tanggal, dan mulai digantikan dengan gigi permanen. Berikut ini urutan tanggalnya gigi susu, berdasarkan usia anak.

  • Usia 6-7 tahun: gigi seri tengah atas dan bawah
  • Usia 7-8 tahun: gigi seri samping atas dan bawah
  • Usia 9-11 tahun: gigi geraham pertama atas dan bawah
  • Usia 9-12 tahun: gigi taring bawah
  • Usia 10-12 tahun: gigi taring atas, gigi geraham kedua atas dan bawah

Cara menjaga kesehatan gigi anak

Kesehatan gigi anak, bisa mulai dijaga sejak dini, bahkan sejak gigi susu belum tumbuh. Saat gigi susu belum tumbuh, gusi juga perlu dibersihkan, untuk menghilangkan bakteri-bakteri berbahaya.

Untuk membersihkan gusi Si Kecil, Anda bisa gunakan kain berbahan lembut yang telah dibasahi dengan air. Sapukan secara perlahan di atas gusi. Lakukan ini setiap hari. Anda pun dapat melakukannya, bersamaan dengan waktu mandi bayi.

Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga gigi susu anak tetap sehat, seperti berikut ini.

  • Bersihkan gigi anak dengan menyikatnya menggunakan sikat gigi khusus anak dan sedikit pasta gigi, dua kali sehari. Berikan pasta gigi hanya sebesar butiran beras untuk anak berusia 0-3 tahun. Untuk anak di atas 3 tahun, berikan pasta gigi sebesar kacang polong.

  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, untuk mencegah gigi berlubang.

  • Saat gigi anak sudah mulai banyak yang tumbuh dan mulai menyentuh satu sama lain, maka biasakan untuk mulai membersihkan sela-sela giginya menggunakan benang gigi secara perlahan.

  • Jangan biasakan anak tertidur sambil minum susu, karena bakteri yang tertinggal saat tidur, bisa menyebabkan gigi anak berlubang, terutama gigi bagian depannya.

  • Saat anak sudah memasuki usia 2 tahun, mulai ajarkan ia untuk meludah atau mengeluarkan pasta gigi saat menyikat. Di usia ini, sebaiknya anak tidak diberikan air untuk berkumur karena berisiko tertelan.

  • Batasi konsumsi makanan manis dan lengket, karena keduanya bisa merusak gigi.

  • Mulai periksakan anak ke dokter gigi, segera setelah gigi susunya mulai tumbuh untuk pertama kali, dan sebelum ia berusia satu tahun.

Orangtua perlu ingat, gigi susu juga berisiko mengalami berbagai gangguan. Bahkan, gigi berlubang bisa muncul segera setelah gigi susu tumbuh, jika bakteri penyebabnya tidak dibersihkan secara teratur.

Berikan contoh yang baik kepada anak, dengan menyikat gigi bersama dengannya, setelah sarapan dan sebelum tidur. Membangun kebiasaan sehat sejak kecil, tidak hanya akan membantu pertumbuhan gigi anak berlangsung dengan baik, namun juga pertumbuhannya secara keseluruhan.

Standford Children’s Health. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=anatomy-and-development-of-the-mouth-and-teeth-90-P01872
Diakses pada 17 Oktober 2019

American Dental Association. https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/e/eruption-charts
Diakses pada 17 Oktober 2019

Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/healthy.html
Diakses pada 17 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed