Kenali 9 Tanda dari Seseorang pada 40 Hari Sebelum Kematian

Tanda-tanda menjelang ajal biasanya lebih jelas terlihat jika seseorang sudah menderita sakit begitu lama
Seseorang bisa saja tampak lebih sehat beberapa saat sebelum meninggal dunia

Mulai dari terminal lucidity hingga tanda-tanda tertentu, tentu ada yang berbeda dari seseorang kala memasuki 40 hari sebelum kematian. Banyak yang menghubungkannya dengan mitos, tapi penjelasan ilmiah tentu juga ada. 

Mengetahui tanda-tanda 40 hari sebelum kematian sebenarnya bisa bermanfaat bagi orang-orang yang akan ditinggalkan. Dengan mengetahui apa saja sinyal dari mereka yang tak lama lagi pergi, berdamai dengan kehilangan bisa lebih terbayang.

Tentu tanda-tanda 40 hari sebelum kematian ini biasanya akan lebih jelas terlihat saat seseorang meninggal dunia karena penyakit yang sudah beberapa lama dideritanya. Akan berbeda situasinya ketika berhubungan dengan orang yang meninggal dunia mendadak.

Tanda-tanda 40 hari sebelum kematian

Bagi orang yang dalam kondisi kritis atau menderita penyakit kronis, tanda-tanda 40 hari sebelum kematian dapat menjadi sinyal saat seseorang akan berpulang. Tentu hal ini tidak bisa disamaratakan dan berbeda pada setiap orang.

Tanda-tanda kematian seseorang adalah hal yang penuh misteri. Contohnya saja situasi terminal lucidity saat seseorang tampak sehat bahkan bisa beraktivitas seperti orang sehat, beberapa saat sebelum meninggal dunia.

Selain itu, ada juga tanda-tanda yang bisa terjadi 40 hari sebelum kematian, seperti:

lansia tidur
Lansia lebih banyak tidur karena metabolisme tubuh melemah

1. Lebih banyak tidur 

Dalam waktu 40 hari sebelum kematian, seseorang bisa lebih banyak tidur dan lebih jarang terjaga. Hal ini terjadi karena metabolisme tubuhnya semakin lemah. Tanpa energi untuk metabolisme, tubuh akan memilih untuk beristirahat.

Jika menghadapi situasi seperti ini, jangan interupsi prosesnya. Justru, pastikan lingkungan atau ruangan tempatnya tidur terasa nyaman. Barulah ketika orang tersebut merasa berenergi, bisa mencoba gerakan ringan di tempat tidur.

2. Nafsu makan turun

Ketika seseorang sudah mendekati ajalnya, tubuhnya menjadi tidak begitu aktif dan tidak membutuhkan energi sebanyak orang normal. Artinya, nafsu untuk makan dan minum juga perlahan menurun.

Meski demikian, penting untuk memastikan orang tersebut tetap terhidrasi dan menawarkan makanan yang disukai. Beberapa hari sebelum meninggal dunia, seseorang bisa benar-benar berhenti makan. Oleskan lipbalm atau madu untuk memastikan bibirnya tidak jadi terlalu kering.

lansia sedang menyendiri
Menjelang ajal, biasanya orang enggan bertemu dengan orang lain

3. Mengurangi aktivitas sosial 

Orang sehat, baik itu yang extrovert maupun introvert sekalipun, pasti ingin bersosialisasi dengan bertemu orang lain. Namun bagi orang yang sudah berada di fase 40 hari sebelum kematian, keinginan untuk bertemu dengan orang lain tidak akan sebesar dulu.

Sangat wajar seseorang tidak ingin ada orang yang melihat kondisi dirinya yang semakin melemah. Jika ada permintaan khusus untuk menghubungi atau bertemu dengan orang tertentu, penuhi permintaan tersebut.

4. Perubahan fisik

Saat seseorang sudah berada di fase 40 hari sebelum kematian ada perubahan-perubahan fisik yang dialami. Beberapa contohnya adalah menurunnya tekanan darah, cara bernapas tidak lagi normal, detak jantung tidak normal, hingga warna urine yang kecokelatan.

Warna urine yang berwarna kecokelatan ini menjadi sinyal bahwa ginjal mulai menurun funginya. Meski demikian, orang yang bersangkutan tidak akan merasakan sakit berlebihan terkait perubahan warna urine ini.

5. Kinerja otot semakin melemah

Seperti dalam kasus atrofi otot, orang yang akan meninggal dunia juga merasakan ototnya melemah. Aktivitas ringan yang sebelumnya bisa dirasakan menjadi sulit dilakukan. 

6. Suhu tubuh menurun

Dalam waktu 40 hari sebelum kematian hingga beberapa hari sebelumnya, sirkulasi darah hanya akan fokus pada organ dalamnya. Artinya, hanya sedikit darah yang benar-benar mengalir ke tangan dan kaki.

Ketika sirkulasi darah tak lagi normal, wajar jika kulit di bagian tangan dan kaki terasa dingin saat disentuh. Selain itu, kulit juga akan terlihat pucat dengan titik kebiruan atau keunguan.

lansia kebingungan
Lansia sering kebingungan dan sulit berpikir dengan runtut

7. Merasa bingung 

Meskipun seseorang sudah memasuki 40 hari sebelum kematian, bisa saja otaknya masih bisa bekerja dengan baik. Meski demikian, seringkali orang tersebut akan merasa bingung atau tidak bisa berpikir dengan runtut.

Orang yang mendampingi sebisa mungkin harus selalu mengajak berkomunikasi dan menjelaskan apa saja yang terjadi, hingga hal sekecil apa pun.

8. Merasakan halusinasi

Selain merasa bingung, orang yang sudah mendekati ajal juga mungkin mengalami halusinasi atau melihat hal yang tidak dilihat orang normal. Hal ini terjadi karena aktivitas sel di otak perlahan mulai berhenti. Dalam fase krisis ini, halusinasi sangat mungkin terjadi.

9. Merasakan nyeri lebih hebat

Dalam 40 hari sebelum kematian, pasien juga bisa merasakan nyeri lebih hebat. Itulah mengapa terkadang pasien akan mengeluh atau mengeluarkan suara mendadak ketika rasa nyeri semakin dominan. 

Dalam tahap ini, dokter biasanya akan mengupayakan agar pasien merasa lebih nyaman di waktu-waktu terakhirnya.

Selain 9 tanda-tanda pada 40 hari sebelum kematian di atas, terkadang ada permintaan khusus dari pasien. Entah itu bertemu seseorang, berkunjung ke suatu tempat, atau mendengarkan musik tertentu. Sebisa mungkin, penuhi permintaan tersebut.

Kehilangan seseorang tak akan pernah terasa mudah, meskipun sudah ada tanda-tanda selama 40 hari sebelum kematian sekalipun. 

Cari cara berdamai dengan kehilangan yang paling sesuai dengan diri sendiri, entah itu menyendiri, beraktivitas, atau bercerita dengan orang lain.

Setiap orang punya cara mereka sendiri untuk merangkul kesedihan. Itulah mengapa sebisa mungkin dampingi mereka yang sudah dekat dengan ajal dan mensyukuri setiap detik bersamanya.

Dying Matters. https://www.dyingmatters.org/page/signs-death-near
Diakses 4 November 2019 

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320794.php
Diakses 4 November 2019 

WebMD. https://www.webmd.com/palliative-care/journeys-end-active-dying#1
Diakses 4 November 2019 

WebMD. https://www.webmd.com/palliative-care/qa/what-are-the-signs-one-to-two-weeks-before-death
Diakses 4 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed