Kenali Tanda Alpha Female, Mungkin Anda Adalah Salah Satunya


Alpha female adalah seorang perempuan yang bisa menularkan rasa percaya diri dalam kelompoknya. Ia akan senang memimpin dan menjaga kelompoknya tetap harmonis.

(0)
22 Apr 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Alpha female adalah seorang perempuan yang bisa menularkan rasa percaya diri dalam kelompoknyaSeorang alpha female memiliki rasa percaya diri yang tinggi
Dalam sebuah kelompok, alpha adalah pemimpin yang mampu mengerahkan kemampuannya untuk menggerakan orang lain. Istilah alpha ini diasosiasikan pada pemimpin kawanan hewan. Posisi alpha selalu diisi oleh hewan jantan atau pria kuat di dalam kelompoknya. Namun, sekarang perempuan pun sangat mungkin menjadi alpha female.Seorang alpha female sangat percaya diri dan memiliki ambisi yang sangat tinggi. Ia pun bisa menularkan rasa percaya diri tersebut ke orang lain yang ada di belakangnya. Perempuan dengan sifat alpha ini diakui karena bisa memberikan dampak besar dalam pengambilan keputusan.

Ciri-ciri alpha female

Layaknya seorang pemimpin, alpha female pun memiliki ciri-ciri yang tegas sebagai seorang alpha. Berikut ciri-ciri dari alpha female yang akan terlihat dari keseharian mereka:

1. Memiliki kesiapan menjadi pemimpin

Banyak perempuan mendapatkan kesempatan memimpin. Sayangnya, mereka tidak siap berada di atas sana. Seorang alpha female selalu memandang kepemimpinan sebagai sesuatu yang sangat dia sukai. Iia sangat tahu bahwa dirinya bisa menginspirasi banyak orang. Ia juga tahu bisa memberikan dampak yang baik untuk orang lain dan sangat percaya bahwa sifat alpha ini bekerja untuknya.

2. Punya kecerdasan emosi yang tinggi

Menjadi pemimpin perlu memiliki kecerdasan emosi (EQ) dan alpha female punya kecerdasan tinggi untuk bagian ini. Ia mampu mengenali, memahami, dan mengatur emosinya sendiri saat memimpin. Selain itu, alpha female pun bisa menularkan emosi positifnya tersebut kepada orang lain.Bukan sekadar meredakan perselisihan yang terjadi di kelompok, alpha female juga bisa mencairkan suasana. Ia bisa menghubungkan antara satu orang dengan orang lain dan memulai percakapan saat semuanya malu-malu.

3. Selalu mau belajar

Seorang alpha female selalu mau belajar dari orang lain
Alpha female tidak segan bertanya dan belajar dari orang lain
Pemimpin yang baik selalu terbuka untuk belajar dan selalu ingin menguasai satu bidang. Begtu pula dengan perempuan pemimpin pun akan rajin mengikuti pelatihan di bidang tertentu untuk memperdalam ilmunya. Di samping itu, alpha female juga tidak menutup diri dengan hal-hal baru di sekitarnya. Ilmu baru bisa jadi tantangan yang harus dihadapi.

4. Mental yang kuat

Kuat selalu identik dengan fisik. Namun, seorang alpha juga memiliki ketangguhan dalam mentalnya. Alpha female bisa sangat kuat menghadapi tantangan dan kehidupan sehari-hari. Kekuatan ini bisa ditunjukkan setiap saat di mana pun ia berada. Namun, ada juga alpha female yang hanya menunjukkan itu di dalam rumah atau tempat kerjanya.

5. Suka menolong

Alpha female menawarkan diri untuk membantu dan bahkan ia dicari untuk dimintai tolong. Ia akan senantiasa mencari cara untuk membantu kesulitan yang dialami oleh orang lain. Ia pun akan memberi bimbingan untuk para junior untuk menemukan jati diri, bukan menjatuhkan orang lain.

6. Ambisius

Alpha female tidak akan diam dalam satu situasi yang lama. Ia akan mencari kesempatan dan tantangan lain. Keambisiusan ini pun ditandai dengan mencari mentor baru untuk mengasah diri kembali. Hal ini dimaksudkan agar ia bisa mendapatkan penghasilan, kesempatan, dan kehidupan yang lebih baik lagi.

7. Memiliki kedekatan dengan orangtua

Pemimpin yang baik selalu menjunjung tinggi orangtuanya. Dalam kasus ini, alpha female akan sangat dekat dengan ibunya. Pasalnya, perempuan yang kuat pasti dibentuk oleh ibu yang kuat juga. Kedekatan ini yang akan membangun individu alpha female yang sangat baik.

8. Mampu membangun keharmonisan

Seorang alpha female akan menghubungkan satu orang dengan orang lain. Mereka seperti dirigen sebuah orkestra dengan musik yang sangat harmonis. Saat si alpha female menghilang, keharmonisan ini akan meluntur perlahan.

9. Penuh rasa percaya diri

Seorang alpha female memiliki rasa percaya diri yang tinggi
Seorang alpha female dapat menularkan rasa percaya dirinya pada orang lain
Rasa percaya diri ini bisa menular ke orang lain. Saat seorang pemimpin percaya diri, hal tersebut akan diikuti oleh orang-orang yang dipimpinnya. Alpha female selalu menganggap dirinya setara dengan orang lain untuk menunjukkan bahwa setiap orang bisa melakukannya. Karena anggapan itu juga, alpha female akan disegani.

Catatan dari SehatQ

Seorang alpha female bisa membuat perubahan dalam sebuah kelompok dengan kepercayaan dirinya. Ia pun akan senantiasa membantu orang lain di dalam kelompoknya untuk lebih berkembang ke arah yang positif. Selain itu, ciri-ciri alpha female yang paling kentara adalah percaya diri dan kuat dalam menjalani kesehariannya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar alpha female, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tokoh wanita indonesiakesehatan wanitaberpikir positif
Science of People https://www.scienceofpeople.com/alpha-female
Diakses pada 7 April 2021
Psychology Today https://www.psychologytoday.com/us/blog/career-commitment/201404/alpha-woman-beta-woman
Diakses pada 7 April 2021
Psychology Today https://www.psychologytoday.com/us/blog/alpha-females
Diakses pada 7 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait