Kenali Perbedaan Stretchmark dan Selulit agar Penanganannya Tepat Guna

Ketahui perbedaan stretchmark dan selulit agar tau cara menanganinya
Ketahui perbedaan stretchmark dan selulit agar penanganannya tepat.

Selulit dan stretchmark termasuk dua masalah kulit yang sering menghampiri perempuan. Produk-produk kecantikan dan perawatan kulit pun banyak ditawarkan untuk mengatasi keduanya.

Pertanyaannya, apa sebenarnya perbedaan stretchmark dan selulit? Manakah dari keduanya yang lebih sulit dihilangkan?

Ciri-ciri yang menjadi perbedaan stretchmark dan selulit

Stretchmark tidak sama dengan selulit, dan satu orang bisa saja mengalami dua masalah kulit ini sekaligus. Untuk lebih jelas, inilah yang membedakan keduanya:

Perbedaan penyebab

Stretchmark muncul akibat peregangan kulit dalam waktu cepat. Kondisi ini biasanya terjadi saat kaum hawa mengalami kehamilan, kenaikan berat badan yang signifikan, serta pada masa pubertas ketika terjadi percepatan pertumbuhan badan (growth spurt) pada remaja. 

Sementara itu, selulit muncul ketika tumpukan lemak terdorong melewati serat kolagen dan jaringan ikat yang lemah kemudian berdiam di bawah kulit. Selulit bisa terjadi akibat ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, seperti insulin dan katekolamin, maupun kurangnya olahraga massa otot, misalnya karena kegemukan dan sirkulasi cairan tubuh yang kurang baik. 

Perbedaan penampakan

Pada awal kemunculan, stretchmark nampak sebagai garis berwarna merah muda di permukaan kulit. Stretchmark bisa pula muncul dengan warna merah atau keunguan. Garis tersebut kemudian memudar menjadi garis berwarna putih yang lama-kelamaan tampak seperti garis bekas luka di permukaan kulit. 

Lain pula dengan selulit. Kondisi ini menyebabkan kulit nampak kendur, berlesung, dan bergelombang seperti kulit jeruk. Meski tampak seperti timbunan lemak, selulit bukan hanya memonopoli mereka yang bertubuh gemuk. Pasalnya, banyak orang langsing yang juga mengalami selulit.

Perbedaan lokasi kemunculan

Stretchmark umumnya muncul di perut, payudara, lengan, bokong dan paha.  Sedangkan selulit kerap timbul pada paha belakang dan bokong. 

Menghilangkan stretchmark vs menghilangkan selulit, mana yang lebih susah?

Pada dasarnya, menghilangkan strechmark dan selulit sepenuhnya tidaklah mungkin. Namun Anda masih bisa mengurangi atau menyamarkan penampakannya di kulit.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stretchmark:

  • Menggunakan krim yang mengandung tretinoin untuk memperbaiki kondisi kolagen di kulit. Sebaiknya, gunakan krim pada tahap awal kemunculan stretchmark untuk hasil yang lebih efektif.
  • Menjalani terapi laser di dokter spesialis kulit untuk merangsang pertumbuhan kolagen dan elastin yang akan memperbaiki kondisi kulit. Terapi ini juga lebih efektif dilakukan saat kemunculan awal stretchmark.
  • Mikrodermabrasi di dokter spesialis kulit untuk mengikis lapisan atas kulit yang menampakkan stretchmark, dengan menggunakan butiran-butiran kristal berukuran mikro. Prosedur ini bertujuan menyamarkan penampakan stretchmark dan cukup efektif dilakukan pada stretchmark yang sudah lama muncul.

Untuk menghilangkan selulit, langkah-langkah yang bisa Anda lakukan meliputi:

  • Olahraga secara teratur. Membakar lemak yang menumpuk serta mengencangkan dan membentuk otot akan membuat tubuh terlihat lebih kencang. Dengan ini, penampakan selulit bisa berkurang. Kombinasikan olahraga, seperti jogging atau senam aerobik, untuk membakar lemak, dengan olahraga angkat beban untuk mengencangkan dan menambah massa otot. 
  • Pola makan dengan gizi seimbang. Selain untuk menjaga berat badan, langkah ini juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Konsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin dan mineral akan membantu dalam menjaga elastisitas kulit lebih lama. Memang selulit tidak akan hilang, tapi penampakan kulit akan menjadi lebih baik.
  • Terapi laser dan gelombang elektromagnetik (radio frequency) untuk merangsang pembentukan kolagen serta memperbaiki elastisitas kulit, sehingga mengurangi penampakan selulit. Namun hasilnya cenderung hanya bertahan untuk jangka pendek.
  • Injeksi dermal filler untuk meratakan permukaan kulit yang bergelombang dan berlesung. Prosedur ini bisa menghilangkan selulit, namun hanya sementara. 

Dengan mengetahui perbedaan strechmark dan selulit, Anda jadi lebih mudah untuk mengenali dan memilih penanganan yang sesuai. Ingatlah bahwa apapun penanganan yang Anda pilih, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

Nah, bagaimana menurut Anda? Stretchmark atau selulit yang lebih susah dihilangkan?

Health. https://www.health.com/health/gallery/0,,20735356,00.html
Diakses pada 12 Juni 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/stretch-marks#home-remedies
Diakses pada 12 Juni 2019

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/41793-difference-between-cellulite-stretch/
Diakses pada 12 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed