Sudah Coba Essential Oil Ini, yang Bermanfaat bagi Kesehatan Kulit dan Kecantikan?

Sejumlah kandungan pada minyak almond, termasuk vitamin E, berguna bagi kesehatan kulit.
Minyak almond memiliki sejumlah kandungan yang bermanfaat untuk menjadikan kulit sehat, termasuk vitamin E.

Essential oil atau minyak atsiri, ternyata memiliki manfaat untuk membuat kulit sehat. Simak penjelasan berikut ini mengenai kegunaan minyak atsiri, serta berbagai jenisnya, yang layak Anda coba.

Minyak atsiri dari tanaman obat, bahkan kini dipilih sebagai alternatif pengobatan klinis dari dokter. Sebab selain harganya terjangkau, tanaman obat tersebut pun bisa didapatkan di lingkungan tempat tinggal Anda.

[[artikel-terkait]]

Essential Oil untuk Kecantikan

Minyak atsiri, dengan berbagai macam variannya, telah menjadi alternatif untuk merawat kecantikan kulit, kuku, bahkan rambut. Anda pun bisa memperolehnya dengan cukup mudah. Apa saja jenis essential oil yang biasa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan?

1. Almond

Minyak almond dikenal sebagai bahan dasar berbagai produk kecantikan. Dengan sifatnya yang melembutkan, Anda bisa merasakan manfaat almond oil ini pada kulit dan rambut. Kandungan emoliennya pun membuat kulit tetap lembap. Essential oil tersebut sangat membantu para pemilik kulit kering dan sensitif.

Tak hanya itu, minyak almonf mengandung vitamin E, yang menjaga kulit dari penuaan dini maupun kerusakan akibat paparan sinar matahari.

2. Marula 

Terbuat dari buah pohon marula yang ditemukan di Afrika Selatan, minyak ini mampu melembapkan kulit dengan baik. Minyak marula penuh dengan kandungan asam lemak, yang menurut dokter kulit, mampu menenangkan atau mengatasi kulit kering. Minyak jenis ini bisa diserap kulit dengan cepat, dan tidak akan membuat kulit terlihat berminyak.

3. Tea-tree 

Bakteri di pori-pori bisa menyebabkan kulit memerah atau meradang karena jerawat. Penelitian menunjukkan bahwa minyak dari pohon teh atau tea-tree oil, dapat membantu menghancurkan bakteri tersebut.

Bahkan, tea-tree oil teruji lebih efektif dalam mengobati jerawat dan peradangan kulit, dibandingkan gel plasebo. Studi lain menemukan bahwa minyak pohon teh sama efektifnya dengan benzoil peroksida, yang merupakan bahan umum obat jerawat.

4. Argan 

Minyak argan kaya akan antioksidanpolifenol, yang dapat melawan efek penuaan. Para dokter kulit juga mengatakan bahwa asam lemak omega-3 pada minyak argan, mampu meningkatkan pertumbuhan kolagen, dan membuat kulit menjadi kenyal.

Minyak argan juga membantu menjaga kesehatan rambut, tanpa membuatnya terasa berminyak. Anda masih bisa menggunakan produk perawatan rambut yang lain, saat memakai minyak argan.

5. Chamomile dan peppermint

Anda mungkin berpikir bahwa chamomile hanya dapat digunakan sebagai bahan dasar teh. Namun ternyata, minyak dari tanaman bunga ini juga dapat menenangkan kulit.

Minyak chamomile pun dipercaya memiliki manfaat antiinflamasi dan antiseptik, untuk mengurangi kemerahan, iritasi, serta risiko infeksi. Selain minyak chamomile, minyak peppermint juga bisa menenangkan kulit.

6. Minyak kelapa

Kulit kering dan pecah-pecah lebih mungkin terinfeksi, terkena iritasi, dan mengalami reaksi alergi. Minyak kelapa mampu melindungi dan melembapkannya, serta menenangkan bagian kulit yang bersisik dan kasar. Biasanya, pemilik kulit yang mengalami eksim, mengalami kondisi tersebut.

7. Rosehip dan Wortel

Anda bisa menemukan banyak kandungan vitamin A pada produk-produk perawatan kulit. Kandungan tersebut bisa dijumpai pada retinoid, yaitu bahan kimia yang membantu regenerasi sel kulit, serta menghasilkan kolagen tubuh. Selain itu, retinoid pun bisa menyamarkan perubahan warna pada kulit dengan jaringan parut dan stretch mark.

Essential oil dari biji resehip dan wortel, terkenal memiliki manfaat tersebut. Selain itu, para dokter spesialis kulit pun mengatakan, essential oil tersebut juga bisa digunakan dalam perawatan jerawat, dan menjaga kulit tampak tetap muda. Anda hanya perlu menggunakannya sedikit di malam hari.

8. Zaitun dan Alpukat

Punya kuku tipis atau rapuh? Oleskanlah sedikit minyak zaitun atau minyak alpukat pada kuku sebelum tidur. Dengan kandungan asam lemak, minyak tersebut bisa menyehatkan kuku.

Tanaman Obat Sumber Essential Oil untuk Kesehatan Kulit

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Kesehatan RI, telah melakukan kajian terhadap sejumlah tanaman obat. Hasilnya, setidaknya ada 2 jenis tanaman obat yang mudah diperoleh, dan bisa dimanfaatkan  dalam bentuk minyak atsiri, untuk kesehatan kulit.

1. Lengkuas

Rimpang lengkuas mengandung essential oil dengan kadar sekitar 1 persen. Anda bisa memperoleh minyak atsiri tersebut dengan mengiris atau menumbuk lengkuas. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengobati panu dan kutu air.

2. Sereh Wangi

Daun sereh wangi pun ternyata memiliki kandungan minyak atsiri. Begitu pula dengan akarnya. Anda bisa memanfaatkan essential oil dari sereh wangi untuk menghambat berbagai pertumbuhan bakteri penyebab infeksi kulit.

Meski tersedia beragam pilihan essential oil untuk kesehatan kulit dan kecantikan, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memakainya. Terutama jika Anda sedang menjalani kehamilan maupun masa menyusui.

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-natural-oils-beauty
Diakses pada Oktober 2018

Healhtline. https://www.healthline.com/nutrition/almond-oil#section4
Diakses pada 13 Maret 2019

Kementerian Kesehatan RI.
http://www.depkes.go.id/article/view/18121900004/4-jenis-tanaman-ini-berkhasiat-untuk-kesehatan.html
Diakses pada 13 Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed