Fungsi tulang pergelangan tangan membantu pergerakan pergelangan tangan dan jemari
Fungsi tulang pergelangan tangan tidak hanya dalam membantu pergerakan pergelangan tangan saja

Tulang-tulang dalam tubuh Anda menopang dan berperan dalam pergerakan yang dilakukan setiap hari. Tulang pergelangan tangan adalah salah satu tulang yang sering digunakan sehari-harinya.

Fungsi tulang pergelangan tangan tidak hanya sekedar membantu pergerakan tangan dalam mengetik, berolahraga, dan sebagainya, tetapi terdapat fungsi pergelangan tangan lainnya yang mungkin belum Anda ketahui.

Apa saja fungsi tulang pergelangan tangan?

Fungsi tulang pergelangan tangan yang paling utama tentunya adalah untuk membantu pergerakan tangan Anda, tetapi Anda perlu mengetahui fungsi tulang pergelangan tangan lainnya.

  • Membantu pergerakan pergelangan tangan

Fungsi pergelangan tangan adalah membantu pergerakan pergelangan tangan. Anda dapat menggerakkan pergelangan tangan ke belakang dan ke depan, ke samping kiri dan kanan, ke atas dan ke bawah, serta memutar karena adanya tulang pergelangan tangan.

Fungsi tulang pergelangan tangan dalam membantu pergerakan pergelangan tangan bisa terlihat saat Anda berusaha melempar bola, mengangkat gelas, menuangkan minuman, menutup tutup kaleng, dan sebagainya.

Fungsi pergelangan tangan adalah membantu jemari untuk bergerak
  • Membantu pergerakan jari-jari tangan 

Tidak hanya membantu pergerakan pergelangan tangan, fungsi tulang pergelangan tangan juga turut membantu pergerakan jari-jari tangan.

Tulang pergelangan tangan membantu pergerakan jempol dan jemari lainnya untuk bisa bergerak ke depan dan belakang, serta ke samping kiri dan kanan.

  • Penghubung tulang lengan bawah dengan tulang-tulang jari

Fungsi tulang pergelangan tangan berikutnya adalah sebagai penghubung antara tulang tangan yang terdiri dari tulang-tulang jemari dengan tulang lengan bawah yang terdiri dari tulang hasta dan tulang pengumpil.

Fungsi pergelangan tangan lainnya adalah tempat melekatnya jaringan
  • Tempat melekatnya jaringan-jaringan tubuh pada tangan

Fungsi tulang pergelangan tangan lainnya adalah sebagai tempat melekatnya otot dan jaringan-jaringan halus, seperti tendon, saraf, pembuluh darah, dan ligamen. Jaringan-jaringan tersebut berperan dalam membantu pergerakan, sensasi, dan penyaluran nutrisi ke tangan.

Gangguan pada fungsi pergelangan tangan

Tulang pergelangan tangan sangat sering digunakan dan karenanya sangat rentan untuk mengalami cedera ataupun gangguan. Gangguan pada fungsi pergelangan tangan bisa diakibatkan oleh berbagai hal, seperti:

  • Keretakan pada tulang pergelangan tangan

Cedera berupa keretakan pada tulang pergelangan tangan merupakan gangguan pada fungsi tulang pergelangan tangan yang paling umum terjadi.

Keretakan pada tulang pergelangan tangan bisa terjadi karena adanya tekanan atau pukulan yang keras, seperti karena kecelakaan, dan sebagainya.

Anda juga bisa mengalami keretakan pada tulang pergelangan tangan karena jatuh dengan posisi lengan yang terentang. Keretakan akibat jatuh semakin meningkat bila Anda memiliki osteoporosis.

Fungsi pergelangan tangan bisa terganggu karena tekanan berulang
  • Tekanan berulang pada tulang pergelangan tangan 

Tekanan atau gerakan yang dilakukan secara berulang dapat mengganggu fungsi tulang pergelangan tangan dengan memicu terjadinya sindrom terowongan karpal atau carpal tunnel syndrome (CTS). Carpal tunnel adalah sekumpulan tendon dan saraf yang berada di tulang pergelangan tangan.

Carpal tunnel dapat menebal dan meradang apabila diberikan tekanan atau melakukan gerakan tertentu secara berulang, seperti mengetik, olahraga tertentu, dan sebagainya.

  • Cedera pada otot di tulang pergelangan tangan

Selain keretakan, cedera otot di tulang pergelangan tangan adalah cedera umum lainnya yang bisa mengganggu fungsi tulang pergelangan tangan. Cedera otot bisa menyebabkan rasa sakit pada tulang pergelangan tangan.

  • Artritis di tulang pergelangan tangan

Kondisi medis berupa artritis atau peradangan pada sendi bisa terjadi pada tulang pergelangan tangan. Ciri khas utama dari artrtis adalah rasa sakit dan kekakuan pada persendian.

Jenis artrtis yang umum terjadi pada tulang pergelangan tangan adalah osteoartritis, rheumatoid arthritis, dan posttraumatic arthritis.

Tulang pergelangan tangan rentan mengalami gangguan, tetapi Anda bisa menghindari cedera dan gangguan tersebut dengan melakukan peregangan pada tangan dan pergelangan tangan.

Anda juga bisa meningkatkan kekuatan tangan dan pergelangan tangan dengan melakukan latihan kekuatan tertentu. Salah satu olahraga yang dapat membantu fleksibilitas dan kekuatan tangan serta pergelangan tangan adalah yoga.

Healthline. https://www.healthline.com/human-body-maps/wrist#1
Diakses pada 11 Oktober 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/chronic-pain/wrist-and-hand-stretches
Diakses pada 11 Oktober 2019

Michigan Medicine University of Michigan. https://www.uofmhealth.org/conditions-treatments/cmc/hand-elbow-wrist/wrist-fractures
Diakses pada 11 Oktober 2019

Orthoinfo. https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/arthritis-of-the-wrist/
Diakses pada 11 Oktober 2019

Sports-Health. https://www.sports-health.com/sports-injuries/hand-and-wrist-injuries/guide-wrist-anatomy
Diakses pada 11 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed