logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Kenali Fungsi Arteri Pulmonalis dan Potensi Masalahnya

open-summary

Arteri pulmonali berperan penting dalam sistem peradaran tubuh manusia. Yaitu, membuang racun karbondioksida serta mengembalikan oksigen pada darah. Perhatikan pula gangguan yang menyertainya.


close-summary

21 Jun 2021

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Fungsi arteri pulmonalis pada tubuh manusia

Arteri pulmonalis berperan penting dalam peredaran darah tubuh

Table of Content

  • Anatomi arteri pulmonalis
  • Fungsi arteri pulmonalis
  • Gangguan pada arteri pulmonalis

Arteri pulmonalis atau batang paru adalah pembuluh darah besar yang mengalirkan darah dari jantung menuju ke paru-paru. Mempunyai peranan penting dalam sistem peredaran darah, maka dari itu jika bermasalah kemungkinan besar bisa mengganggu fungsi tubuh Anda.

Advertisement

Untuk mengenal lebih jauh seputar fungsi arteri pulmonalis dan potensi penyakit yang mungkin terjadi, simak penjelasan berikut ini.

Anatomi arteri pulmonalis

gambar anatomi arteri pulmonalis
gambar anatomi arteri pulmonalis

Dalam anatomi jantung, arteri pulmonalis tergolong sebagai pembuluh darah besar yang bercabang menjadi dua, yaitu arteri pulmonalis kanan dan arteri pulmonalis kiri.

Pembuluh darah ini masing-masing mempunyai bentuk sepeti tabung dengan lumen (lubang tempat darah mengalir). Peran bagian kiri dan kanan pun sama, yaitu mengirim darah ke paru-paru.

Mengutip dari Verywell Health, batang serta arteri pulmonalis kanan dan kiri bentuknya seperti huruf kapital T. Tepatnya dengan batang membentuk bagian bawah.

1. Mempunyai katup

Ada katup di antara ventrikel (bilik) kanan jantung dan batang paru. Katup ini, terdiri dari dua jaringan ikat yang akan terbuka saat jantung memompa darah.

Saat otot jantung berelaksasi, katup menutup untuk mencegah darah mengalir mundur ke jantung.

2. Mempunyai lapisan otot

Hampir sama seperti semua arteri, dinding arteri pulmonalis memiliki beberapa lapisan otot sehingga bisa melebar dan menyempit. Ini bisa dibilang menjadi perbedaan arteri dan vena, karena pembuluh darah vena lebih tipis dan lapisan otot juga sedikit.

Berikut adalah beberapa lapisan otot yang ada pada arteri pulmonalis, yaitu:

  • Intima, lapisan dalam yang halus.
  • Media, lapisan tengah yang mendorong darah masuk.
  • Adventitia, lapisan luar sebagai pelindung.

Perlu Anda ketahui bahwa batang paru pendek dan lebar, sehingga lokasinya ada di pintu keluar bilik kanan. Sedangkan cabang arteri utama berada di atas jantung sebelah kiri aorta asendens.

Berbeda lagi dengan arteri pulmonalis kiri yang lebih dekat ke paru-paru daripada arteri pulmonalis kanan.

Arteri pulmonalis kiri memasuki paru-paru kiri, sementara arteri pulmonalis kanan harus melintasi dada bagian atas untuk memasuki paru-paru kanan.

Baca Juga

  • Membedah Mukosa dari Pengertian Hingga Fungsinya
  • Mengenal 4 Jenis Gigi dan Fungsinya Masing-Masing
  • Jenis dan Fungsi Tulang Telapak Tangan Manusia yang Bisa Dipelajari

Fungsi arteri pulmonalis

Faktanya, batang paru ini adalah bagian dari sirkulasi pulmonal. Yaitu, mencakup vena pulmonalis dan kapiler pulmonal. Tujuan dari sirkulasi pulmonal adalah untuk mentransfer oksigen dan karbondioksida.

Sedangkan fungsi utama arteri pulmonalis adalah untuk membawa darah kurang oksigen dan yang mengandung racun karbondioksida ke pembuluh darah kecil paru-paru sehingga terjadi pertukaran.

Ini merupakan satu-satunya arteri tubuh yang membawa darah deoksigenasi (kekurangan oksigen), sedangkan arteri lainnya justru membawa darah kaya oksigen.

Setelah memasuki paru-paru, arteri pulmonalis membelah menjadi banyak pembuluh darah yang lebih kecil dan mencapai kapiler yang mengelilingi aveoli. 

Selanjutnya, di dalam paru-paru, batang paru ini melepaskan kelebihan karbondioksida dari darah dan diisi dengan oksigen yang Anda hirup melalui pernapasan.

Darah yang mengandung oksigen pun kembali ke serambi kiri melalui vena pulmonalis menuju jantung. Bilik kiri jantung kemudian memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh agar berfungsi dengan baik.

Berikut adalah cara kerja serta fungsi arteri pulmonalis dengan bagian lain jantung untuk membantu sistem peredaran darah, yaitu:

  • Ventrikel kanan, bilik bawah jantung mengirimkan darah kurang oksigen ke arteri pulmonalis utama.
  • Katup pulmonal, terbuka untuk mengeluarkan darah kurang oksigen dari jantung dan masuk ke batang paru. Lalu menutup agar darah tidak kembali ke jantung.
  • Vena pulmonalis, pembuluh darah yang kaya oksigen berasal dari paru-paru dan membawanya kembali ke jantung.

Gangguan pada arteri pulmonalis

Umumnya, setiap batang paru-paru terbagi menjadi 3 – 7 cabang. Ini mengharuskan kedua sisi jantung dan arteri pulmonalis berbagi fungsi secara merata.

Namun, apabila terjadi suatu kondisi atau gangguan ini bisa mengakibatkan masalah. Sebagai contoh, cacat jantung bawaan yang terjadi sejak lahir.

Berikut adalah beberapa kelainan bawaan langka yang bisa memengaruhi fungsi pembuluh darah arteri pulmonalis, seperti:

1. Stenosis arteri pulmonalis

Stenosis pulmonal adalah penyempitan pada cabang arteri pulmonalis sehingga sulit bagi darah untuk mengalir ke paru-paru dan mendapatkan oksigen.

Kondisi ini sering kali disertai dengan defek septum ventrikel (lubang pada dinding septum jantung).

Akibatnya, bilik kanan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Otot jantung pun menebal yang mengakibatkan jantung membesar.

Selain kondisi bawaan, stenosis pulmonal juga bisa terjadi akibat infeksi atau prosedur jantung.

2. Stenosis katup pulmonal

Cacat jantung bawaan ini menyebabkan katup pada area paru menebal atau kaku. Terkadang, penutup katup atau selebaran pun menjadi menyatu.

Kondisi katup yang menebal, kaku, dan menyatu mengakibatkan tidak sepenuhnya terbuka. Maka dari itu, jantung bisa bekerja lebih keras sehingga akibatnya jadi membesar.

3. Hipertensi pulmonal

sesak napas akibat hipertensi pulmonal
Hipertensi pulmonal dapat menyebabkan sesak napas

Hipertensi pulmonal adalah jenis tekanan darah tinggi yang memengaruhi paru-paru. Kondisi ini terjadi ketika arteri di paru-paru menebal, menyempit, atau mengeras.

Akibatnya, aliran darah dari arteri pulmonalis ke paru-paru melambat. Hipertensi pulmonal dapat menyebabkan kelelahan, sesak napas, pembengkakan kaki, dan batuk darah.

Dalam kasus yang parah, kondisi ini juga bisa mengakibatkan gagal jantung dan kecacatan.

4. Emboli paru

Emboli paru adalah adanya gumpalan darah yang bersarang di arteri pulmonalis sehingga menghalangi aliran darah ke paru-paru. Penyebabnya ketika gumpalan darah yang terbentuk di kaki, lengan, atau bagian tubuh lain berjalan melalui jantung hingga masuk ke arteri pulmonalis.

Emboli paru dapat ditandai dengan sesak napas tiba-tiba, nyeri dada dan punggung, batuk, dahak berdarah, keringat berlebih, pusing, bibir dan kuku kebiruan, hingga penurunan kesadaran.

5. Aneurisma arteri pulmonalis

Aneurisma arteri pulmonalis adalah ketika arteri melebar atau menggelembung sehingga bisa pecah dan mengancam jiwa. Kondisi ini umumnya terjadi jika Anda juga memiliki hipertensi pulmonal.

Walaupun menjadi kondisi bawaan sejak lahir, Anda juga perlu berhati-hati karena gangguan pembuluh darah arteri ini juga bisa terjadi karena penyakit jantung lainnya.

Tergantung dari penyebabnya, Anda mungkin membutuhkan perawatan untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen hingga pembedahan.

Sebaiknya, terapkan pola hidup sehat dan ketahui cara menjaga kesehatan jantung yang tepat serta menyenangkan.

Jika Anda ingin bertanya seputar kesehatan arteri pulmonalis, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play

 

Advertisement

pembuluh darahoksigenperedaran darahfungsi organanatomi manusia

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved