Kenali Ciri Bayi Sehat dalam Kandungan Usia 8 Bulan

(0)
29 Jul 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan adalah sering bereaksi dan bergerak aktifJanin yang berkembang membuat ukuran perut ibu semakin besar di usia kandungan 8 bulan
Memasuki usia kehamilan 8 bulan berarti dalam hitungan minggu bayi Anda akan segera lahir. Seiring dengan pertumbuhan janin di dalam rahim yang terus berkembang, perut juga akan semakin besar dan berat.Anda mungkin akan merasakan beberapa hal pada saat usia kehamilan 8 bulan, seperti mulai merasa semakin sulit bernapas atau napas sesak, kontraksi palsu, nyeri ulu hati, sulit tidur, sering buang air kecil, kelelahan, kulit terasa gatal, dan lain sebagainya.Selain dari sisi ibu, ada pula ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan yang bisa Anda identifikasi sendiri ataupun lewat bantuan dokter kandungan.

Ciri bayi sehat dalam kandungan 8 bulan

Pada usia kehamilan 8 bulan, janin dalam kandungan akan terasa kian berat dan aktif. Anda mungkin akan sering merasakan gerakannya karena bayi sudah bisa melihat, mendengar, dan merasakan sakit.Salah satu ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan adalah sering bereaksi atau bergerak aktif sebagai respons terhadap rangsangan di sekitarnya. Berikut adalah beberapa ciri lainnya berdasarkan usia kandungan,

1. Usia kandungan 33 minggu

Berat bayi saat ini adalah sekitar 1,9 kg dengan panjang 43,7 cm dari kepala hingga tumit. Pada kehamilan minggu ke 33, bayi sudah sebesar buah nanas. Selain itu tahapan perkembangan bayi di minggu ke 33 adalah:
  • Otak bayi berkembang pesat.
  • Lengan dan kakinya terlihat gemuk karena jumlah lemak di bawah kulitnya meningkat.
  • Tulang tengkorak bayi lunak dan lentur, serta lempeng tulang yang membentuknya belum menyatu.
  • Jika bayi berjenis kelamin laki-laki, maka testis sudah turun ke skrotum. Namun terkadang satu atau kedua testis tidak sepenuhnya turun.

2. Usia kandungan 34 minggu

Berat bayi saat ini adalah sekitar2,1 kg dengan panjang 45 cm dari kepala hingga tumit. Pada kehamilan usia 35 minggu, paru-paru bayi terus berkembang dan bayi sudah mengenali suara di sekitarnya, dan bahkan sudah mengenali suara musik.

3. Usia kandungan 35 minggu

Bayi Anda sekarang memiliki berat sekitar hampir 2,4 kg dan panjang sekitar 46,2 cm dari kepala hingga tumit. Bayi yang sehat akan bertambah sekitar 30 gram sehari selama beberapa minggu ke depan.Gerakan bayi juga dapat terlihat dari permukaan perut tanpa harus diraba. Saat ini, bayi sudah bisa bergerak naik turun dan berguling. Anda juga bisa merasakan saat ia mengalami cegukan.

4. Usia kandungan 36 minggu

Berat bayi di usia kandungan ini sekitar hampir 2,6 kg dan panjang lebih dari 47,4 cm. Saat ini, kondisi bayi telah lengkap dan dapat lahir kapan saja. Selain itu, ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan pada minggu ke 36 adalah:
  • Sensitivitas pendengaran bayi kian meningkat.
  • Sistem otak dan sarafnya semakin responsif.
  • Sisa rambut lanugo yang selama ini menutupi permukaan kulitnya terus rontok. Demikian juga vernix caseosa, yakni zat pelindung yang selama ini menutupi kulitnya. Rambut dan zat ini akan ditelan oleh bayi dan menetap di bayinya hingga lahir. Kedua zat ini akan menjadi kotoran pertamanya setelah lahir.
  • Posisi kepala semakin rendah dan mungkin turun ke panggul.

Hal yang harus diperhatikan saat kandungan usia 8 bulan

Usia kandungan 8 bulan dimulai dari minggu ke-33 hingga 36. Pada periode ini, Anda sebaiknya telah mempersiapkan segala hal berkaitan dengan persalinan. Kelahiran bayi terbilang normal saat terlahir pada minggu ke-37 sampai minggu ke-40.Jika Anda rutin menjalani pemeriksaan, biasanya ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan sudah bisa dikonfirmasi. Demikian juga dokter mungkin sudah bisa mengetahui apabila terdapat gangguan atau kelainan pada janin.Untuk memastikan bayi dapat terlahir sehat dan lancar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat kehamilan telah memasuki 8 bulan, di antaranya adalah:
  • Jika terjadi perubahan dalam pola gerakan bayi, seperti semakin jarang terasa atau terus terjadi gerakan tak biasa, segera hubungi bidan atau dokter kandungan sehingga kondisi bayi dapat dipastikan.
  • Apabila berat bayi masih kurang dari yang seharusnya, dokter kandungan mungkin akan memberikan beberapa saran untuk memaksimalkan pertumbuhan bayi.
Apabila Anda mengalami salah satu atau lebih dari hal-hal yang disebutkan di atas, segera kunjungi dokter kandungan Anda untuk mendapatkan penanganan supaya kondisi bayi dalam kandungan senantiasa sehat.
menjaga kehamilanperkembangan janin
Pampers
https://www.in.pampers.com/pregnancy/pregnancy-calendar/8-months-pregnant
Diakses 15 Juli 2020
Baby Center UK
https://www.babycentre.co.uk/s1001632/your-pregnancy-at-35-weeks
https://www.babycentre.co.uk/36-weeks-pregnant
https://www.babycentre.co.uk/37-weeks-pregnant
https://www.babycentre.co.uk/38-weeks-pregnant
Diakses 15 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait