Kenali 15 Cara Mengatasi Mual yang Ampuh Ini


Cara mengatasi mual yang alami antara lain dengan minum jahe dan lemon. Anda juga bisa minum obat mual seperti dimenhydrinate dan promethazine. Pemilihan cara untuk menghilangkan mual harus disesuaikan dengan penyebabnya.

(0)
09 Oct 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Jahe serta rempah lain seperti kayu manis dan jintan bisa menjadi cara mengatasi mual yang alamiCara mengatasi mual yang paling efektif dan cepat adalah dengan minum obat antimual
Rasa mual pada ibu hamil adalah hal yang normal terjadi. Namun, Anda mungkin bertanya-tanya jika mual muncul secara tiba-tiba tanpa diketahui sebabnya. Agar mual tidak terus mengganggu kegiatan, Anda sebaiknya langsung mencoba beberapa cara mengatasi mual.Cara menghilangkan mual yang paling efektif dan cepat, tentunya adalah dengan mengonsumsi obat mual. Tapi jangan salah, cara alami seperti konsumsi jahe, rempah-rempah hingga lemon, juga dipercaya bisa membantu mengatasi kondisi satu ini.Satu hal yang pasti, sebelum mencoba cara untuk mengatasi mual, Anda perlu tahu dulu penyebabnya agar bisa memilih metode yang paling efektif sesuai kondisi Anda.

Sebenarnya, apa saja penyebab mual?

Selain kehamilan, ada beberapa penyebab mual yang juga perlu Anda perhatikan, seperti berikut ini.
  • Mabuk kendaraan
  • Nyeri hebat
  • Paparan racun kimia
  • Stres atau rasa takut
  • Penyakit kandung empedu
  • Keracunan makanan
  • Gangguan pencernaan
  • Infeksi virus
  • Aroma tertentu
Selain kondisi di atas, penyakit kronis di lambung seperti intoleransi laktosa dan celiac disease juga dapat menjadi penyebab mual. Penyakit-penyakit tersebut umumnya juga muncul bersama gejala lain, seperti diare, konstipasi, dan sakit perut.Memiliki kebiasaan buruk seperti minum alkhol berlebih pun bisa memicu Anda merasa mual dan ingin muntah. Terlebih, pada orang yang mengalami gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia.

Coba cara menghilangkan mual ini

Cukup dengan memilih cara menghilangkan mual di bawah ini, Anda diharapkan dapat kembali sehat dan beraktivitas seperti biasa.
Cara mengatasi mual yang palng ampuh adalah dengan obat
Obat mual bisa jadi cara mengatasi mual yang instan

1. Minum obat mual

Banyak obat antimual yang bisa Anda dapatkan di apotek. Umumnya, obat ini digunakan untuk mual yang disebabkan oleh mabuk perjalanan serta infeksi. Secara medis, obat ini masuk ke dalam obat antiemetik.Beberapa obat yang termasuk antiemetik, seperti dimenhydrinate, dipenhydramine, dan promethazine. Namun, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsinya.

2. Konsumsi jahe

Jahe disebut berpotensi membantu meredakan mual pada ibu hamil dan orang yang sedang menjalani kemoterapi. Anda dapat mengonsumsinya sebagai teh jahe, atau menambahkannya ke dalam masakan.

3. Minum air putih yang banyak

Apabila mual yang Anda rasakan juga disertai dengan muntah, maka Anda perlu menjaga kadar cairan di tubuh dengan minum sedikit-sedikit, tetapi secara teratur. Mengonsumsi makanan asin dan minuman tanpa soda juga dapat Anda lakukan, untuk menggantikan garam dan gula yang keluar akibat muntah.
Cara mengatasi mual salah satunya dengan menghindari makanan pedas
Cara menghilangkan mual selanjutnya adalah dengan menghindari makanan pedas

4. Hindari mengonsumsi makanan yang pedas

Saat sedang mual, lebih baik Anda mengonsumsi makanan yang tidak mengandung terlalu banyak bumbu. Rasa-rasa yang kuat seperti pedas yang berlebihan, bisa membuat perut terasa tidak nyaman.

5. Perhatikan posisi tubuh

Posisi tubuh Anda, seperti posisi yang menyebabkan perut menjadi tertekuk, juga bisa memicu mual. Menghindari posisi ini dapat menurunkan tekanan yang diterima perut, sekaligus mengurangi mual. Anda juga disarankan untuk duduk dengan tegak dan tidak banyak bergerak, saat sedang mual.Baca Juga: 17 Cara Mengatasi Perut Kembung Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

6. Manfaatkan lemon

Aroma buah segar yang sedikit asam, seperti lemon, dipercaya dapat membantu mengurangi mual pada ibu hamil. Untuk mencium aromanya, Anda cukup memotong lemon atau menghirup kupasan kulit lemon.

7. Atur pernapasan

Menarik napas secara perlahan dan dalam dapat membantu mengurangi mual. Anda bisa mencoba teknik pernapasan ini dengan menghirup udara melalui hidung selama 3 detik, lalu tahan napas selama 3 detik, dan kemudian mengembuskan napas selama 3 detik.
Cara menghilangkan mual dengan kayu manis dianggap efektif
Cara mengatasi mual menggunakan rempah-rempah dianggap ampuh

8. Gunakan rempah-rempah

Meski belum banyak penelitian mengenai manfaat rempah untuk mengurangi mual, cara alami ini telah sering digunakan di masyarakat. Kayu manis dipercaya dapat membantu mengurangi mual akibat menstruasi. Sementara itu, jintan dianggap mampu mengurangi mual akibat sakit perut, konstipasi, atau diare.

9. Coba buat otot menjadi lebih rileks

Membuat otot menjadi lebih rileks, melalui pijat atau progressive muscle relaxation (PMR) disebut efektif untuk mengurangi mual.

10. Konsumsi suplemen vitamin B6

Mengonsumsi suplemen vitamin B6, merupakan cara yang lebih aman dan efektif untuk mengatasi mual pada ibu hamil, dibandingkan dengan obat antimual lainnya. 
Cara mengatasi mual dengan pisang
Cara mengatasi mual dengan pisang bisa jadi pilihan praktis

11. Makan pisang

Mengonsumsi makanan yang cenderung tawar seperti pisang, juga bisa mengurangi sensasi mual. Cara ini, juga sering disarankan untuk orang-orang yang mengalami infeksi di saluran pencernaan ataupun keracunan makanan.

12. Minum larutan elektrolit

Minum larutan yang mengandung elektrolit atau garam, seperti minuman yang biasa dikonsumsi setelah olahraga, juga dinilai efektif untuk mengatasi mual.

13. Menghirup aromaterapi

Menghirup aromaterapi, terutama yang essential oil nya terbuat dari pepermin, dipercaya ampuh untuk membantu menghilangkan mual. Selain pepermin, Anda juga bisa memilih minyak atsiri yang terbuat dari lemon, lavender, chamomile, ataupun cengkeh.

14. Tempelkan kompres es ke leher belakang

Menempelkan kompres es atau kompres dingin ke leher bagian belakang, dianggap sebagai cara ampuh untuk atasi mual karena saat kita mual, suhu tubuh cenderung naik. Sehingga, menurunkan suhu tubuh dengan cara ini, dinilai bisa mengembalikan kondisi Anda kembali segar seperti semual.

15. Alihkan fokus

Terkadang, perasaan mual muncul karena pikiran-pikiran tertentu dan bukan karena penyakit atau gangguan fisik. Sehingga, untuk mengatasinya Anda cukup mengalihkan fokus pikiran dengan melakukan hal-hal yang disenangi, misalnya menonton televisi, bermai game, atau membaca buku.

Cegah mual dengan cara ini

Untuk mencegah mual, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, di antaranya:
  • Daripada mengonsumsi makanan berat dalam jumlah banyak tiga kali sehari, lebih baik makan lima kali sehari, namun dalam porsi kecil.
  • Jangan terburu-buru saat makan.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang sulit dicerna.
  • Konsumsi makanan yang sudah berada di suhu ruangan, jika Anda mual mencium aroma makanan panas atau hangat.
  • Setelah makan, istirahatlah dengan posisi kepala sedikit lebih naik dibanding kaki.
  • Jika memungkinkan, jangan minum sambil makan, melainkan setelah dan sebelum makan.
  • Saat mual sudah berkurang, coba untuk makan sedikit untuk mencegah mual kembali muncul.
    Saat mulai merasa mual, Anda juga bisa melakukan langkah agar mual tidak berlanjut menjadi muntah, seperti:
  • Konsumsi sedikit minuman manis, seperti soda atau jus buah. Namun, jangan gunakan buah yang terlalu asam seperti jeruk.
  • Istirahatkan tubuh Anda sambil duduk atau berbaring. Jika terlalu banyak bergerak, Anda bisa terpicu untuk muntah.
Mencoba berbagai cara menghilangkan mual di atas hendaknya juga disesuaikan dengan kondisi Anda. Jika mual tak kunjung reda atau Anda masih punya pertanyaan seputar kondisi ini, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di .
mualmuntahmabuk perjalanan
My Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/8106-nausea--vomiting/possible-causes
Diakses pada 9 Oktober 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/nausea-remedies
Diakses apda 9 Oktober 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/nausea-and-vomiting
Diakses pada 9 Oktober 2019
WebMD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/digestive-diseases-nausea-vomiting#3
Diakses apda 9 Oktober 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320877.php
Diakses pada 9 Oktober 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-nausea
Diakses pada 7 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
0

Artikel Terkait