Kenali Berbagai Penyebab Pergelangan Kaki Sakit Berikut Ini

(0)
26 Jun 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pergelangan kaki sakit menghadirkan ketidaknyamanan bahkan membuat sulit berjalanMerasakan pergelangan kaki sakit bisa menganggu aktivitas sehari-hari
Merasakan pergelangan kaki sakit tentu bisa sangat tidak nyaman. Anda pun menjadi kesulitan berjalan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini dapat disebabkan oleh cedera maupun suatu kondisi medis.Terkadang, bukan hanya rasa sakit yang muncul, melainkan disertai dengan gejala lain. Agar dapat mengatasi keluhan tersebut, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab yang mendasarinya. 

Penyebab pergelangan kaki sakit

Sakit pergelangan kaki merupakan hal yang umum terjadi terutama pada atlet atau orang tua. Berikut beberapa kemungkinan penyebab pergelangan kaki sakit yang dapat terjadi:

1. Pergelangan kaki terkilir

Ini menjadi penyebab paling umum pergelangan kaki sakit. Terkilir adalah suatu kondisi di mana jaringan ligamen yang menghubungkan tulang pergelangan kaki robek atau meregang. Kondisi ini seringkali terjadi ketika kaki berguling ke samping sehingga pergelangan kaki luar berputar ke permukaan. Hal tersebut menyebabkan pergelangan kaki sakit, memar, dan bengkak. Ketika terkilir, Anda juga mungkin akan kesulitan menahan berat tubuh.

2. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah peradangan sendi akibat sistem kekebalan tubuh yang menyerang sendi. Karena adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh, maka penyakit ini tergolong dalam penyakit autoimun. Umumnya, kondisi ini memengaruhi sendi yang sama di kedua tubuh. Jadi, sakit yang dirasa cenderung terjadi pada kedua pergelangan kaki Anda. Kondisi ini juga bisa menyebabkan pembengkakan dan kekakuan yang dimulai dari jari kaki dan bergerak perlahan ke pergelangan kaki. 

3. Asam urat

Tak hanya menyebabkan jari-jari terasa nyeri, asam urat juga bisa memengaruhi pergelangan kaki. Kondisi ini terjadi ketika kadar asam urat berlebih dalam tubuh sehingga menumpuk dan berubah menjadi kristal berbentuk jarum yang terkumpul di persendian. Tak heran, jika asam urat menyebabkan rasa sakit dan bengkak yang hebat.

4. Retak atau patah pergelangan kaki

Terdapat tiga tulang yang membentuk pergelangan kaki, yaitu tibia, fibula, dan talus. Jika salah satu maupun lebih retak atau patah, maka bisa menyebabkan pergelangan kaki sakit, memar, dan bengkak. Anda juga akan kesulitan berjalan dengan pergelangan kaki yang patah. Bahkan pada kasus yang parah, tulang bisa menonjol keluar.

5. Achilles tendinitis

Achilles tendinitis adalah peradangan tendon achilles (penghubung otot betis dan tumit) akibat adanya ketegangan yang hebat atau tiba-tiba, seperti halnya olahraga intens yang berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan bagian belakang pergelangan kaki sakit, bengkak, dan terasa lunak. Anda mungkin merasakannya pada pagi hari atau setelah berolahraga.

6. Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun yang menyebabkan tubuh menyerang berbagai jaringan sehat. Kondisi ini juga dapat memengaruhi pergelangan kaki secara langsung atau menyebabkan masalah ginjal yang memicu terjadinya penumpukan cairan di sendi. Hal ini tentu saja bisa menimbulkan rasa sakit maupun pembengkakan pada pergelangan kaki.

7. Bursitis

Bursitis adalah peradangan pada bursa (pelumas dan bantalan di sekitar sendi) yang melindungi tulang dan tendon dari gesekan ketika bergerak. Kondisi ini dapat terjadi karena radang sendi, kinerja yang berlebihan, sepatu hak tinggi, perubahan sepatu, atau memulai olahraga kembali setelah beristirahat. Bursitis bisa menyebabkan pergelangan kaki Anda terasa kaku, nyeri, panas, dan bengkak.

8. Infeksi

Jika nyeri pergelangan kaki disertai dengan sakit badan, demam, dan sensitif maka bisa saja Anda mengalami infeksi. Hal ini bisa menyebabkan sendi pergelangan kaki bengkak, kemerahan, dan terasa panas. Meski jarang, namun virus dan jamur bisa juga menginfeksi sendi.

Cara mengatasi pergelangan kaki sakit

Mengatasi pergelangan kaki sakit tentu dilakukan berdasarkan penyebabnya. Akan tetapi, Anda dapat melakukan perawatan di rumah untuk meredakan rasa tidak nyaman, sebagai berikut:
  • Beristirahatlah dengan cukup. Hindari membebani pergelangan kaki dengan bergerak seperlunya saja. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tongkat untuk membantu Anda berjalan.
  • Mengompres dengan es. Letakkan kompres es di pergelangan kaki selama 20 menit pada satu waktu. Lakukanlah sebanyak 3-5 kali dalam sehari untuk membantu mengurangi pergelangan kaki sakit dan pembengkakan.
  • Membalut kaki dengan decker atau ankle support. Balutlah pergelangan kaki yang sakit menggunakan decker. Jangan membalutnya terlalu kencang karena bisa membuat pergelangan kaki mati rasa atau bahkan jari kaki membiru.
  • Meninggikan posisi pergelangan kaki. Jika memungkinkan, pertahankan posisi pergelangan kaki Anda lebih tinggi dari jantung. Letakkanlah pada tumpukan bantal atau penopang lainnya.
Anda juga dapat mengonsumsi obat bebas resep, seperti ibuprofen dan acetaminophen untuk menghilangan rasa sakit maupun pembengkakan. Setelah rasa sakitnya mereda, cobalah untuk melakukan latihan pergelangan kaki dengan memutarnya secara perlahan. Putar pada kedua arah dan berhentilah jika terasa sakit. Anda juga bisa mencoba melenturkan pergelangan kaki menggunakan tangan dengan gerakan ke atas dan ke bawah secara lembut. Akan tetapi, jika pergelangan kaki sakit yang Anda rasakan tak juga membaik sebaiknya periksakan diri pada dokter. Dokter akan melakukan diagnosis dan menentukan penanganan yang tepat.
asam uratpatah tulangbursitisterkilirartritis rheumatoid
Web MD. https://www.webmd.com/pain-management/ss/slideshow-ankle-problems-pain
Diakses pada 11 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/symptom/ankle-pain#treatment
Diakses pada 11 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait