Kenali Berbagai Manfaat Minyak Mustard untuk Kesehatan

(8)
08 Jul 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Minyak mustard terbuat dari biji sesawi yang dipercaya memiliki berbagai manfaatMinyak mustard kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal
Apakah Anda pernah menggunakan minyak mustard? Minyak mustard adalah minyak yang dihasilkan dari biji sesawi. Sudah sejak dulu, orang-orang India menggunakan minyak mustard untuk memasak dan pengobatan alternatif.
Minyak mustard kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Bahkan minyak ini mengandung pula senyawa yang memiliki sifat anti-peradangan. Hal ini membuat minyak mustard dipercaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Manfaat minyak mustard

Minyak mustard didominasi oleh asam lemak tak jenuh tunggal. Dalam 100 gram minyak mustard terkandung 59 gram asam lemak tak jenuh tunggal, 21 gram asam lemak tak jenuh ganda, dan 11 gram asam lemak jenuh. Adapun manfaat minyak mustard untuk kesehatan:

1. Mendukung kesehatan jantung

Asam lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam minyak mustard telah dikaitkan dengan manfaat untuk kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan trigliserida, tekanan darah, dan gula darah yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Namun, beberapa penelitian juga melaporkan hasil yang beragam mengenai efek minyak mustard terhadap kesehatan jantung sehingga masih dibutuhkan lebih banyak penelitian mengenai hal ini.

2. Menghambat pertumbuhan mikroba

Beberapa penelitian menemukan bahwa minyak atsiri mustard memiliki sifat antimikroba kuat yang dapat membantu menghambat beberapa jenis bakteri berbahaya. Dalam sebuah uji tabung, minyak atsiri mustard putih menurunkan pertumbuhan beberapa strain bakteri, termasuk Escherichia coli, Staphylococcus aureus, dan Bacillus cereus. Akan tetapi, karena sebagian besar bukti terbatas pada studi tabung, maka diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia.

3. Mengoptimalkan kesehatan kulit dan rambut

Minyak mustard murni sering dioleskan untuk mengoptimalkan kesehatan kulit dan rambut. Selain menambahkannya pada masker wajah dan perawatan rambut, terkadang minyak ini juga dicampurkan dengan wax dan dioleskan ke kaki untuk membantu mengatasi tumit yang retak. Banyak pula yang melaporkan bahwa minyak mustard dapat memperbaiki garis-garis halus dan kerutan, namun sebagian besar bukti yang tersedia untuk manfaat ini hanyalah anekdotal.

4. Berpotensi sebagai anti-peradangan

Minyak mustard mengandung senyawa allyl isothiocyanate yang dipercaya bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa tersebut juga memiliki berbagai manfaat lain pada tikus penderita kolitis. Kolitis merupakan suatu kondisi yang menyebabkan peradangan pada usus besar. Namun, masih sangat sedikit bukti yang mendukung gagasan tersebut.

5. Berpotensi memperlambat pertumbuhan sel kanker

Penelitian menunjukkan bahwa minyak mustard dapat membantu memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker tertentu. Dalam sebuah penelitian, pemberian minyak mustard murni pada tikus menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar daripada memberinya minyak jagung atau minyak ikan. Sementara, sebuah penelitian tabung reaksi melaporkan bahwa pemberian allyl isothiocyanate yang diekstrak dari minyak atsiri mustard dapat menurunkan penyebaran sel kanker kandung kemih. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut diperlukan mengenai manfaat minyak mustard terhadap perkembangan kanker pada manusia. 

Risiko bahaya minyak mustard

Meski asam lemak tak jenuhnya baik, namun minyak mustard dipercaya dapat menimbulkan risiko serius karena mengandung asam erucic yang tinggi. Dalam dosis kecil, asam erucic aman digunakan. Namun apabila kadarnya lebih tinggi, maka bisa berbahaya. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa dalam jangka waktu yang panjang, asam erucic menyebabkan masalah jantung yang disebut lipidosis miokard. Tidak diketahui secara pasti apakah setiap orang memiliki efek yang sama, namun kadar asam erucic yang tinggi dapat menimbulkan risiko, terutama pada anak-anak.Oleh sebab itu, di beberapa negara tidak diperbolehkan menggunakan minyak mustard untuk memasak karena kandungan asam erucicnya yang tinggi. Selain itu, sebelum menggunakan minyak mustard pastikan untuk melakukan patch test terlebih dahulu untuk melihat adanya reaksi alergi yang timbul atau tidak.
makanan sehatminyak atsiriantimikroba
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/mustard-oil-benefits#7.-May-help-treat-cold-symptoms
Diakses pada 24 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324686#dangers-and-side-effects
Diakses pada 24 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait

Mengenal Berbagai Pilihan Jus Sayur yang Baik untuk Kesehatan

Jus sayur dapat menjadi pilihan Anda untuk memulai gaya hidup sehat. Sebab, sayuran pun kaya akan kandungan vitamin, mineral, serat, serta antioksidan yang berlimpah.
27 Des 2019|Arif Putra
Baca selengkapnya
Mengenal Berbagai Pilihan Jus Sayur yang Baik untuk Kesehatan

9 Keunggulan Menggunakan Minyak Zaitun untuk Masak

Menggunakan minyak zaitun untuk masak membuat makanan menjadi lebih sehat dan bergizi. Kandungan antioksidan pada minyak zaitun bermanfaat untuk kesehatan jantung, mencegah stroke, dan mengurangi risiko diabetes tipe-2.
02 Agu 2020|Nenti Resna
Baca selengkapnya
9 Keunggulan Menggunakan Minyak Zaitun untuk Masak

15 Makanan Penambah Berat Badan yang Sehat dan Lezat

Makanan penambah berat badan harus tinggi kalori dan nutrisi. Contoh ragam makanan yang dianggap ideal untuk bantu membuat tubuh lebih berisi antara lain adalah telur, susu, nasi, kacang-kacangan, daging merah,keju,dsb.
30 Agu 2019|Nina Hertiwi Putri
Baca selengkapnya
15 Makanan Penambah Berat Badan yang Sehat dan Lezat