Cara Menidurkan Anak Setelah Disapih yang Bisa Dilakukan Orangtua


Cara menidurkan anak setelah disapih dapat dilakukan dengan menerapkan jam tidur, menyiapkan kamar yang nyaman, mematikan gawai, dan membacakan dongeng.

0,0
16 Jul 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menidurkan anak setelah disapih harus dilakukan dengan konsistenMenidurkan anak setelah disapih memerlukan kesabaran
Setelah disapih, anak mungkin menjadi rewel dan susah tidur karena sebelumnya terbiasa menyusu. Untuk mengatasi masalah ini, terdapat beberapa cara menidurkan anak setelah disapih yang bisa dilakukan orangtua. Sebaiknya Anda jangan kembali menyusui anak jika ia tidak kunjung tidur atau rewel. Anda harus mengubah kebiasaan tersebut dan menggantinya dengan hal baru supaya si kecil sukses disapih. Sebagai solusinya, Anda bisa mengikuti 10 cara menidurkan anak yang baru disapih berikut ini.

Cara menidurkan anak setelah disapih

Mulai dari menerapkan jam tidur hingga memberi sugesti positif, berikut adalah berbagai cara menidurkan anak setelah disapih.

1. Menerapkan jam tidur

Cara menidurkan anak setelah disapih yang pertama adalah menerapkan jam tidur. Tidur di waktu yang sama setiap malam dapat membantu anak membentuk rutinitas tidurnya.Walaupun anak kecil belum memahami waktu, tubuhnya bisa mengerti. Cobalah menjaga waktu tidur tersebut untuk tetap konsisten. Jangan sampai anak terlambat tidur dan kesulitan mengikuti kembali jam tidur normalnya.

2. Siapkan kamar tidur yang nyaman

kamar tidur anak
Siapkan kamar tidur anak senyaman mungkin
Kamar tidur anak harus diatur senyaman mungkin. Pastikan seprai dan bantal yang digunakan bersih. Pertahankan suhu ruangan tetap sejuk supaya anak bisa tidur dengan nyenyak. Selain itu, atur pencahayaan agar tidak terlalu terang. Anda bisa meredupkan lampu sekitar satu jam sebelum waktu tidur. Cara menidurkan anak kecil dengan suasana yang tenang dapat merangsangnya untuk tidur lebih cepat. 

3. Pastikan anak sudah kenyang

Pastikan anak sudah kenyang sebelum tidur. Rasa lapar saat tidur bisa membuat anak terbangun dan ingin menyusu di malam hari. Jadi, berikan anak makan malam yang cukup atau jika perlu tambahkan camilan sehat. Namun, jangan sampai anak terlalu kenyang karena malah bsisa membuat perutnya terasa tidak nyaman.

4. Hindari memberi anak kafein

Sebaiknya hindari memberi anak asupan yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, atau cokelat, karena bisa membuatnya sulit tidur. Anda bisa memberikan si kecil segelas susu hangat sebelum tidur yang dapat meningkatkan relaksasi dan mendorongnya tidur nyenyak.

5. Matikan alat elektronik dan gawai

anak bermain ponsel
Menjelang waktu tidur jauhkan anak dari ponsel
Sebagian orangtua kerap menjadikan alat elektronik dan gawai, seperti TV, ponsel, komputer, atau konsol permainan, untuk membantu anak tidur. Alih-alih membuatnya mengantuk, alat tersebut justru menyebabkan kebalikannya.Cahaya biru dari layar yang menyala dapat menekan hormon melatonin dan menunda rasa kantuk. Oleh sebab itu, cara menidurkan anak setelah disapih yang baik adalah mematikan alat elektronik dan gawai. 

6. Lakukan rutinitas menjelang tidur

Anda juga bisa mencoba menerapkan rutinitas menjelang tidur sebagai cara menidurkan anak setelah disapih. Gantilah baju anak dengan pakaian tidur yang nyaman. Lalu, ajak anak menyikat gigi dan mencuci kaki.

7. Atasi rasa takut anak

Terkadang, anak merasa takut untuk pergi tidur karena mendengar cerita atau melihat tayangan horor. Atasilah rasa takutnya memberikan keyakinan bahwa ia merupakan anak yang pemberani. Selain itu, Anda dapat mengajak anak berdoa sebelum tidur dan meletakkan satu boneka atau robot-robotan di dekat anak. Katakan bahwa itu akan melindunginya saat tidur. 

8. Membacakan dongeng

bacakan dongeng untuk anak
Bacakan dongeng untuk anak sebelum tidur
Membaca dongeng merupakan cara menidurkan anak yang menyenangkan. Setelah anak berada di tempat tidur, bacakan dongeng untuknya. Biarkan anak memilih buku dongeng yang ingin ia dengarkan ceritanya. Membacakan dongeng untuk anak bisa membuatnya merasa tenang dan mulai mengantuk.

9. Beri anak sugesti positif

Ketika dalam keadaan mengantuk, gelombang otak anak berada dalam frekuensi theta. Anak sudah sangat rileks sehingga dapat menyerap sugesti positif dengan begitu mudah. Bisikan sugesti positif padanya dengan mengatakan kata-kata positif, misalnya “Kamu sudah besar sekarang, jadi gak perlu nenen lagi. Langsung bobo, ya anak pintar!”

10. Tolak permintaan anak jika mencoba bangun kembali

Jika anak mencoba bangun kembali dan memanggil Anda untuk meminta sesuatu, misalnya air minum atau pelukan, cukup berikan sekali saja. Lalu, pastikan anak kembali tidur.Apabila anak memintanya lagi, tolak permintaan tersebut atau abaikan saja. Hal ini akan membuat anak mengerti bahwa sudah waktunya ia tidur. Anda harus konsisten dan sabar dalam melakukan cara menidurkan anak 2 tahun yang susah tidur.

Berapa lama waktu tidur yang dibutuhkan anak?

Cara menidurkan anak setelah disapih memang bukanlah hal yang mudah dilakukan, apalagi jika si kecil terus-terusan merengek ingin menyusu. Namun, Anda harus tetap menerapkan kebiasaan baru ini secara konsisten. Anda juga perlu memastikan anak bisa tidur sesuai dengan jam tidur yang dibutuhkan anak-anak seusianya, yaitu:
  • Anak berusia 1-2 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 11-14 jam (termasuk tidur siang)
  • Anak berusia 3-5 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 10-13 jam (termasuk tidur siang)
  • Anak berusia 6-12 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 9-12 jam.
Selain tidur malam, anak-anak juga disarankan untuk tidur siang sekitar 2 jam. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang secara teratur mendapatkan jumlah tidur yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi, memori, kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan. Kurang tidur dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, obesitas, dan bahkan depresi.Sementara itu, jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play. 
masalah tidur anakgangguan tidur anakwaktu tidur
Healthline. https://www.healthline.com/health/tips-get-your-kids-sleep#watch-for-sleep-disorders
Diakses pada 16 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/drinking-milk-before-bed#bottom-line
Diakses pada 16 Juli 2021
Web MD. https://www.webmd.com/parenting/raising-fit-kids/recharge/bedtime-routine-tips
Diakses pada 16 Juli 2021
Hopkins Children. https://www.hopkinsallchildrens.org/ACH-News/General-News/The-importance-of-sleep-for-kids
Diakses pada 16 Juli 2021
Raising Children. https://raisingchildren.net.au/toddlers/sleep/better-sleep-settling/sleep-better-tips
Diakses pada 16 Juli 2021
Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/news/Pages/AAP-Supports-Childhood-Sleep-Guidelines.aspx
Diakses pada 16 Juli 2021
Ejournal Insuri. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/download/118/108
Diakses pada 16 Juli 2021
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/naps.html
Diakses pada 16 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait