Kenali Berbagai Cara Menidurkan Anak yang Paling Ampuh

Cara menidurkan anak yang efektif, antara lain membuat jadwal tidur, mematikan layar TV, dan tidur lebih awal
Menidurkan anak merupakan hal yang cukup sulit dilakukan

Menidurkan anak merupakan salah satu tantangan terbesar dalam membesarkan mereka. Membuat anak tertidur di malam hari dapat berubah menjadi hal yang sulit jika tidak dilakukan dengan benar. Terkadang, rutinitas ini bahkan bisa membuat Anda jengkel bila anak tak kunjung tidur. Untuk mengatasinya, simak berbagai cara menidurkan anak yang efektif berikut ini.

1. Membuat Jadwal Tidur

Memiliki jam tidur yang sama adalah salah satu cara menidurkan anak yang efektif. Meskipun anak-anak kecil belum tahu waktu, tubuh mereka bisa mengetahuinya. Pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam dapat membantu anak secara fisik dan mental membentuk rutinitas tidur.

Meski terkadang sangat menggoda untuk mengubah jadwal pada akhir pekan atau hari libur, tetapi cobalah untuk menjaga waktu tidur tetap konsisten. Waktu tidur yang terlambat dapat menyulitkan anak-anak untuk kembali ke jadwal normal.

2. Matikan TV dan Layar Lainnya

Jangan gunakan TV atau perangkat elektronik lainnya untuk membantu anak-anak bersantai sebelum tidur. Acara-acara yang mengandung unsur kekerasan, ketegangan, drama, atau konflik dapat membuat mereka kesulitan untuk tidur.

Acara-acara menakutkan bahkan dapat menyebabkan anak mengalami mimpi buruk. Cahaya dari layar televisi yang menyala saat waktu tidur juga dapat mengelabuhi tubuh mereka untuk berpikir bahwa itu masih siang hari.

Aktivitas tenang yang tidak melibatkan televisi atau gawai merupakan kondisi yang lebih baik untuk menidurkan anak, seperti membaca, menggambar, atau mendengarkan musik yang tenang.

3. Siapkan Rutinitas Menjelang Tidur

Melakukan rutinitas sebelum tidur dengan tiga atau empat kegiatan, dapat membantu seorang anak mengantuk dan bersiap untuk tidur. Kegiatan yang bisa dilakukan antara lain mandi, memakai piyama, menyikat gigi, dan membaca buku. Untuk anak remaja, Anda mungkin bisa duduk dan mengobrol tentang harinya.

4. Tidur Lebih Awal

Ketika anak-anak terlalu lelah, mereka akan kesulitan untuk memiliki cukup waktu tidur. Beberapa ahli menyarankan anak-anak memiliki waktu tidur antara jam 7:30 dan 8:30 pada malam hari. Tetapkan waktu ini hingga anak memasuki sekolah dasar.

5. Tolak Permintaan Anak Jika Mencoba Bangun Kembali

Jika anak memanggil Anda setelah ia berada di tempat tidur, lalu meminta sesuatu - seperti minuman atau pelukan - berikan satu saja. Jika dia meminta lagi, cobalah katakan "tidak", atau abaikan saja permintaan itu dan diam-diam kembalikan dia ke tempat tidur.

Anda harus bersikap konsisten dan sabar. Anda mungkin harus melakukannya beberapa kali, namun begitu dia tahu Anda bersungguh-sungguh, berbagai permintaan tersebut perlahan-lahan akan berhenti.

6. Siapkan Kamar Tidur yang Nyaman

Jadikan kamar tidur anak sebagai tempat yang nyaman untuk tidur. Pertahankan suhu agar cukup dingin di musim panas dan cukup hangat di musim hujan. Untuk mengontrol cahaya, Anda bisa menggunakan tirai.

Bantal yang bagus akan membantunya merasa nyaman. Selain itu, pastikan tempat tidurnya tidak dipenuhi dengan lusinan boneka binatang atau mainan.

7. Hindari Gawai

Komputer, TV, ponsel, atau video game dalam kamar anak akan membuat mereka sulit tidur karena mereka pasti sulit untuk berhenti menggunakannya.

Saat waktunya tidur, minta semua orang meninggalkan gawai mereka di area umum rumah, dan biarkan alat-alat elektronik tersebut ditinggal di sana semalam. Hal ini bisa menjadi salah satu tips efektif untuk membuat anak tidur tanpa ada gangguan.

8. Kurangi Konsumsi Kafein

Kafein dapat membuat anak gelisah, sehingga sulit bagi tubuhnya untuk beristirahat. Sebotol soda biasa memiliki 25 mg kafein, sementara soda jeruk atau es teh beraroma dapat mengandung sekitar 40 mg kafein.

Perhatikan juga sumber kafein lain seperti cokelat dan beberapa kacang. Anak-anak tidak membutuhkan kafein, jadi cobalah untuk menjauhkannya dari makanan mereka. 

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/raising-fit-kids/recharge/bedtime-routine-tips

Healthline. https://www.healthline.com/health/tips-get-your-kids-sleep

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed